Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
65Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Pada Lansia

Asuhan Keperawatan Pada Lansia

Ratings: (0)|Views: 11,775|Likes:
Published by krisnag

More info:

Published by: krisnag on May 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
GANGGUAN NUTRISI PADA LANSIA1.
 
DEFINISI
Nutrisi adalah keseluruhan berbagai proses dalam tubuh makhluk hidupuntuk menerima bahan-bahan dari lingkungan hidupnya dan menggunakanbahan-bahan tersebut agar menghasilkan berbagai aktivitas penting dalamtubuhnya sendiri.Gangguan nutrisi terjadi kalau diet mengandung satu atau lebih nutrientdalam jumlah yang tidak tepat.
2.
 
EPIDEMIOLOGI
Hasil survey dari Negara Inggris yang diselenggarakan oleh DHSS danditerbitkan dalam tahun 1979 terlihat bahwa 3% dari subjek yang ditelitimengalami malnutrisi klinik. Apabila angka ini tidak mengikutsertakan kasus-kasus kegemukan dalam keseluruhan populasi manula maka akan terdapat300.000 manula dengan diet yang tidak memadai yang tidak dapat dihindaridan dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Kelainan gizi yangsering dijumpai dalam survey adalah obesitas, konsumsi yang rendah padaasam folat, vit. C, vit. D, vit. B, zat besi, dan kalsium.
3.
 
FAKTOR PENYEBAB
a.
 
Tinggal sendiriSeseorang yang hidup sendirian sering tidak mempedulikan tugasmemasak untuk menyediakan makanannya.b.
 
Kelemahan fisik Contohnya atritis atau cedera serebrovaskular (CVA) yang menyebabkankesulitan untuk berbelanja dan masak. Mereka tidak mampumerencanakan dan menyediakan makanannya sendiri.
 
c.
 
KehilanganTerutama terlihat pada pria lansia yang tidak pernah memasak untuk mereka sendiri. Mereka biasanya tidak memahami nilai suatu makananyang gizinya seimbang.d.
 
DepresiMenyebabkan kehilangan nafsu makan. Mereka tidak mau bersusah payahberbelanja, emmasak atau memakan makanannya.e.
 
Pendapatan yang rendahKetidakmampuan untuk membeli makanan yang cermat untuk meningkatkan pengonsumsian makanan yang bergizi.f.
 
Penyakit saluran pencernaanTermasuk sakit gigi, ulkusg.
 
Penyalahgunaan alcoholMengurangi asupan kalori dan tidak berkalori seperti asupan energydengan sedikit factor nutrisi lainh.
 
ObatPada lansia yang mendapat lebih banyak obat dibandingkan kelompok usialain yang lebih muda ini berakibat buruk terhadap nutrisi lansia.Pengobatan akan mengakibatkan kemunduran nutrisi yang semakin jauh.
4.
 
TANDA DAN GEJALA
-
 
Gigi tidak lengkap dan ompong-
 
Nafsu makan menurun-
 
Lesu-
 
Tidak semangat-
 
BB kurang / lebih dari normal-
 
Perut terasa kembung-
 
Sukar menelan-
 
Mual muntah
 
5.
 
PATOFISIOLOGI
-
 
Produksi saliva menurun
→ mempengaruhi proses perubahan kompleks
karbohidrat menjadi disakorida-
 
Fungsi ludah menurun
→ sukar menelan
-
 
Fungsi kelenjar pencenaan menurun → perut terasa tidak enak / kembung
 -
 
Banyak gigi yang lepas (ompong) → nafsu makan berkurang
 -
 
Dengan proses menua terjadi gangguan motilitas otot polos oesofagus.Dari proses perubahan-perubahan pada proses menua pada lansiamenyebabkan intake makanan pada lansia berkurang yang nantinya akanmempengaruhi status gizi pada lansia.
PATHWAYDAMPAK GANGGUAN NUTRISI
Kelemahan otot dan kelelahan karena energy yang menurun. Lansia dengangangguan nutrisi beresiko tinggi untuk terjatuh atau mengalami ketidakmampuandalam mobilisasi yang menyebabkan luka tekan atau cedera. Tulang akan mudahrusak dan proses penyembuhan luka tekan akan berjalan lama serta kondisinyaakan memburuk.Kaum manula yang mendorong kesalahan gizi dapat dibagi menjadi 3kelompok :1)
 
Malnutrisi umumDiet tidak mengandung beberapa nutrient dalam jumlah yang memadai.Produksi salivaProses perubahan pada LansiaFungsi ludahFungsi kelenjarpencernaanIntake makananGigi banyak yanglepas/ ompong

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->