Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
102Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Referat Tumbuh Kembang Anak Usia 1-5 Tahun Scribd

Referat Tumbuh Kembang Anak Usia 1-5 Tahun Scribd

Ratings: (0)|Views: 5,532 |Likes:
Published by Dr. Mantap
KALO COCOK. . .
Butuh DAFTAR PUSTAKANYA ??? (teksbook lho...)
Disertai DAFTAR ISI. . .
SMS ja di 02291339839
Atau jokimakalah@yahoo.com

(UCAPAN TERIMAKASIH DISESUAIKAN DENGAN PENAWARAN ANDA PERTAMA KALI, TENANG AJA JANGAN TAKUT MAHAL.. ALA KADARNYA AJA KOK.. SAYA GAK MURNI JUALAN KOK, KONTAK JA DULU VIA EMAIL ATAU SMS JA)
KLO MINTA DIBUATIN JUGA BOLEH, TENTU HARGANYA BEDA,he3. . .

Salam TS
Dari Dr. Mantap si joki makalah
KALO COCOK. . .
Butuh DAFTAR PUSTAKANYA ??? (teksbook lho...)
Disertai DAFTAR ISI. . .
SMS ja di 02291339839
Atau jokimakalah@yahoo.com

(UCAPAN TERIMAKASIH DISESUAIKAN DENGAN PENAWARAN ANDA PERTAMA KALI, TENANG AJA JANGAN TAKUT MAHAL.. ALA KADARNYA AJA KOK.. SAYA GAK MURNI JUALAN KOK, KONTAK JA DULU VIA EMAIL ATAU SMS JA)
KLO MINTA DIBUATIN JUGA BOLEH, TENTU HARGANYA BEDA,he3. . .

Salam TS
Dari Dr. Mantap si joki makalah

More info:

Published by: Dr. Mantap on May 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
REFERATTUMBUH KEMBANG ANAK USIA 1-5 TAHUN
Oleh
Pembimbing :
BAGIAN ILMU PENYAKIT ANAK FAKULTAS KEDOKTERANBANDUNG2009
BAB I
1
 
PENDAHULUAN
Anak memiliki suatu ciri yang khas yaitu selalu tumbuh dan berkembang sejak konsepsi sampai berakhirnya masa remaja. Hal ini yang membedakan anak dengandewasa. Anak bukan dewasa kecil. Anak menunjukkan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usianya.
7
Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Karena padamasa ini pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangananak selanjutnya. Pada masa ini perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas,kesadaran sosial, kesadaran emosional dan inteligensia berjalan sangat cepat.Perkembangan psiko-sosial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosial diusahakansesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangan.
4
Pada usia
Toddler 
dan prasekolah anak mengalami lompatan kemajuan yangmenakjubkan. Tidak hanya kemajuan fisik tetapi juga secara sosial dan emosional. Padaanak usia toddler, seorang anak dapat sangat senang, sibuk, bahkan gusar.Psikososialnya berkembang pesat, sedangkan pertumbuhan fisiknya melambat. Anak usia pra sekolah merupakan periode ajaib mendapatkan pengalaman dari aktivitas danrasa ingin tahu, sehingga membutuhkan perhatian orang tua yang besar.
8
,
13
Pada referat ini, akan dibahas tentang pertumbuhan dan perkembangan anak sejak usia 1 tahun sampai 5 tahun atau usia
Toddler 
dan anak usia prasekolah. Referatini dibuat bertujuan supaya para pembaca mengetahui, mengenali dan memahamitumbuh kembang anak yang normal sejak usia 1 tahun sampai 5 tahun yang dapatdiaplikasikan dalam praktek sehari-hari.
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
2
 
2.1 Definisi
Menurut kamus kedokteran Dorland, pertumbuhan ialah proses normal pertambahan ukuran organisme sebagai akibat pertambahan jaringan pada yang telahada sebelumnya. Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bias diukur dengan ukuran berat (gram, kilogram), ukuran panjang (cm, meter) umur tulang dankeseimbangan metabolic (retensi kalsium dan nitrogen tubuh). Menurut PedomanDiagnosis Ilmu Kesehatan Anak batasan dari pertumbuhan adalah setiap perubahan daritubuh yang berhubungan dengan bertambahnya ukuran tubuh baik fisik (anatomis)maupun struktural dalam arti sebagian atau menyeluruh.
4,6,12
Menurut kamus kedokteran Dorland, perkembangan ialah proses pertumbuhandan diferensiasi. Definisi lain dari perkembangan ialah bertambahnya kemampuan(
 skill 
) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dandapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Istilah Perkembangan meliputi pertumbuhan fisik, maupun pematangan fungsi, emosi dan perilaku sosial. MenurutPedoman Diagnosis Ilmu Kesehatan Anak batasan dari perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (
 skill 
), struktur, dan fungsi tubuh yang lebih kompleks.
4,6,12
Bila berbicara tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun maka ada dua tahapan masayang harus dilalui yaitu:1. Toddler : umur 1 s/d 3 tahun
13
2. Preschool : umur 3 s/d 5 tahun
8
2.2 Tumbuh Kembang Usia 12 – 18 Bulan2.2.1 Perkembangan Fisik 
Tingkat pertumbuhan lebih lambat pada umur tahun ke dua dan nafsu makanmenurun. “Lemak bayi” dibakar oleh gerakan yang bertambah, lumbar lordosis berlebihan membuat perut menonjol. Pertumbuhan otak, disertai mielinisasi yang berlanjut, menghasilkan penambahan lingkar kepala lebih dari 2 cm dalam 1 tahun.
1
Sebagian besar anak mulai berjalan sendiri mendekati usia satu tahun, sebagianlagi tidak dapat berjalan sampai usia 15 bulan. Bayi yang sangat aktif dan beranicenderung berjalan lebih awal, bayi kurang aktif, lebih penakut dan yang terikat denganmenyelidiki obyek-obyek secara terperinci barjalan lebih lambat. Berjalan lebih awaltidak berkaitan dengan perkembangan di bidang-bidang lain.
1
3

Activity (102)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
kirana 5451 liked this
vic zhou liked this
muhammadrony liked this
adiosperniti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->