Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
24Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Abu al Hasan as Syadzili

Abu al Hasan as Syadzili

Ratings:

5.0

(3)
|Views: 8,509|Likes:
Published by Kang Tris
Nama lengkap adalah as-Syadzili Ali bin Abdillah bin Abdul-Jabbar, yang kalau diteruskan nasabnya akan sampai pada Hasan bin Ali bin Abi Thalib dan putranya Fatimah al-Zahra', putri Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.
Syekh Abu al-Hasan dilahirkan di negara Maroko tahun 593 H di desa yang bernama Ghimaroh di dekat kota Sabtah (dekat kota Thonjah sekarang).
Nama lengkap adalah as-Syadzili Ali bin Abdillah bin Abdul-Jabbar, yang kalau diteruskan nasabnya akan sampai pada Hasan bin Ali bin Abi Thalib dan putranya Fatimah al-Zahra', putri Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.
Syekh Abu al-Hasan dilahirkan di negara Maroko tahun 593 H di desa yang bernama Ghimaroh di dekat kota Sabtah (dekat kota Thonjah sekarang).

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Kang Tris on May 30, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/13/2012

pdf

text

original

 
Abu al Hasan as Syadzili
Abu al-Hasan as-Syadzili
Nama lengkap adalah
as-Syadzili Ali bin Abdillah bin Abdul-Jabbar 
, yangkalau diteruskan nasabnya akan sampai pada
Hasan bin Ali bin Abi Thalib
danputranya Fatimah al-Zahra', putri Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.Syekh Abu al-Hasan dilahirkan di negara Maroko tahun 593 H di desa yangbernama Ghimaroh di dekat kota Sabtah (dekat kota Thonjah sekarang).
Imam Syadzili dan kelimuan
Di kota kelahirannya itu Syadzili pertama kali menghafal Alquran dan menerimapelajaran ilmi-ilmu agama, termasuk mempelajari fikih madzhab Imam Malik.Beliau berhasil memperoleh ilmu yang bersumber pada Alquran dan Sunnahdemikian juga ilmu yang bersumber dari akal yang jernih. Berkat ilmu yangdimilikinya, banyak para ulama yang berguru kepadanya. Sebagian mereka adayang ingin menguji kepandaian Syekh Abu al-Hasan. Setelah diadakan dialogilmiah akhirnya mereka mengakui bahwa beliau mempunyai ilmu yang luas,sehingga untuk menguras ilmunya seakan-akan merupakan hal yang cukupsusah. Memang sebelum beliau menjalani ilmu thariqah, ia telah membekalidirinya dengan ilmu syariat yang memadahi.
Imam Syadzili dan Thariqah
Hijrah atau berkelana bisa jadi merupakan sarana paling efektif untukmenemukan jati diri. Tak terkecuali Imam Syadzili. Orang yang lebih dikenalsebagai sufi agung pendiri thariqah Syadziliyah ini juga menapaki masa hijrahdan berkelana Asal muasal beliau ingin mencari jalan thariqah adalah ketika masuk negaraTunis sufi besar ini ingin bertemu dengan para syekh yang ada di negeri itu. Diantara Syekh-syekh yang bisa membuat hatinya mantap dan berkenan adalahSyekh Abi Said al-Baji. Keistimewaan syekh ini adalah sebelum Abu al-Hasanberbicara mengutarakannya, dia telah mengetahui isi hatinya. Akhirnya Abu al-Hasan mantap bahwa dia adalah seorang wali. Selanjutnya dia berguru danmenimba ilmu darinya. Dari situ, mulailah Syekh Abu al-Hasan menekuni ilmuthariqah.Untuk menekuni tekad ini, beliau bertandang ke berbagai negara, baik negarakawasan timur maupun negara kawasan barat. Setiap derap langkahnya, hatinyaselalu bertanya, "Di tempat mana aku bisa menjumpai seorang syekh
www.tris.co.nr
1
 
