Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
138Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
budaya politik, masyarakat madani, hubungan internasional, hukum internasional tanya jawab

budaya politik, masyarakat madani, hubungan internasional, hukum internasional tanya jawab

Ratings: (0)|Views: 20,748 |Likes:
Published by impulstek
soal jawab pkn
soal jawab pkn

More info:

Published by: impulstek on May 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
Bab 1. menganalisis budaya politik di Indonesia
1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
Jawab : Budaya politik adalah aspek politik dari nilai-nilai yang terdiri ataspengetahuan, adat istiadat, tahayul, dan mitos. Kesemuanya dikenal dan diakuioleh sebagian besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberikan rasional untukmenolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain.
2. Mengidentifikasi ciri ciri budaya politik
Jawab:1. memberi penekanan pada perilaku beberapa sikap,pandangan,ataupunkepercayaan2. Orientasinya terhadap sistem politk3. Menggambarkan masyarakat dalam suatu negara4. budaya politik menyagkut masalah legitimasi5. budaya politik meyangkut perilaku aparat negara6. budaya politik menyangkut proses pembuatan kebijakan pemerintah.
3.Mengidentifikasi macam macam budaya politik
Jawab :1.budaya politik militan2. budaya politik toleransi -sikap tradisi dan perubahan3.budaya politik yg memiliki sikap mental absolut4 budaya politik yg memiliki skap mental akomodatif 4
.Menjelaskan factor penyebab berkembangnya budaya politik suatudaerah
Jawab:(1) Tingkat pendidikan masyarakat sebagai kunc utama perkembangan budayapolitik masyarakat(2) Tingkat ekonomi masyarakat, semakin tinggi tingkat ekonomi/sejahteramasyarakat maka partisipasi masyarakat pun semakin besar (3) Reformasi politik/political will (semangat merevisi dan mengadopsi sistempolitik yang lebih baik)(4) Supremasi hukum (adanya penegakan hukum yang adil,independen,danbebas)(5) Media komunikasi yang independen (berfungsi sebagai kontrolsosial,bebas,dan mandiri)5.Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakatJawab:
 
Budaya politik yang berkembang di Indonesia adalah munculnya pembinaanhubungan patron-client antara negara dengan masyarakat. Suasana ini semakinmenguat dengan banyaknya fasilitas yang dimiliki negara, Budaya patron-clientini juga tumbuh di kalangan pelaku politik. Mereka lebih memilih mencari sponsor dari atas daripada menggali dukungan dari basisnya. Organisasi politiknya sudahmodern, tapi etos kerja politiknya masih tradisional. Lebih parah lagi, suasanafeodalisme masih dijalankan.Oleh karena itu, harus dilakukan perbaikanterhadap institusi-institusi yang kurang dapat menyerap semangat masyarakatyang berpikir kritis terhadap pembinaan politik melalui infra struktur politik. Inimenuntut kemauan para pimpinan partai politik untuk mendorong prosesketerbukaan.
6.Mendeskripsikan tipe tipe budaya politik
Jawab:1. Budaya politik parokial (parochial political culture)Budaya parokial yaitu budaya politik yang terbatas pada wilayah tertentubahkan masyarakat belum memiliki kesadaran berpolitik, sekalipun adamenyerahkannya kepada pemimpin lokal seperti suku.Pada budaya politik parokial umumnya tingkat partisipasi dan kesadaranpolitik masyrakatnya masih sangat rendah. Hal tersebut disebabkan olehpoleh faktor kognitif, yaitu rendahnya tingkat pendidikan/pengetahuanseseorang sehingga pemahaman dan kesadaran mereka terhadap politikmasih sangat kecil. Pada budaya politik ini, kesadaran obyek politiknyakecil atau tidak ada sama sekali terhadap sistem politik. Kelompok iniakan ditemukan di berbagai lapisan masyarakat.2. Budaya politik kaula/subjek (subject political culture)Budaya Kaula artinya masyarakat sudah memiliki kesadaran terhadapsistem politik namun tidak berdaya dan tidak mampu berpartisipasisehingga hanya melihat outputnya saja tanpa bisa memberikan input.Pada budaya politik ini, masyarakat yang bersangkutan sudah relatif majubaik sosial maupun ekonominya, tetapi masih bersifat pasif. Budaya politikkaula adalah mereka yang berorientasi terhadap sistem politik danpengaruhnya terhadap outputs yang mempengaruhi kehidupan merekaseperti tunjangan sosial dan hukum. Namun mereka tidak berorientasiterhadap partisipasi dalam struktur input3. Budaya politik partisipan (participant political culture)Adalah masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang berorientasiterhadap struktur inputs dan proses dan terlibat didalamnya atau melihatdirinya sebagai potensial terlibat, mengartikulasikan tuntutan danmembuat keputusan. Pada budaya poltik ini ditandai dengan kesadaranpolitik yang tinggi.
7. Mendeskripsikan budaya politik yang berkembang di Indonesia
Jawab:
 
