Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JUVENTUS.

JUVENTUS.

Ratings: (0)|Views: 388 |Likes:
Published by agung

More info:

Published by: agung on May 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2012

pdf

text

original

 
Juventus F.C.1
Juventus F.
 
C.
 
Nama lengkap
Juventus Football Club S.p.A.
Julukan
 La Vecchia Signora
[1] 
(NyonyaTua)
 La Fidanzata d'Italia I bianconeri
(Putih - Hitam)
 Le Zebre
Didirikan
1 November
 
1897
[2]
Stadion
Stadion Olimpiade,
[3] 
Torino(Kapasitas: 27.500)
Pemilik
FIAT Group (Keluarga Agnelli)
Ketua
 
Andrea Agnelli
Pelatih
 
Alberto Zaccheroni
Liga
Serie-A
2008-09
Serie-A, (P2)
Kostum kandangKostum tandangKostum ketiga
Juventus Football Club
(dari bahasa Latin:
:
 youth
, pengucapan [ju
v
ntus]),biasa disebut sebagai
Juventus
Juve
,merupakan sebuah klub sepakbola professional asal Italia yang berbasis dikota Turin, Piedmont, Italia. Klub ini didirikan pada 1897 dan telah mengarungi beragam sejarah manis, denganpengecualian kejadian musim 2006-2007, di Liga Italia Serie-A. Klub ini sendiri merupakan salah satu anakperusahaan dari FIAT Group, yang saat ini dimiliki oleh keluarga Agnelli, dan membawahi perusahaan-perusahaanlain seperti Fiat Automobile, Ducati Corse (termasuk tim balap MotoGP dan WSBK Ducati), tim F1 ScuderiaFerrari, Ferrari Corse, dan Maserati Automobile.
 
Juventus F.C.2Juventus merupakan salah satu tim tersukses dalam sejarah sepakbola Italia,
[5]
dan juga tercatat sebagai salah satuklub tersukses di dunia.
[5]
Merujuk pada International Federation of Football History and Statistics, sebuahorganisasi internasional yang berafiliasi pada FIFA, Juventus menjadi klub terbaik Italia di abad 20, dan menjadiklub terbaik Italia kedua di Eropa dalam waktu yang sama.
[6]
Secara keseluruhan, klub ini telah memenangi 51 kejuaraan resmi.
[7]
Dengan rincian 40 di Italia, dan 11 di zonaUEFA dan dunia.
[8]
 
[9]
Sekaligus menjadikannya sebagai klub tersukses ketiga di Eropa, dan keenam di dunia,dengan gelar-gelar dunia yang diakui oleh enam organisasi konfederasi sepakbola, dan tentunya FIFA.
[10]
Klub ini menjadi klub pertama Italia dan Eropa Selatan yang berhasil memenangi gelar Piala UEFA (sekarangnamanya menjadi Liga Europa).
[11]
Pada 1985, Juventus menjadi satu-satunya klub di dunia yang berhasilmemenangi seluruh kejuaraan piala internasional dan kejuaraan liga nasional,
[12]
dan menjadi klub Eropa pertamayang mampu menguasai semua kejuaraan UEFA dalam satu musim.
[13]
 
[14]
 
[15]
Juventus juga menjadi salah satu klub sepakbola Italia dengan jumlah fans terbesar
[16]
, dan diperkirakan ada 170 juta orang didunia yang juga menjadi fans Juve.
[17]
Klub ini menjadi salah satu pencipta ide European ClubAssociation, yang dulu dikenal dengan nama G-14, yang berisikan klub-klub kaya Eropa. Klub ini juga menjadipenyumbang terbanyak pemain untuk tim nasional Italia.Sejak 2006 klub ini bermarkas di Stadio Olimpico di Torino. Markas lama mereka yaitu stadion Stadio delle Alpi,sedang dalam perombakan besar-besaran yang diperkirakan akan selesai pada awal musim 2011-2012, dimana nantinamanya akan berubah menjadi Juventus Arena.
[18]
Sejarah
Foto bersejarah, Juventus FC di tahun 1898.
Juventus didirikan dengan nama Sport Club Juventus padapertengahan tahun 1897 oleh siswa-siswa dari sekolah MassimoD'Azeglio Lyceum di Turin
[19]
, tetapi kemudian berubah namamenjadi Foot-Ball Club Juventus dua tahun kemudian.
[2]
Klub inibergabung dengan Kejuaraan Sepakbola Italia pada tahun 1900.Dalam periode itu, tim ini menggunakan pakaian warna pink dancelana hitam. Juve memenangi gelar Serie-A perdananya pada 1905,ketika mereka bermain di Stadio Motovelodromo Umberto I. Di sanaklub ini berubah warna pakaian menjadi hitam putih, terinspirasi dariklub Inggris Notts County.
[20]
Pada 1906, beberapa pemain Juve secara mendadak menginginkan agar Juve keluar dari Turin.
[2]
Presiden Juve saatitu, Alfredo Dick kesal dan ia memutuskan hengkang untuk kemudian membentuk tim tandingan bernama FBCTorino yang kemudian menjadikan Juve vs. Torino sebagai Derby della Mole.
[21]
Juventus sendiri ternyata tetapeksis walaupun ada perpecahan, bahkan bisa bertahan seusai Perang Dunia I.
[20]
 