Abu al Hasan as Syadzili
(mursyid)?". Memang benar, seorang murid dalam langkahnya untuk sampaidekat kepada Allah itu bagaikan kapal yang mengarungi lautan luas. Apakahkapal tersebut bisa berjalan dengan baik tanpa seorang nahkoda (mursyid).Dan inilah yang dialami oleh syekh Abu al-Hasan.Dalam pengembaraannya Imam Syadzili akhirnya sampai di Iraq, yaitu kawasanorang-orang sufi dan orang-orang shalih. Di Iraq beliau bertemu dengan SyekhShalih Abi al-Fath al-Wasithi, yaitu syekh yang paling berkesan dalam hatinyadibandingkan dengan syekh di Iraq lainnya. Syekh Abu al-Fath berkata kepadaSyekh Abu al-Hasan, "Hai Abu al-Hasan engkau ini mencari Wali Qutb di sini,padahal dia berada di negaramu? kembalilah, maka kamu akanmenemukannya".Akhirnya, beliau kembali lagi ke Maroko, dan bertemu dengan Syekh al-Shiddiqal-Qutb al-Ghauts Abi Muhammad Abdussalam bin Masyisy al-Syarif al-Hasani.Syekh tersebut tinggal di puncak gunung. Sebelum menemuinya, beliau membersihkan badan (mandi) di bawah gunungdan beliau datang laksana orang hina dina dan penuh dosa. Sebelum beliaunaik gunung ternyata Syekh Abdussalam telah turun menemuinya dan berkata,"Selamat datang wahai Ali bin Abdullah bin Abdul Jabbar……". Begitusambutan syekh tersebut sembari menuturkan nasabnya sampai RasulullahSAW. Kemudia dia berkata, "Kamu datang kepadaku laksana orang yang hinadina dan merasa tidak mempunyai amal baik, maka bersamaku kamu akanmemperoleh kekayaan dunia dan akhirat”. Akhirnya beliau tinggal bersamanya untuk beberapa hari, sampai hatinyamendapatkan pancaran ilahi. Selama bersama Syekh Abdussalam, beliaumelihat beberapa keramat yang dimilikinya. Pertemuan antara SyekhAbdussalam dan Syekh Abu al-Hasan benar-benar merupakan pertemuanantara mursyid dan murid, atau antara muwarrits dan waarits. Banyak sekalifutuhat ilahiyyah yang diperoleh Syekh Abu al-Hasan dari guru agung ini.Di antara wasiat Syekh Abdussalam kepada Syadzili adalah, "Pertajampenglihatan keimanan, maka kamu akan menemukan Allah pada setiapsesuatu".
Tentang nama Syadzili
Kalau dirunut nasab maupun tempat kelahiran syekh agung ini, tidak didapati
www.tris.co.nr
2
 
Abu al Hasan as Syadzili
sebuah nama yang memungkinkan ia dinamakan Syadzili. Dan memang, namatersebut adalah nama yang dia peroleh dalam perjalanan ruhaniah.Dalam hal ini Abul Hasan sendiri bercerita : "Ketika saya duduk di hadapanSyekh, di dalam ruang kecil, di sampingku ada anak kecil. Di dalam hatikuterbersit ingin tanya kepada Syekh tentang nama Allah. Akan tetapi, anak keciltadi mendatangiku dan tangannya memegang kerah bajuku, lalu berkata,"Wahai, Abu al–Hasan, kamu ingin bertanya kepada Syekh tentang nama Allah,padahal sesungguhnya kamu adalah nama yang kamu cari, maksudnya namaAllah telah berada dalam hatimu. Akhirnya Syekh tersenyum dan berkata, "Diatelah menjawab pertanyaanmu". Selanjutnya Syekh Abdussalam memerintahkan Abu al-Hasan untuk pergi kedaerah Afriqiyyah tepatnya di daerah bernama Syadzilah, karena Allah akanmenyebutnya dengan nama Syadzili –padahal pada waktu itu Abu al-Hasanbelum di kenal dengan nama tersebut.Sebelum berangkat Abu al-Hasan meminta wasiat kepada Syekh, kemudian diaberkata, "Ingatlah Allah, bersihkan lidah dan hatimu dari segala yang mengotorinama Allah, jagalah anggota badanmu dari maksiat, kerjakanlah amal wajib,maka kamu akan memperoleh derajat kewalian. Ingatlah akan kewajibanmuterhadap Allah, maka kamu akan memperoleh derajat orang yang wara'.Kemudian berdoalah kepada Allah dengan doa, "Allahumma arihnii mindzikrihim wa minal 'awaaridhi min qibalihim wanajjinii min syarrihim wa aghniniibi khairika 'an khairihim wa tawallanii bil khushuushiyyati min bainihim innaka'alaa kulli syai'in qadiir". Selanjutnya sesuai petunjuk tersebut, Syekh Abu al-Hasan berangkat ke daerahtersebut untuk mengetahui rahasia yang telah dikatakan kepadanya. Dalamperjalanan ruhaniah kali ini dia banyak mendapat cobaan sebagaimana cobaanyang telah dialami oleh para wali-wali pilihan. Akan tetapi dengan cobaantersebut justru semakin menambah tingkat keimanannya dan hatinya semakin jernih.Sesampainya di Syadzilah, yaitu daerah dekat Tunis, dia bersama kawan-kawandan muridnya menuju gua yang berada di Gunung Za'faran untuk munajat danberibadah kepada Allah SWT. Selama beribadah di tempat tersebut salah satumuridnya mengetahui bahwa Syekh Abu al-Hasan banyak memiliki keramat dantingkat ibadahnya sudah mencapai tingkatan yang tinggi.Pada akhir munajat-nya ada bisikan suara , "Wahai Abu al-Hasan turunlah danbergaul-lah bersama orang-orang, maka mereka akan dapat mengambil manfaat
www.tris.co.nr
3

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Didik Anika Dedy Arifin added this note|
makasih mas..
Abde Firmansyah liked this
Akirarika Rika liked this
Bung Koko liked this
jhon123# liked this
najech99 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->