Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
39Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Asidimetri ITP 09-10

Laporan Asidimetri ITP 09-10

Ratings: (0)|Views: 1,758 |Likes:
Published by Hardhani P Hakiki

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hardhani P Hakiki on May 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/09/2013

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM
KIMIA ANALITIK
Ole h:
ANDRI PRASETYO S
DEA HIDA P
FENY MARGITA L
HARDHANI PUTRI H
TIARA AYU P
ILMU & TEKNOLOGI PANGAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010
Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas sebelas Maret
2009/2010
Acara I
ASIDIMETRI
A. Pendahuluan
1. Latar belakang

Asidimetri adalah penentuan kadar basa dari suatu contoh dengan menggunakan larutan baku standar serta indikator pH yang sesuai. Larutan baku standar asam digunakan sebagai titran sedangkan larutan yang akan ditentukan kadar basanya digunakan sebagai titrat. Pada praktikum ini akan dilakukan standarisasi HCL, penentuan kadar basa pada soda,dan pada karbonat atau bikarbonat.

Pembuatan larutan standar dari zat yang berbentuk cair sering disebut cara pengenceran, yaitu dari zat cair yang lebih pekat menjadi lebih cair. Cara ini dapat dilakukukan pada cairan yang telah diketahui normalitasnya. Apabila suatu larutan standar dibuat dari zat cair yang telah diketahui normalitasnya. Boraks digunakan sebagai bahan baku dalam penetapan normalitas HCl karena mudah diperoleh dalam keadaan murni, cukup stabil, dan memiliki berat ekuivalen yang tinggi.

Soda kue bukan merupakan suatu basa, baik basa kuat ataupun basa lemah, jika dalam zat kimia terbagi menjadi 3 kelompok yaitu asam, basa, dan garam. Maka soda kue termasuk ke dalam garam yang bersifat basa atau zat yang mempunyai pH lebih dari 7. Rumusnya adalah NaHCO3 atau Na2CO3 atau campuran keduanya, kadang dapat berupa (NH4)2CO3. Soda kue itu adalah hasil reaksi suatu basa dengan gas CO2 yang akan menghasilkan garam karbonat alias soda kue. Larutan dengan pH seimbang adalah larutan yang bersifat netral (tidak asam ataupun basa) atau mempunyai pH 7 atau bisa pengertian lain yaitu larutan yang dapat mempertahankan atau menyeimbangkan pH nya sendiri, disebut sebagai larutan dapar atau penyangga atau BUFFER yang mempunyai sifat jika

Ilmu dan Teknologi Pangan
Universitas sebelas Maret
2009/2010

ditambah sedikit air/basa/asam pH nya tidak akan berubah larutan buffer dapat dibuat bermacam-macam pH nya tergantung yang diinginkan. Untuk suatu reaksi pada pH yang tetap, biasanya digunakan pada analisis kuantitatif buffer dibuat dari campuran garam dari basa kuat + asam lemahya atau sebaliknya campuran dari garam asam kuat + basa lemahnya misal buffer pH 10 dibuat dari NH4Cl (garam dari asam kuat HCl) dan NH4OH (basa lemah).

Asidimetri telah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang. Bahkan, kini titrasi dapat dilakukan secara otomatis dengan dikendalikan oleh komputer. LDR digunakan untuk mengetahui perubahan warna yang terjadi dan akan menghasilkan sinyal analog dan sinyal ini akan diubah menjadi sinyal digital oleh ADC 0804. Software Borland Delphi 4 digunakan untuk memprogram komputer sehingga sistem dapat bekerja dengan baik.

2. TujuanTujuan dari praktikum acara I Asidimetri ini adalah :
a. Untuk menganalisis standardisasi HCl dengan larutan baku primer
Na2B4O7.
b. Untuk menentukan kadar basa pada berbagai macam soda.
c. Untuk menentukan kadar karbonat dan bikarbonat dengan 2 indikator.
3. Waktu dan Tempat Praktikum

Praktikum acara I Asidimetri dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Maret 2010 pada pukul 13.00-15.00 WIB bertempat di Laboratorium Rekayasa Proses Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

B. Tinjauan Pustaka
1. Tinjauan Bahan

Natrium karbonat kasar yang disebut abu soda,biasanya digunakan sebagai bahan penetral komersial. Titrasi dengan asam standar ke titik akhir metil jingga memberikan alkalinitas total, yang terutama disebabkan

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Samsul Bahri liked this
angin_maj liked this
Prisma Gita liked this
angin_maj liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->