Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Istiqomah

Makalah Istiqomah

Ratings: (0)|Views: 1,597 |Likes:
Published by abdeldbs4601
ISTIQOMAH
ISTIQOMAH

More info:

Published by: abdeldbs4601 on May 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

 
1 | Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah ± Tanjung Redeb
Bab IPendahuluan
Pertama ± tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena ia ± Lahkita dapat terus berada di jalan ± Nya dan kita selalu berada di dalam golongan orang± orangyang beriman yang terus di berikan oleh ± Nya dan akan di temapatkan ± Nya di dalamSyurga Firdaus ± Nya.Dan tidak lupa kita sampaikan shalawat serta salam atas junjungan Nabi Besar Muhammad saw, keluarga, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman yang terus berada pada ajaran ± Nya yang selalu mengarahkan kita ke jalan yang benar dan mengarahkejalan yang sangat terang menderang.Sebagai seorang muslim yang taat kepada aturan agama kita berusaha untuk tetap ada berada di jalan ± Nya dan terus menerus menjalankan perintah ± Nya sampai akhir hayat kita.Kebanyakan dari kita pun banyak yang tidak mengetahui bahwasannya MakanISTIQOMAH sangatlah kita perlukan untuk menunjang kita dalam penegakan agama islamkita ini. Selain itu, kata istiqomah juga bukan hanya kita bicarakan saja namun kita perlumelaksanakan dan meresapi akan kata itu sehingganya penegakan agama islam kita tersebutdapat berjalan dengan mulus dan tanpa keraguan terhadap agama islam tersebut. Banyak problem yang di bahas dalam makalah ini berupa beberapa hal ± hal yangmungkin akan menunjang pembahasan makalah ini, yaitu :1.
 
Apa yang di maksud dengan ISTIQOMAH tersebut?2.
 
Bagaimana realisasi ISTIOMAH tersebut dalam pengamalannya di mansyarakat ?3.
 
Bagaimana dampak ISTIQOMAH terhadap diri kita ?Pemecahan akan problem masalah di atas adalah sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya pengertian dari Istiqamah adalah tegak atau menegakkan suatu hal yang kitaanggap baik dan harus kita pertahankan kebenarannya.
 
2
| Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah ± Tanjung Redeb
Pengamalan Istiqomah dapat sangat berguna dalam kehidupan kita sehari ± hari, yang paling penting adalah dari pandangan masyarakat tentang ISTIQOMAH tersebut di dalam dirikita dan harus tetap kita pertahankan ketegakannya.Dampaknya sudah tampak atau terlihat dalam kehidupan kita sehari ± hari danmungkin kita dapat melihatnya dalam penegakan kita terhadap suatu hal yang menurut kitaharus di pertahankan.Untuk lebih jelas akan jawaban dari permasalahan di atas terdapat dalam pembahasanmasalah di dalam makalah ini.
 
3
| Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah ± Tanjung Redeb
Bab IIPembahasan
Setiap muslim yang telah berikrar bahwa Allah Rabbnya, Islam agamanya danMuhammad rasulnya, harus senantiasa memahami arti ikrar ini dan mampu merealisasikannilai-nilainya dalam realitas kehidupannya. Setiap dimensi kehidupannya harus terwarnaidengan nilai-nilai tersebut baik dalam kondisi aman maupun terancam. Namun dalam realitas kehidupan dan fenomena umat, kita menyadari bahwa tidak setiap orang yang memiliki pemahaman yang baik tentang Islam mampumengimplementasikan dalam seluruh sisi-sisi kehidupannya. Dan orang yang mampumengimplementasikannya belum tentu bisa bertahan sesuai yang diharapkan Islam, yaitukomitmen dan istiqomah dalam memegang ajarannya dalam sepanjang perjalanan hidupnya.Maka istiqomah dalam memegang tali Islam merupakan kewajiban asasi dan sebuahkeniscayaan bagi hamba-hamba Allah yang menginginkan husnul khatimah dan harapan-harapan surga - Nya. Rasulullah saw bersabda:Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda, ³Berlakumoderatlah dan beristiqamah, ketahuilah sesungguhnya tidak ada seorang pun dari kalianyang selamat dengan amalnya. Mereka bertanya, ³Dan juga kamu Ya « Rasulullah, Beliau bersabda, ³Dan juga aku (tidak selamat juga) hanya saja Allah swt telah meliputiku denganrahmat dan anugerah-Nya.´ (H.R. Muslim dari Abu Hurairah).Istiqamah bukan hanya diperintahkan kepada manusia biasa saja, akan tetapiistiqamah ini juga diperintahkan kepada manusia-manusia besar sepanjang sejarah peradabandunia, yaitu para Nabi dan Rasul. Perhatikan ayat berikut ini;Artinya :
³Maka tetaplah (istiqamahlah) kamu pada jalan yang benar, sebagaimanadiperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.´
(Q.
S
.
Hud:11
2)
 

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dinkas liked this
Iyaa Haha liked this
Walid Beginner liked this
AlfiLutfiatul liked this
Nyndia Weri liked this
Cahaya Qolbu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->