Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kilang minyak 4

Kilang minyak 4

Ratings: (0)|Views: 600 |Likes:

More info:

Published by: Luna Purnama Apriani Silaen on May 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2013

pdf

text

original

 
Kilang minyak 
Sebuah
kilang minyak 
adalah industri prosespabrik di manaminyak mentahdiproses dan dimurnikan menjadi lebih bermanfaat produk minyak bumi,seperti bensin, solar,  dasar aspal, minyak pemanas, minyak tanahdan bahan bakar gas cair. 
 
Minyak kilang yang biasanya luas besar industri yangkompleks dengan luas  pipa  berjalan sepanjang, membawa aliran cairanantara besar   pengolahan kimia unit. Minyak mentahdipisahkan menjadi pecahan dengandistilasi fraksional.Pecahan di  bagian ataskolom fractionatinglebih rendahtitik didih dari fraksi di bagian bawah. T Pecahan bawah yang berat sering pecah-pecahmenjadi lebih ringan, produk yanglebih berguna. Semua pecahan diproses lebih lanjut dalam unit pemurnian lain.Mentah atau minyak mentah diproses umumnya tidak berguna. Meskipun "ringan,manis" (viskositas rendah, low sulfur)minyak mentah telah digunakan secara langsung sebagai bahan bakar kompor untuk kapal uap penggerak, unsur-unsur yanglebih ringan bentuk uap ledakan di tangki bahan bakar dan karena itu berbahaya,terutama dikapal perang.Sebaliknya, ratusan molekul hidrokarbon yang berbeda
 
dalam minyak mentah ini dipisahkan dalam kilang menjadi komponen-komponenyang dapat digunakan sebagai bahan bakar,  pelumas,dan sebagai bahan baku dalam  petrokimiaproses yang memproduksi produk-produk seperti seperti plastik, deterjen,   pelarut, elastomer danseratsepertinilondan poliester.  Minyak   bahan bakar fosilyang dibakar dalam mesin pembakaran internal untuk  memberikan kekuasaan untuk kapal, mobil, pesawat terbangmesin,mesin pemotongrumput, gergaji, dan mesin-mesin lainnya. Berbedatitik didihmemungkinkanhidrokarbondapat dipisahkan dengandistilasi.Karena lebih ringan produk cair dalam  permintaan besar untuk digunakan dalam mesin pembakaran internal, kilang modernakan mengkonversi berat hidrokarbon dan unsur-unsur gas yang lebih ringan ke dalam produk-produk nilai yang lebih tinggi.Kilang minyak diHaifa, Israel mampu memproses sekitar 9 juta ton (66 juta barel) minyak mentah  per tahun. Dua menara pendingin Landmark dari kota yang memukau.Minyak dapat digunakan dalam berbagai cara karena mengandung hidrokarbon dari berbagaimolekul massa,bentuk dan panjang seperti paraffins, aromatik, naphthenes (atausikloalkana), alkena, dienes,danalkuna.Sementara molekul-molekul dalam termasuk minyak mentah atom yang berbeda seperti sulfur dan nitrogen, hidrokarbonadalah bentuk paling umum molekul, molekul yang berbeda-beda panjang dankerumitan terbuat darihidrogen dankarbon atom,dan sejumlah kecil atom oksigen. Perbedaan dalam struktur molekul ini account untuk berbagai sifat fisik dan kimia,dan keragaman inilah yang membuat minyak mentah berguna dalam berbagaiaplikasi.Setelah dipisahkan dan dimurnikan dari segala kontaminan dan kotoran, bahan bakar atau pelumas bisa dijual tanpa pengolahan lebih lanjut. Molekul yang lebih kecilsepertiisobutanedan  propilenaatau butylenesdapat digabungkan untuk memenuhi spesifik  oktanpersyaratan oleh proses-proses sepertialkylation, atau kurang umum, dimerization.Nilai oktan bensin juga dapat ditingkatkan denganreformasi katalitik,yang melibatkan menghilangkan hidrogen dari senyawa hidrokarbon menghasilkan peringkat oktan lebih tinggi sepertiaromatik.Intermediate produk-produk sepertigasoilsbahkan dapat diolah kembali untuk mematahkan berat, dirantai panjangminyak menjadi lebih ringan dirantai pendek satu, dengan berbagai bentuk   pecah  seperticracking katalitik fluida, termal cracking,danhydrocracking. Langkah terakhir dalam produksi bensin adalah campuran bahan bakar dengan oktan yang berbeda penilaian,tekanan uap,dan properti lainnya untuk memenuhi spesifikasi produk.Kilang minyak skala yang besar tanaman, pengolahan sekitar seratus ribu sampai beberapa ratus ribu barelminyak mentah sehari. Karena kapasitas yang tinggi, banyak dari unit beroperasisecara terus-menerus,sebagai lawan dari pengolahan di
 
 batch,padakondisi mapanatau hampir mapan selama berbulan-bulan untuk bertahun- tahun. Kapasitas yang tinggi juga membuatoptimasi prosesdan pengendalian proses lanjutansangat diinginkan.
Mayor produk 
Produk Minyak biasanya dikelompokkan menjadi tiga kategori: cahaya distillates(LPG, bensin, nafta), tengah sulingan (minyak tanah, solar), berat distillates danresiduum (berat bahan bakar minyak, minyak pelumas, lilin, aspal).
Penggolonganini didasarkan pada cara minyak mentah disuling dan dipisahkan ke dalam pecahan(disebutdistillatesdanresiduum)seperti pada gambar di atas.
 
 Bensin(juga dikenal sebagai bensin)
 BBM 
 Aspaldan Tar  
Proses umum unit dalam sebuah kilang
 Desalter unit mencuci keluar garam dari minyak mentah sebelum memasukiatmosfer unit penyulingan.
Unit Penyulingan atmosfer menyuling minyak mentah menjadi pecahan. Lihat penyulingan. 
 Vacuum Distillationunit menyuling lebih lanjut pantat setelah atmosfer sisa penyulingan.
NaftaHydrotreater unit menggunakanhidrogenke atmosfer desulfurize nafta dari penyulingan. Harus hydrotreat yang nafta sebelum mengirim ke Pembarukatalitik unit.
 Reformis katalitik unit ini digunakan untuk mengubah rentang mendidihnafta-molekul ke oktan lebih tinggireformate(pembaharu produk). Thereformate memiliki konten yang lebih tinggi dan siklik hidrokarbon aromatik).Penting hasil sampingan dari pembaharu adalah hidrogen dilepaskan selamareaksi katalis. Hidrogen digunakan baik dalam hydrotreaters atauhydrocracker.
Distilat desulfurizes unit Hydrotreater distillates (seperti diesel) setelahatmosfer penyulingan.
.Fluid Catalytic Cracker (FCC) unit upgrade pecahan berat ke ringan, produk yang lebih berharga.
Hydrocracker unit menggunakan hidrogen untuk meng-upgrade pecahan beratke ringan, produk yang lebih berharga.
.Visbreakingupgrade unit berat sisa minyak oleh termal cracking merekamenjadi lebih ringan, lebih berharga produk viskositas berkurang.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hajarul Massi liked this
Ari Prasetyo liked this
Ayu Utami Putri liked this
Day Hendar liked this
faisal3fa liked this
Jc_lovers liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->