Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
44Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH METODE PENYAMPAIAN (word)

MAKALAH METODE PENYAMPAIAN (word)

Ratings: (0)|Views: 2,649 |Likes:
Published by nunung wulan

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: nunung wulan on May 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Metode penyampaian pesan merupakan salah satu bagian dari desain pesan pembelajaran. Dimana metode ini ikut mendukung kelancaran terlaksananya proses pembelajaran. Munculnya metode penyampaian pesan didasarkan padaadanya kesulitan peserta didik dalam menerima pesan yang disampaikan oleh pendidik. Diharapkan dengan adanya metode-metode penyampaian pesan dapatmembantu peserta didik dalam mempermudah menerima pesan yang disampaikanoleh pendidik.Disadari atau tidak, pendidikan juga mengalami perkembangan sejalandengan perkembangan zaman. Metode penyampaian pesan yang beraneka ragamini dalam penerapannya disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Setiapmetode memiliki kelebihan dan kelemahan. Tidak ada metode yang paling baik dan paling buruk, namun metode yang satu dengan yang lainnya salingmelengkapi. Karena di dalam penyampaian pesan dapat dilakukan secaralangsung maupun dengan menggunakan metode. Itulah sebabnya dalam penyampaian pesan diperlukan adanya perpaduan antara penyampaian secaralangsung dan penyampaian bermetode. Berbagai ragam metode yang dapatdigunakan dalam penyampaian pesan, diantaranya metode diskusi, metodeceramah, metode demonstrasi, metode, dan metode eksperimen .Dengan adanya metode-metode penyampaian pesan tersebut diharapkan pendidik dapat lebih efektif dalam menyampaikan materi, sehingga peserta didik dengan mudah menyerap materi tersebut.
B.Rumusan Masalah
1.Apa pengertian dari metode penyampaian pesan?2.Apa jenis-jenis metode penyampaian pesan?
Metode Penyampaian Materi |
1
 
3.Bagaimana kelebihan dan kelemahan dari masing-masing metode penyampaian pesan?4.Bagaimana aplikasi dari masing-masing metode penyampaian pesan?
BAB IIPEMBAHASAN
Metode Penyampaian Materi |
2
 
A.
Metode Penyampaian dan Perannya dalam Proses Pendidikan
Metode dapat diartikan sebagai "teknik", "cara", atau "prosedur". Setiapkegiatan mengajar memerlukan metode yang tepat dan relevan untuk mencapaitujuan. Hubungan metode dan sistem penyampaian materi kepada siswa. Metodeyang bukan saja memberikan kemudahan bagi siswa namun juga memudahkankerja guru untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Metode dapat berfungsiuntuk memberikan pernyataan singkat dan rangsangan yang khusus mengenai isimateri dari mata pelajaran yang telah dipelajari dan contoh-contoh acuan yangmudah diingat untuk setiap konsep, prosedur atau prinsip yang diajarkan.Hubungan metode dan pengajar (guru) ialah cara penyampaian materi yangdimiliki guru terhadap siswa, yang mana memiliki satu tujuan yaitu agar siswadapat memahami materi yang disampaikan. Karena itu, guru harus memikirkanmetode secara seksama untuk menghasilkan rencana pengajaran dalammempersiapkan persiapan mengajar dengan target yaitu siswa.Peserta didik (siswa) adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertindak sebagai pelaku pencari, penerima dan penyimpan isi pelajaran yangdibutuhkannya untuk mencapai tujuan. Metode mengajar hendaknya disesuaikandengan tipe belajar siswa agar apa yang disampaikan dapat dicerna, dikuasai, dandimengerti oleh peserta didik selain itu faktor 
,
yang sangat menentukan prestasi belajar siswa adalah motivasi siswa itu sendiri untuk berprestasi.. Salah satu faktor  pendukung agar kemampuan intelektual yang dimiliki siswa dapat berfungsisecara optimal adalah adanya motivasi untuk berprestasi tinggi dalam dirinya.Motivasi merupakan perubahan tenaga di dalam diri seseorang yang ditandai olehdorongan afektif dan reaksi-reaksi untuk mencapai tujuan dan merupakan bagiandari belajar.Hubungan antara metode dan proses atau pendekatan dalam penyampaianmateri mempunyai peranan penting dan satu dan lainya sangat berkaitan erat.Karena dengan sistem yang baik dan sesuai dengan pengajar, siswa dan materimaka proses pembelajaran akan berjalan baik, dan siswa dapat memahami materiyang diberikan guru.
Metode Penyampaian Materi |
3

Activity (44)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sisca Amelia liked this
Shinta Anna liked this
Gek Lee Moi liked this
wul_in liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->