Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
75Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penginderaan Jauh (bab 2 LAPORAN APLIKASI CITRA LANDSAT UNTUK KAJIAN PENGGUNAAN LAHAN)

Penginderaan Jauh (bab 2 LAPORAN APLIKASI CITRA LANDSAT UNTUK KAJIAN PENGGUNAAN LAHAN)

Ratings: (0)|Views: 8,974|Likes:
Published by Anggita

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Anggita on May 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
BAB IIKAJIAN PUSTAKA2.1. Penginderaan Jauh2.1.1. Pengertian dan Definisi Penginderaan Jauh
Ada banyak versi mengenai pengertian Penginderaan Jauh. Berikutadalah pengertian Penginderaan Jauh menurut para ahli :
Penginderaan Jauh merupakan suatu ilmu dan seni untumemperoleh data dan informasi dari suatu objek di permukaan bumi dengan menggunakan alat yang tidak berhubunganlangsung dengan objek yang dikajinya (Lillesand dan Kiefer,1979).
Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu suatu pengukuranatau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelitatau instrumen lain di atas jauh dari objek yang diindera(Colwell, 1984).
Penginderaan Jauh merupakan variasi teknik yangdikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan dan dipancarkan dari permukaan bumi(Lindgreen, 1985).
Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkaninformasi yang berguna (Curran, 1985).
Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu ilmu untumendapatkan informasi mengenai permukaan bumi seperti lahandan air dari citra yang diperoleh dari jarak jauh (Campbell,1987).
Penginderaan Jauh adalah ilmu untuk memperoleh, mengolah,dan menginterpretasi citra yang telah direkam yang berasal dari
B a b I I K a j i a n P u s t a k a | 3
 
interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan suatu objek (Sabins, 1996).Jadi, penginderaan jauh merupakan ilmu dan seni untumengindera atau menganalisis permukaan bumi dari jarak yang jauh,dimana perekaman dilakukan di udara atau di angkasa denganmenggunakan alat (sensor) dan wahana.Dalam penginderaan jauh, karena sensor dipasang jauh dari obyek yang diindera, diperlukan tenaga yang dipancarkan atau dipantulkanoleh obyek tersebut. Antara tenaga dan obyek terjadi interaksi. Tiapobyek mempunyai sikap atau karakteristik tersendiri dalaminteraksinya terhadap tenaga, misalnya air menyerap sinar banyak danhanya memantulkan sinar sedikit. Sebaliknya, batuan kapur menyerapsedikit sinar dan memantulkan banyak sinar.Hasil interaksi antara tenaga dan obyek direkam oleh sensor.Perekamannya dilakukan dengan menggunakan kamera atau alat perekam lainnya. Hasil rekaman ini disebut data penginderaan jauhyang di dalam batasan tersebut disingkat dengan istilah data. Dataharus diterjemahkan menjadi informasi tentang obyek, daerah, ataugejala yang diindera itu. Proses penterjemahan data menjadi informasidisebut analisis atau interpretasi data.Penginderaan jauh mempunyai empat komponen dasar yaitu target,sumber energy, alur transmisi, dan sensor. Komponen dalam sistem ini bekerja bersama untuk mengukur dan mencatat informasi mengenaitarget tanpa menyentuh obyek tersebut.
Gambar 2.1. Komponen Dasar Penginderaan Jauh (Yaslinus, 2003)
B a b I I K a j i a n P u s t a k a | 4
 
2.1.2. Dasar Fisika Penginderaan Jauh
Pengumpulan data dalam penginderaan jauh dilakukan dari jarak  jauh dengan menggunakan sensor buatan. Dengan melakukan analisisterhadap data yang terkumpul ini dapat diperoleh informasi tentangobyek, daerah, atau gejala yang dikaji.Karena penginderaannya dilakukan dari jarak jauh, diperlukantenaga penghubung yang membawa data tentang obyek ke sensor. Datatersebut dapat dikumpulkan dan direkam dengan tiga cara, yaknidistribusi daya (force), distribusi gelombang bunyi, dan distribusitenaga elektromagnetik. Obyek, daerah, atau gejala di permukaan bumidapat dikenali pada hasil rekamannya karena masing-masingmempunyai karakteristik tersendiri dalam interaksinya terhadap daya,gelombang bunyi, atau tenaga elektromagnetik. Sebagai contoh, sensor yang berupa gravimeter dapat mengumpulkan data yang berupa variasidaya magnetic. Sonar mengumpulkan data tentang distribusigelombang bunyi dalam air, mikrofon, dan telinga manusia menangkapgelombang bunyi di udara. Sedang kamera mengumpulkan datatentang variasi distribusi tenaga elektromagnetik yang berupa sinar (Suits, 1983; Lillesand dan Kiefer, 1979).
a.Tenaga Elektromagnetik 
Dalam penginderaan jauh digunakan tenaga elektromagnetik.Tenaga elektromagnetik adalah paket elektrisitas dan magnitisme yang bergerak dengan kecepatan sinar pada frekuensi dan panjanggelombang dengan sejumlah tenaga tertentu (Chanlett, 1979). Inimenunjukkan bahwa tenaga radiasi dalam bentuk tenagaelektromagnetik memancar dengan berbagai panjang gelombang dankecepatan yang sifatnya tetap.Tenaga elektromagnetik tidak dapat dilihat oleh mata. Ia hanyatamapak apabila berinteraksi dengan benda. Sinar hanya tampak bilamengenai debu, uap air, atau benda lain di atmosfer maupun di permukaan bumi.
B a b I I K a j i a n P u s t a k a | 4

Activity (75)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
RaVy Selamanya liked this
surbakti_unsri liked this
stomorow liked this
Wida Faridah liked this
Wida Faridah liked this
Estrella Vd liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->