Budaya politik Indonesia bersifat parokial-kaula di satu pihak dan budayapolitik partisipan dilain pihak; di satu segi massa masih ketinggalan dalammenggunakan hak dan dalam memikul tanggungjawab politiknya - yangmungkin disebabkan oleh isolasi dari kebudayaan luar, pengaruhpenjajahan, feodalisme, bapakisme, ikatan primordial - sedang di lainpihak kaum elitnya sungguh-sungguh merupakan merupakan partisipanyang aktif – yang kira-kira disebabkan oleh pengaruh pendidikan moderen – kadang-kadang bersifat sekuler dalam arti relatif dapat membedakanfaktor-faktor penyebab disintegrasi seperti agama, kesukuan dan lainnya,dengan kata lain kebudayaan politik Indonesia merupakan “mixed politicalculture” yang diwarnai dengan besarnya pengaruh kebudayaan politikparokial-kaula.
8. Menyimpulkan dampak perkembangan tipe politik sesuai perkembangansystem politik yang berlaku
Jawab:Sistem politik Indonesia diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhanberbagai kegiatan dalam Negara Indonesia yang berkaitan dengankepentingan umum termasuk proses penentuan tujuan, upaya-upayamewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan penyusunanskala prioritasnya.Politik adalah semua lembaga-lembaga negara yang tersebut di dalamkonstitusi negara (
termasuk fungsi legislatif, eksekutif, dan yudikatif 
).Dalam Penyusunan keputusan-keputusan kebijaksanaan diperlukanadanya kekuatan yang seimbang dan terjalinnya kerjasama yang baikantara suprastruktur dan infrastruktur politik sehingga memudahkanterwujudnya cita-cita dan tujuan-tujuan masyarakat/Negara. Dalam hal iniyang dimaksud suprastruktur politik adalah Lembaga-Lembaga Negara.
9. Mendeskripsikan makna sosialisasi kesadaran politik
Jawab:sosialisasi politik adalah proses bagaimana orang bisa mengenal ataumengetahui atau bisa tanggap dengan sisitem politik yang ada sertapunya reaksi terhadap adanya gejala gejala potiltik.dengan adanya kesadaran politik yang ada pada diri masyarakat secaraotomatis akan mendukung sekali proses adanya sosialisasi kesadaaranpolitik.karena dengan adanya sosialisasi politik yang dilakukan,maka kitasebagai warga negara atau sebagai individu tentunya minimal akanpaham mengenai masalah-masalah atau isu-isu yang bersifat politis,dengan seperti itu maka akan mampu meningkatkan kualitas diri dalamberpolitik atau pengetahuan dalam berpolitik.
10. Mengidentifikasi fungsi partai politik

Activity (138)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Shinta Dewy liked this
Bela Rin X Len liked this
Hananto Wildan liked this
Widia N Suryadi liked this
Berry Putra liked this
Imran Kostum liked this
Cening Ayuu Merta added this note
makasiii bnyaaak niiie postingannyaa ngebantuuu bangeeeed! :D

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->