Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH

MAKALAH

Ratings: (0)|Views: 213 |Likes:
Dunia pendidikan yang harusnya penuh dengan kasih sayang, tempat untuk belajar tentang moral, budi pekerti justru sekarang ini dekat dengan tindak kekarasan dan asusila. Dunia yang seharusnya mencerminkan sikap-sikap intelektual, budi pekerti, dan menjunjung tinggi nilai moral, justru telah dicoreng oleh segelintir oknum pendidik (guru) yang tidak bertanggung jawab.
Dunia pendidikan yang harusnya penuh dengan kasih sayang, tempat untuk belajar tentang moral, budi pekerti justru sekarang ini dekat dengan tindak kekarasan dan asusila. Dunia yang seharusnya mencerminkan sikap-sikap intelektual, budi pekerti, dan menjunjung tinggi nilai moral, justru telah dicoreng oleh segelintir oknum pendidik (guru) yang tidak bertanggung jawab.

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: Pachrin Noor Zain, ST on May 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang Masalah
Guru merupakan sosok yang begitu dihormati lantaran memiliki andilyang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuanhidupnya secara optimal. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah, pada saat itu juga ia menaruh harapan terhadap guru, agar anaknya dapat berkembang secara optimal (Mulyasa, 2005:10).Minat, bakat, kemampuan, dan potensi peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Dalam kaitan ini guru perlumemperhatikan peserta didik secara individual. Tugas guru tidak hanya mengajar,namun juga mendidik, mengasuh, membimbing, dan membentuk kepribadiansiswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM).Ironisnya kekawatiran di dunia pendidikan kini menyeruak ketikamenyaksikan tawuran antar pelajar yang bergejolak dimana-mana. Ada kegalauanmuncul kala menjumpai realitas bahwa guru di sekolah lebih banyak menghukumdaripada memberi reward siswanya. Ada kegundahan yang membuncah ketikasosok guru berbuat asusila terhadap siswanya.Dunia pendidikan yang harusnya penuh dengan kasih sayang, tempatuntuk belajar tentang moral, budi pekerti justru sekarang ini dekat dengan tindak kekarasan dan asusila. Dunia yang seharusnya mencerminkan sikap-sikapintelektual, budi pekerti, dan menjunjung tinggi nilai moral, justru telah dicorengoleh segelintir oknum pendidik (guru) yang tidak bertanggung jawab. Realitas inimengandung pesan bahwa dunia guru harus segera melakukan evaluasi ke dalam.Sepertinya, sudah waktunya untuk melakukan pelurusan kembali atas pemahamandalam memposisikan profesi guru.Kesalahan guru dalam memahami profesinya akan mengakibatkan bergesernya fungsi guru secara perlahan-lahan. Pergeseran ini telah menyebabkandua pihak yang tadinya sama-sama membawa kepentingan dan salngmembutuhkan, yakni guru dan siswa, menjadi tidak lagi saling membutuhkan.1
 
Akibatnya suasana belajar sangat memberatkan, membosankan, dan jauh darisuasana yang membahagiakan. Dari sinilah konflik demi konflik muncul sehingga pihak-pihak didalamnya mudah frustasi lantas mudah melampiaskan kegundahandengan cara-cara yang tidak benar.Untuk itulah makalah ini saya susun sebagai bahan kajian bagi guru atau pendidik agar dapat berperilaku dan bersikap profesional dalam menjalankantugas mulia ini.
B. Rumusan Masalah
 Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas maka permasalahan yanghendak dikaji adalah:1. Bagaimana sikap dan perilaku guru yang profesional itu?2. Mengapa sikap dan perilaku guru bisa menyimpang?
C. Tujuan Penulisan Makalah
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk:a. Mendeskripsikan penyebab sikap dan perilaku guru bisa menyimpang. b. Mendeskripsikan sikap dan perilaku guru yang profesional.
BAB IIPEMBAHASAN
2
 
A. Sikap dan Perilaku Guru yang Profesional
 Pemerintah sering melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitasguru, antara lain melalui seminar, pelatihan, dan loka karya, bahkam melalui pendidikan formal bahkan dengan menyekolahkan guru pada tingkat yang lebihtinggi. Kendatipun dalam pelakansaannya masih jauh dari harapan, dan banyak  penyimpangan, namun paling tidak telah menghasilkan suatu kondisi yang yangmenunjukkan bahwa sebagian guru memiliki ijazah perguruan tinggi.Latar belakang pendidikan ini mestinya berkorelasi positif dengan kualitas pendidikan, bersamaan dengan faktor lain yang mempengaruhi. Walaupun dalamkenyataannya banyak guru yang melakukan kesalahan-kesalahan. Kesalahan-kesalahan yang seringkali tidak disadari oleh guru dalam pembelajaran ada tujuhkesalahan. Kesalahan-kesalahan itu antara lain:1.mengambil jalan pintas dalam pembelajaran,2.menunggu peserta didik berperilaku negatif,3.menggunakan destruktif discipline,4.mengabaikan kebutuhan-kebutuhan khusus (perbedaan individu) pesertadidik,5.merasa diri paling pandai di kelasnya,6.tidak adil (diskriminatif), serta7.memaksakan hak peserta didik (Mulyasa, 2005:20).Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut maka seorang guru yang profesional harus memiliki empat kompetensi. Kompetensi tersebut tertuangdalam Undang-Undang Dosen dan Guru, yakni:1.kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik,2.kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik,3.kompetensi profesional adalah kamampuan penguasaan materi pelajaranluas mendalam,4.kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru,orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.3

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Anwar Nurrudin liked this
haryriamijar liked this
tbuwono liked this
Elhadi Surya liked this
ariefstbk liked this
ariefstbk liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->