Juventus F.C.3
Raja Italia
Juventus FC di tahun 1903.
Pemilik FIAT, Edoardo Agnelli mengambil alih kendali Juventuspada 1923, dimana kemudian ia membangun stadion baru.
[2]
Hal inimemberikan semangat baru untuk Juventus, dimana pada musim1925-26, mereka berhasil menjadi
scudetto
dengan mengalahkanAlba Roma dengan agregat 12-1. Pada era 1930-an, klub ini menjadiklub super di Italia dengan memenangi gelar lima kali berturut-turutdari 1930 sampai 1935, dibawah asuhan pelatih Carlo Carcano
[20]
,dan beberapa pemain bintang seperti Raimundo Orsi, LuigiBertolini, Giovanni Ferrari dan Luis Monti.Juventus kemudian pindah kandang ke Stadio Comunale, tetapi diakhir 1930-an dan di awal 1940-an mereka gagal merajai Italia.Bahkan mereka harus mengakui tim sekota mereka, A.C. Torino.Setelah Perang Dunia II, Gianni Agnelli diangkat menjadi presiden kehormatan. Klub ini lantas menambah dua gelarSerie-A pada 1949
 – 
50 dan 1951
 – 
52, dibawah kepelatihan orang Inggris, Jesse Carver.Dua striker baru dikontrak pada musim 1957
 – 
58; seorang Wales bernama John Charles dan blasteranItalia-ArgentinaOmarSívori, yang bermain bersama punggawa lama seperti Giampiero Boniperti. Musim ini, Juve kembali berjaya di Serie-A, dan menjadi klub Italia pertama yang mendapatkan bintang kehormatan karena telahmemenangi 10 gelar Liga Serie-A. Di musim yang sama, Omar Sivori terpilih menjadi pemain Juventus pertamayang memenangi gelar Pemain Terbaik Eropa. Juve juga berhasil memenangi Coppa Italia setelah mengalahkan ACFFiorentina di final. Boniperti pensiun di 1961 sebagai top skorer terbaik Juventus sepanjang masa dengan 182 gol disemua kompetisi yang ia ikuti bersama Juventus.Di era 1960-an, Juvehanya sekali memenangi Serie-A yaitu di musim 1966
 – 
67. Tetapi pada era 1970-an, Juvekembali menemukan jatidirinya sebagai klub terbaik Italia. Di bawah kepelatihan mantan pemain Juve ČestmírVycpálek, Juve berhasil menambah dua gelar Serie-A pada musim 1971
 – 
72 dan 1972
 – 
73, dengan pemain bintangseperti Roberto Bettega, Franco Causio dan José Altafini. Selanjutnya mereka berhasil menambah dua gelar lagibersama defender Gaetano Scirea. Dan dengan masuknya pelatih hebat bernama Giovanni Trapattoni, Juve berhasilmemperpanjang dominasi mereka di era 1980-an.
Merajai Eropa
Era tangan dingin Trapattoni benar-benar membuat Serie-A porak poranda di 1980-an.
[20]
Juve sangat perkasa di eratersebut, dengan gelar Serie-A empat kali di era tersebut. Puncaknya adalah pada 1982 dimana Juve menjadi klubSerie-A pertama yang berhasil memenangi Serie-A sebanyak 20 kali
[22]
, dan itu berarti mereka boleh menambahtanda bintang di kausnya satu kali lagi. Paolo Rossi, salah satu pemain Juve bahkan terpilih menjadi Pemain TerbaikEropa pada 1982, sesaat setelah berlangsungnya Piala Dunia 1982.
[23]
Setelah Rossi, pria Perancis bernama Michel Platini secara mengejutkan berhasil menjadi pemain Eropa tiga kaliberturut-turut; 1983, 1984 dan 1985, dimana sampai saat ini belum ada pemain yang bisa menyamai dirinya.Juventus menjadi satu-satunya klub yang mampu mengantarkan pemainnya menjadi pemain terbaik Eropa sebanyakempat tahun berurutan.
[24]
Platini juga menjadi bintang saat Juve berhasil menjadi juaraLiga Champions Eropa pada1985 dengan sumbangan satu gol semata wayangnya. Tragisnya, final melawan Liverpool FC dari Inggris tersebut yang berlangsung di Stadion Heysel Belgia, harus dibayar mahal dengan kematian 39 tifoso Juventus akibat terlibatkerusuhan dengan para hooligans dari Liverpool. Sebagai hukuman, tim-tim Inggris dilarang mengikuti semuakejuaraan Eropa selama lima tahun.
[25]
Diakhir 1980-an, Juve gagal menunjukkan performa terbaiknya, merekaharus mengakui keunggulan Napoli dengan bintang Diego Maradona, dan kebangkitan dua tim kota Milan, ACMilan dan Inter Milan.
[20]
Pada 1990, Juve pindah kandang ke Stadio delle Alpi, yang dibangun untuk persiapan

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aditya Agus Tin liked this
Mohammad Faruk liked this
Rahmat Rahim liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->