Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
56Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
isi laporan

isi laporan

Ratings: (0)|Views: 2,684 |Likes:
Published by zumroti
laporan magang
laporan magang

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: zumroti on May 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat setinggi – tingginya.Pembangunan kesehatan tersebut merupakan upaya seluruh potensi bangsaIndonesia, baik masyarakat, swasta maupun pemerintah.Keadaan gizi yang tidak seimbang dapat mempengaruhi status gizi dan padaakhirnya menimbulkan masalah gizi. Sampai saat ini ada 4 masalah gizi utama yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat yaitu kurang energy protein (KEP), anemiagizi besi, kurang vitamin A (KVA), dan gangguan akibat kekurangan yodium(GAKY).Masalah gizi terbagi menjadi masalah gizi makro dan mikro. Masalah gizimakro adalah masalah yang utamanya disebabkan kekurangan atauketidakseimbangan asupan energi dan protein. Manifestasi dari masalah gizi makro bila terjadi pada wanita usia subur dan ibu hamil yang Kurang Energi Kronis (KEK)adalah berat badan bayi baru lahir yang rendah (BBLR). Bila terjadi pada anak balitaakan mengakibatkan marasmus, kwashiorkor atau marasmic-kwashiorkor danselanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah.1
 
2Dalam hal ini seorang manajer program kesehatan masyarakat dituntut untuk memiliki keterampilan mengkaji dan merumuskan masalah kesehatan masyarakatdan masalah program yang berkaitan dengan kejadian kekurangan gizi. Untuk menghadapi tuntunan perkembangan program di era otonomi daerah, petugaskesehatan yang bekerja di Dinas Kesehatan dan Propinsi harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajerialnya agar tugas-tugas pokoknya dapatdilaksanakan lebih efisien, lebih efektif, dan produktif.Upaya untuk mencegah semakin memburuknya keadaan gizi masyarakat dimasa datang perlu dilakukan dengan segera dan direncanakan sesuai masalah daerahsejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan desentralisasi. Keadaan inidiharapkan dapat semakin mempercepat sasaran nasional dan global dalammenetapkan program yang sistematis mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan.Sehubungan dengan baru berdirinya Dinas Kesehatn Kota Tangerang Selatan,maka pada kegiatan magang kali ini mahasiswa peminatan gizi program studikesehatan masyarakat fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan UIN syarif hidayatullah ingin melihat dan mengetahui gambaran evaluasi program perbaikangizi yang ada di Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.
1.2Tujuan Kegiatan Magang1.2.1Tujuan Umum
Diketahuinya gambaran umum evaluasi program perbaikan gizi yangdilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan tahun 2009.
1.2.2Tujuan Khusus
 
31.Diketahuinya gambaran umum Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatantahun 2009.2.Diketahuinya gambaran umum bagian gizi Dinas Kesehatan Kota TangerangSelatan tahun 2009.3.Diketahuinya gambaran umum program gizi Dinas Kesehatan KotaTangerang Selatan tahun 2009.4.Diketahuinya gambaran evaluasi program perbaikan gizi Dinas KesehatanKota Tangerang Selatan tahun 2009. 
1.3Manfaat Kegiatan Magang1.3.1Bagi Mahasiswa
1.Mengerti dan memahami masalah kesehatan masyarakat secara nyata diinstitusi kerja sebagai kesiapan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja.2.Mampu mengaplikasikan ilmu dan teori yang diperoleh selama kuliah.3.Menambah wawasan dan mampu mengembangkan kompetensi diri sertaadaptasi dalam dunia kerja.
4.
Memperoleh pengalaman bekerja dalam sebuah tim (
team work)
untuk memecahkan berbagai masalah kesehatan sesuai bidang institusi kerja tempatmagang.
1.3.2Bagi Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Jakarta

Activity (56)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ais Aisyah liked this
Joni Iswanto liked this
TiKa IrIn liked this
Iin Aminah liked this
Widyast Yeni liked this
nugroho03 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->