Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perilaku Konsumen Bab 3

Perilaku Konsumen Bab 3

Ratings: (0)|Views: 1,835|Likes:
Published by fennifelia

More info:

Published by: fennifelia on May 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
Perilaku Konsumen
61
 
III
FAKTO-FAKTOR EKSTERN YANG
 
MEMPENGARUHI PERILAKUKONSUMEN
 PENDAHULUANDiskripsi Materi Kuliah
Bab ini berisi penjelasan mengenai factor-faktor ekstern yangmempengaruhi perilaku konsumen. Factor tersebut teridiri dari factor budaya,kelas social, kelompok social dan kelompok referensi, dan keluarga.
Relevansi Materi Kuliah
Setelah membaca Bab III para mahasiswa diharapkan dapat memilikikompetensi berupa; mampu menjelaskan faktor-faktor ekstern yangmempengaruhi perilaku konsumen.
Tujuan Instruksional Khusus
1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh budaya pada perilaku konsumen2. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh kelas sosial pada perilakukonsumen3. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh kelompok refensi pada perilakukonsumen4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengaruh keluarga pada perilaku konsumen
A. BUDAYA
Budaya nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, aturan-aturan dan norma-normayang melingkupi suatu kelompok masyarakat akan mempengaruhi sikap dantindakan individu dalam masyarakat tersebut. Sikap dan tindakan individu dalamsuatu masyarakat dalam beberapa hal yang berkaitan dengan nilai, keyakinanaturan dan norma akan menimbulkan sikap dan tindakan yang cenderung
 
Perilaku Konsumen
62
 
homogen. Artinya, jika setiap individu mengacu pada nilai, keyakinan, aturan dannorma kelompok, maka sikap dan perilaku mereka akan cenderung seragam.Misalnya dalam suatu masyarakat ada aturan mengenai bagaimana melakukanpernikahan sehingga laki-laki dan perempuan dapat disahkan sebagai suami istri.Ketika anggota masyarakat akan menikah, maka proses yang dilalui oleh anggotamasyarakat itu akan cenderung sama dengan anggota masyarakat yang lainnya.Setiap kelompok masyarakat tertentu akan mempunyai cara yang berbedadalam menjalani kehidupannya dengan sekelompok masyarakat yang lainnya.Cara-cara menjalani kehidupan sekelompok masyarakat dapat didefinisikansebagai budaya masyarakat tersebut. Satu definisi klasik mengenai budaya adalahsebagai berikut: "budaya adalah seperangkat pola perilaku yang secara sosialdialirkan secara simbolis melalui bahasa dan cara-cara lain pada anggota darimasyarakat tertentu (Wallendorf & Reilly dalam Mowen: 1995)".Definisi di atas menunjukkan bahwa budaya merupakan cara menjalanihidup dari suatu masyarakat yang ditransmisikan pada anggota masyarakatnyadari generasi ke generasi berikutnya. Proses transmisi dari generasi ke generasitersebut dalam perjalanannya mengalami berbagai proses distorsi dan penetrasibudaya lain. Hal ini dimungkinkan karena informasi dan mobilitas anggota suatumasyarakat dengan anggota masyarakat yang lainnya mengalir tanpa hambatan.Interaksi antar anggota masyarakat yang berbeda latar belakang budayanyasemakin intens. Oleh karena itu, dalam proses transmisi budaya dari generasi kegenerasi, proses adaptasi budaya lain sangat dimungkinkan. Misalnya prosesdifusi budaya populer di Indonesia terjadi sepanjang waktu. Kita bisa melihatbagaimana remaja-remaja di Indonesia meniru dan menjalani budaya populer darinegara-negara Barat, sehingga budaya Indonesia sudah tidak lagi dijadikan dasardalam bersikap dan berperilaku. Proses seperti inilah yang disebut bahwa budayamengalami adaptasi dan penetrasi budaya lain. Dalam hal-hal tertentu adaptasibudaya membawa kebaikan, tetapi di sisi lain proses adaptasi budaya luarmenunjukkan adanya rasa tidak percaya diri dari anggota masyarakat terhadapbudaya sendiri.
 
Perilaku Konsumen
63
 
Agar budaya terus berkembang, proses adaptasi seperti dijelaskan di atas terusperlu dilakukan. Paradigma yang berkembang adalah bahwa budaya itu dinamisdan dapat merupakan hasil proses belajar, sehingga budaya suatu masyarakat tidak hadir dengan sendirinya. Proses belajar dan mempelajari budaya sendiri dalamsuatu masyarakat disebut enkulturasi (enculturati). Enkulturasi menyebabkanbudaya masyarakat tertentu akan bergerak dinamis mengikuti perkembanganzaman. Sebaliknya sebuah masyarakat yang cenderung sulit menerima hal-halbaru dalam masyarakat dan cenderung mempertahankan budaya lama yang sudahtidak relevan lagi disebut sebagai akulturasi (acculturation).Budaya yang ada dalam sekelompok masyarakat merupakan seperangkataturan dan cara-cara hidup. Dengan adanya aturan dan cara hidup/ anggotadituntun untuk menjalani kehidupan yang serasi. Masyarakat diperkenalkan padaadanya baik-buruk, benar-salah dan adanya harapan-harapan hidup. Denganaturan seperti itu orang akan mempunyai pijakan bersikap dan bertindak. Jikatindakan yang dilakukan memenuhi aturan yang telah digariskan, maka akantimbul perasaan puas dalam dirinya dalam menjalani kehidupan. Rasa bahagiaakanjuga dirasakan oleh anggota masyarakat jika dia mampu memenuhipersyaratan-persyaratan sosialnya. Orang akan sangat bahagia jika mampubertindak baik menurut aturan budayanya. Oleh karena itu, budaya merupakansarana untuk memuaskan kebutuhan anggota masyarakatnya.
Aspek-Aspek Budaya
Budaya bersifat dinamis dan tidak statis. Budaya secara berkelanjutanberevolusi, meramu gagasan-gagasan lama dengan kemasan baru dan seterusnya.Suatu sistem budaya terdiri atas area-area fungsional sebagai berikut:1. Ekologi. Ekologi merupakan sistem berdaptasi pada habitat/ lingkungan.Ekologi ini dibentuk oleh teknologi yang digunakan untuk memperolehdan mendistribusikan sumber daya (misalnya masyarakat industri danmasyarakat dunia ketiga/berkembang).Sebagai contoh negara Jepangsangat ahli dalam merancang produk yang efisien karena merekadihadapkan pada luas wilayah yang sempit.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arie Saja liked this
Sung Je Kyung liked this
Bunga Motorz liked this
tatacantique liked this
dhuika liked this
masaryo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->