Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
37Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komponen ekosistem

Komponen ekosistem

Ratings: (0)|Views: 11,925|Likes:
Published by Khabiybi

More info:

Published by: Khabiybi on May 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pengaruh Rotasi Bumi
Dalam peredaranya mengelilingi matahari,bumi pun berputar pada porosnya atau sumbunya. Perputaran bumi padasumbunya disebut rotasi bumi. Bumi berotasi pada porosnya dari arah baratke timur. Arahnya persis sama dengan arah revolusi bumi mengelilingimatahari .Kala rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik ,selang waktu inidisebut satu hari. Sekali berotasi, bumi menempuh 3600 bujur selama 24 jam.Artinya 10 bujur menempuh 4 menit. Dengan demikian, tempat-tempat yangberbeda 10 bujur akan berbeda waktu 4 menit. Rotasi bumi menimbulkanbeberapa peristiwa yaitu :a.Pergantian siang dan malamb.Perbedaan waktu berbagai tempat dimuka bumic.Gerak semu harian bintangd.Perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumiB.Rumusan Masalah1.Apa itu komponen ekosistem ?2.Apa penyebab terjadinya siang dan malam ?3.Apa yang menyebabkan rotasi bumi ?4.Apa saja yang terjadi pada revolusi bumi ?
1
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.Komponen ekosistemKomponen-komponen ekosistem terdiri atas kompone penyusunanberupa :
1.
Komponen AbiotikAbiotik berasal dari kata a dan biotik. A artinya tidak atau tanpa danbiotic artinya hidup. Jadi abiotik artinya semua benda tak hidup yangterdapat dam suatu ekosistem misalnya air, tanah, batu, pasir, udara,cahaya, suhu, kelembapan dan daya tarik bumi.
2.
Komponen Biotikmenurut peranannya komponen ini dibedakan menjadi 3 golongan :a.Produsen (penghasil)Produsen adalah golongan mahkluk hidup yang dapatmenghasilkan makanannya sendiri. Golongan ini adalah semuatumbuhan yang mempunyai zat hijau daun (klorofil) dengan bantuansinar matahari tumbuhan melakukan proses fotosintesis yangmenghasilkan karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat merupakansumber makanan bagi mahkluk hidup lainnya, sedangkan oksigendibutuhkan bagi pernapasan mahkluk hidup.Proses fotosintesis dapat dinyatakan sebagai berikut:
oksigenkarbohidraklorofil haricahayamata sidakarbondiok air 
++
 b.Konsumen (memakai)Konsumen adalah kelomok mahkluk hidup yang tidak dapatmembuat makanannya sendiri. Kelompok ini meliputi: semua hewandan manusia misalnya: ulat makan daun, burung betet makan ulat danelang makan burung betet.Setiap hewan yang makan tumbuhan secara langsungdinamakan konsumen tingkat pertama hewan yang makan konsumentingkat 1 disebut konsumen tingkat 2 hewan yang makan kosumentingkat 2 disebut konsumen tingkat 3 dan seterusnya.c.Dekonfoser (pengurai)Pengurai bertugas menguraikan kembali zat yang terdapatdalam mahkluk hidup yang telah mati. Mahkluk hidup yang bergeraksebagai pengurai adalah bakteri dan jamur yang beresifat suprofit.Mahkluk suprofit dinamakan mahkluk hidp pada saat/sisa mahklukhidup.3.Perubahan komponen biotikDalam suatu ekosisitem jumlah tiap-tiap komponen biotikmengalami perubahan yang teratur sehingga perbandingannya selalutetap. Perubahan jumlah produsen akan diikuti oleh perubahan bungapada konsumen pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Perubahanpada komponen berikut ini terjadi secara alamiah artinya tumbuhantelah mengatur alam demikian juga sehingga jumlah populasi didalamsuatu komunitas dalam waktu kewaktu selalu seimbang.
2
 
Flukuasi populasi adalah gelombang turun naiknya jumlahpopulasi dengan irama tetap. 4.Keseimbangan ekosisitemEkosistem dikatakan seimbang apabila komposisi diantarakomponen-komponen tersebut dalam keadaan seimbang.Ekosistemyang seimbang dapat bertahan lama/kesinampungannyadapat terpelihara.Kehidupan dalam sebuah akuarium contoh suatu ekosistem.Komponen biotiknya adalah tumbuhan air, ikan, siput dan bakteritumbuhan. Komponen abiotiknya adalah air, batu, pasir, tanah danudara. Bila komposisis komponen tersebut sudah mencapaikeseimbangan komunitas dalam akuarium tersebut bertahan lama, halini dapat terjadi karena adanya hubungan timbal balik yang salingmenunjang diantara komponen penyusunnya berikut ini:a.Tersedianya oksigen dan karbondioksida
 b.
Tersedianya makanan sebagai sumber energi
B.Gerak Bumi
GERAK EDAR BUMI & BULAN
3
REVOLUSI BUMI
MengakibatkanPergantianmusim di belahan bumi bagian selatandan utaraDibuatnya systemkalender masehi
ROTASI BUMI
MengakibatkanterjadinyaSiangMalam
GERAKAN BUMI
Pada porosnyadisebutMengelilingimatahari disebut
ROTASI BUMI

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Arif Cahyo Vcc liked this
Dian Fairuza liked this
Aldo Pain liked this
Liea Humble liked this
Aldira Riananda liked this
Liea Humble liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->