Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
30Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Bimbingan Konseling

Program Bimbingan Konseling

Ratings: (0)|Views: 4,608|Likes:
Published by Maulid Muhammad

More info:

Published by: Maulid Muhammad on May 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/30/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.RasionalProgram layanan Bimbingan dan Konseling merupakansuatu sistematika dan prosedur kerja yang memuat arah,sasaran tujuan serta ruang lingkup pelaksanaan. Programpelaksanaan Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 1 Bakungdisusun sebagai upaya memperjelas dan mempermudah dalampencapaian tujuan yang telah menjadi keputusan ataukesepakatan bersama dalam rangka mencapai tujuan pendidikanpada umumnya.Adapun yang melatarbelakangi penyusunan program kerjapelayanan Bimbingn dan Konseling SMP Negeri 1 Bakung iniantara lain:
1.
Tuntutan KTSP
2.
Program sekolah
3.
Analisa kebutuhan nyata siswa
4.
Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling
5.
Kebijakan pemerintah yang berhubungan denganpendidikanB.Visi dan Misi Bimbingan Konseling
a.Vis
Visi pelayanan konseling adalah terwujudnya kehidupankemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianyapelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangandan pengentasan masalah agar peserta didik berkembangsecara optimal, mandiri dan bahagia.
b.Mis
1)
Misi pendidikan
, yaitu memfasilitasi pengembanganpeserta didik melalui pembentukan perilaku afektif-normatidalam kehidupan keseharian dan masa depan
2)
 
Misi pengembangan
, yaitu memfasilitasipengembangan potensi dan kompetensi peserta didik didalam lingkungan sekolah/madrasah, keluarga danmasyarakat.
 
3)
Misi pengentasan
masalah, yaitu memfasilitasipengentasan masalah peserta didik mengacu pada kehidupanefektif sehari-hariC.Tujuan Bimbingan dan Konseling1. Tujuan bimbingan dan konseling disekolah secara umumadalah :a.Membantu fungsi dan peran kepala sekolah, staguru, staf tata usaha, dalam pelayanan siswa baik secarakelompok maupun secara pribadi, sehingga pelaksanaanKBM berjalan aman, tertib dan lancar.b.Memandirikan peserta didik dan mengembangkanpotensi siswa secara optimal.2.Tujuan bimbingan dan konseling disekolah secara khusus adalah :Tercapainya perkembangan siswa sesuai dengankompetensidasar yang dimiliki dengan mengembangkan tugasperkembangan.”
BAB IIPELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING
A.Tugas tugas Perkembangan siswa SMPArah pelayanan konseling dalam mencapai visi dan misi diatas didasarkan pada pemenuhan tugas-tugas perkembanganpeserta didik SMP/MTs, yaitu:
a.
Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang berimandanbertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.b.Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif sertadinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi padadiri sendiri untuk kehidupan yang sehat.c.Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebayadalam peranannya sebagai pria atau wanita.d.Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapatditerima dalam kehidupan yang lebih luas.e.Mengenal kemampuan, bakat, dan minat serta arahkecenderungan karir dan apresiasi seni.f.Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untukmengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkankarir serta berperan dalam kehidupan di masyarakat.g.Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentangkehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi.h.Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidupsebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga negara.
 
B.Bidang Pelayanan Konseling 
a.
Pengembangan kehidupan pribadi
, yaitu bidang pelayanan yangmembantu peserta didik dalam memahami, menilai, danmengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat,serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dankebutuhan dirinya secara realistik.b.
Pengembangan kehidupan sosial
, yaitu bidang pelayanan yangmembantu peserta didik dalam memahami dan menilai sertamengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat danefektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan wargalingkungan sosial yang lebih luas.c.
Pengembangan kemampuan belajar 
, yaitu bidang pelayananyang membantu peserta didik mengembangkan kemampuanbelajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasahdan belajar secara mandiri.d.
Pengembangan karir 
, yaitu bidang pelayanan yang membantupeserta didik dalam memahami dan menilai informasi, sertamemilih dan mengambil keputusan karir.C.
Fungsi Konseling
a.
Pemahaman
, yaitu fungsi untuk membantu peserta didikmemahami diri dan lingkungannya.
b.
Pencegahan
, yaitu fungsi untuk membantu peserta didikmampu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagaipermasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya.
c.
Pengentasan
, yaitu fungsi untuk membantu peserta didikmengatasi masalah yang dialaminya.
d.
Pemeliharaan dan pengembangan
, yaitu fungsi untukmembantu peserta didik memelihara dan menumbuh-kembangkan berbagai potensi dan kondisi positif yangdimilikinya.
e.
 Advokasi
, yaitu fungsi untuk membantu peserta didikmemperoleh pembelaan atas hak dan atau kepentingannyayang kurang mendapat perhatian.
D
.
Prinsip dan Asas Konseling
 
a.
Prinsip-prinsip
konseling berkenaan dengan sasaran layanan,permasalahan yang dialami peserta didik, program pelayanan,serta tujuan dan pelaksanaan pelayanan.b.
 Asas-asas
konseling meliputi asas kerahasiaan, kesukarelaan,keterbukaan, kegiatan, kemandirian, kekinian, kedinamisan,keterpaduan, kenormatifan, keahlian, alih tangan kasus, dantut wuri handayani.

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Qotrun Nada liked this
Idha Dhaya liked this
Supi Ono liked this
Mutmainna Ikbal liked this
Senjaya Net liked this
Vina Anggraini liked this
Intan Komala liked this
sanigokil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->