Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penaksiran Nilai Liquid Permeability Sampel Core dengan Ekstrapolasi Regresi Kuadrat Terkecil dan Polinom Lagrange

Penaksiran Nilai Liquid Permeability Sampel Core dengan Ekstrapolasi Regresi Kuadrat Terkecil dan Polinom Lagrange

Ratings: (0)|Views: 29 |Likes:
Published by kabidin
Tugas Akhir Mata Kuliah metode Numerik MA3072 ITB dengan kasus di dunia teknik Perminyakan. tema liquid permeability pada masalah slippage effect/ the klinkenberg effect
Tugas Akhir Mata Kuliah metode Numerik MA3072 ITB dengan kasus di dunia teknik Perminyakan. tema liquid permeability pada masalah slippage effect/ the klinkenberg effect

More info:

Published by: kabidin on May 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

MA 3072
METODE NUMERIK
TUGAS #3

PENAKSIRAN NILAI KL SAMPEL CORE
DENGAN EXTRAPOLASI LINIER
KELOMPOK 21
NAMA & NIM

: KHEMAL ABIDIN (12208021)
HAMDI HALIM (12208029)
SATRIO PRAKOSO S (12208055)

TANGGAL PENYERAHAN : 8 MEI 2010
DOSEN
: NOVRIANA SUMARTI

PROGRAM STUDI MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
2010

TEORI DASAR

Salah satu sifat fisik batuan yang sangat penting dalam reservoir adalah permeabilitas. Permeabilitas didefinisikan sebagai kemampuan suatu batuan untuk mengalirkan fluida. Dalam melakukan pengukuran permeabilitas dengan menggunakan udara sebagai fluida yang mengalir akan menunjukkan hasil yang berbeda dari pengukuran permeabilitas menggunakan liquid sebagai fluida mengalir. Nilai permeabilitas dari suatu core sampel yang diukur dari udara yang mengalir akan lebih besar dari nilai permeabilitas core menggunakan liquid sebagai fluida alir.

Ketika mean free path gas pengukur lebih besar dari diameter celah kapiler gas itu lewati maka energy kinetic yang acak akan ditransfer ke pergerakan molekul-molekul gas melewati celah kapiler atausl i ppage molekul pada permukaan butir. Klinkenberg menyebutkan berdasarkan percobaannya, liquid memiliki kecepatan sebesar nol pada permukaan butir batuan namun gas akan memiliki kecepatan pada permukaan butir batuan. Atau dengan kata lain gas menunjukkan adanyaslippage pada permukaan butiran. Slippage menyebabkan flow rate yang tinggi untuk gas pada perbedaan tekanan yang diberikan. Klinkenberg juga menemukan untuk suatu porous media yang mana tekanan rata-rata (pm = mean pressure) yang diberikan meningkat, permeabilitas akan menurun.

Mean pressure di definisikan sebagai tekanan upstream ditambah tekanan

downstream dibagi dua, [pm = (p1 + p2) / 2]. Jika kita melakukan plot antara permeabilitas terukur vs 1/pm maka ketika kita melakukan ekstrapolasi data pada 1/pm = 0, di mana pm= tak terhingga danmean free path sangatlah kecil, permeabilitas ini kira kira akan sebanding dengan permeabilitas liquid. Klinkenberg effect dapat diexpressed seperti ini:

Kg = KL + c [1/pm]
Kg = permeabilitas gas terukur
KL = permeabilitas liquid (permeabilitas absoluy)

pm = mean pressure
c = slope

Dalam menentukan besarnya permeabilitas liquid (permeabilitas absolute) kita menggunakan data-data dari percobaan yang dilakukan beberapa penemu yang akan kami sebutkan sumbernya dan kita melakukan regresi dengan beberapa metode untuk dapatkan persamaan linier sehingga kita bisa melakukan ekstrapolasi nilai KL pada suatu core. Metode yang dipakai oleh kami adalah Regresi Kuadrat Terkecil dan Polinom Interpolasi Lagrange. Walaupun kita menggunakan polinom interpolasi, kita ingin melihat apakah dengan metode polinom nilainya akan hampir sama untuk persamaan orde 1 dengan regresi linier.

Regresi Kuadrat Terkecil

Ada beberapa metode numerik yang digunakan untuk menyelesaikan masalah persamaan dari beberapa titik salah satunya adalah dengan membentukkan sebuah kurva yang menghampiri titik-titik tersebut. Istilah menghampiri disini maksudnya adalah kurva yang dibangun diformulasikan sehingga galat yang terjadi seminimal mungkin. Selain itu, pencocokan kurva juga digunakan untuk menghampiri sebuah fungsi yang rumit dengan sebuah fungsi yang sederhana.Teknik regresi digunakan apabila sumber data yang digunakan mempunyai tingkat galat yang cukup tinggi. Dalam hal ini kurva yang dibangun tidak perlu titik-titik data tersebut, tetapi cukup mengikuti kecenderungannya saja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->