Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Implementasi Kebijakan PP Penyiaran

Makalah Implementasi Kebijakan PP Penyiaran

Ratings: (0)|Views: 1,464 |Likes:
Published by hexaluna
Makalah ini berisi tentang pembahasan mengenai Implementasi Kebijakan PP Penyiaran
Penting sekali buat dibaca, supaya teman2 tahu apa sebenarnya penyebab kemunduran bangsa ini...
Makalah ini berisi tentang pembahasan mengenai Implementasi Kebijakan PP Penyiaran
Penting sekali buat dibaca, supaya teman2 tahu apa sebenarnya penyebab kemunduran bangsa ini...

More info:

Published by: hexaluna on May 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANLatar Belakang
Sudah lebih dari satu dekade televisi swasta hadir di Indonesia. Dan dalam perjalanan waktu tersebut, industri televisi tumbuh berkembang dengan sangat pesat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, jika sebelumnya lebih banyak aturan datang dari pemerintah, maka saat ini peranan pemerintah semakinmengecil dalam pengawasan siaran televisi.Periklanan sebagai salah satu sarana penerangan dan sarana pemasaran,memegang peranan penting di dalam pembangunan yang dilaksanakan bangsaIndonesia. Sebagai sarana penerangan dan pemasaran, periklanan merupakan bagian dari kehidupan media komunikasi yang vital perkembangan dunia usahaserta harus berfungsi menunjang pembangunan.Oleh karena itu, kami dari kelompok 5 akan membahas mengenai
 Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 50 tahun 2005tentang ”Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Swasta”.
-
Pentingnya Mengatur Media Penyiaran
Sebelum masuk membahas kebijakan tentang penyiaran ini, kami inginmemaparkan beberapa fakta penting yang perlu diketahui tentang media penyiaran ini –khususnya televisi- dalam hal pengaruhnya terhadap kehidupanmasyarakat, agar kita semua menjadi paham mengapa kita perlu untuk memberi perhatian khusus terhadap isi siaran dari “kotak ajaib” ini, fakta-fakta tersebutadalah :
1.
Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh American PsichologicalAssociation (APA) pada tahun 1995 mengungkapkan bahwa tayanganyang bermutu akan mempengaruhi seseorang untuk berperilaku baik.
1
 
Sedangkan tayangan yang kurang bermutu akan mendorong seseoranguntuk berperilaku buruk.
2.
Dalam sebuah penelitian terhadap anak dari kelas lima SD (SekolahDasar) di Jakarta dan Bandung menunjukkan bahwa rata-rata anak menonton TV selama 3,5 jam dan mencapai 5 jam pada hari libur. Artinya,anak menonton TV selama 1.600 jam dalam setahun, dan ini tidasebanding dgn waktu belajar dlm kelas yg dlm setahun 740 jam
3.
Radiasi televisi berpotensi menurunkan frekuensi otak, terlebih karena pada saat menonton televisi otak lebih sering berada dalam keadaan pasif.
4.
Di amerika dan beberapa Negara lain, televisi sering dijadikan sebagaisarana propaganda politis.
5.
“Kidia” mencatat bahwa pada 2004 acara untuk anak yang aman hanyasekitar 15% saja. Oleh karena itu harus betul-betul diseleksi.6.Saat ini jumlah acara TV untuk anak usia prasekolah dan sekolah dasar  perminggu sekitar 80 judul ditayangkan dalam 300 kali penayanganselama 170 jam. Padahal dalam seminggu ada 24 jam x 7 = 168 jam! Jadi,selain sudah sangat berlebihan, acara untuk anak juga banyak yang tidak aman.
7.
Dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia menyebutkan bahwa dampak negative televisi adalah berpengaruh terhadap perkembangan otak,mendorong anak menjadi konsumtif, berpengaruh terhadap Sikap,mengurangi semangat belajar, membentuk pola pikir sederhana,mengurangi konsentrasi, mengurangi kreativitas, meningkatkankemungkinan obesitas (kegemukan), merenggangkan hubungan antar anggota keluarga, matang secara seksual lebih cepat. bahkan situs inimengusulkan kehidupan tanpa TV.Dari fakta tersebut dapat dilihat –utamanya pada poin 1- bahwa televisi pada dasarnya memiliki potensi pemanfaatan yang sangat besar, utamanya dalammembentuk karakter masyarakat. Jika yang disiarkan di televisi adalah kebaikan,maka masyarakatpun akan baik insya ALLAH. Namun jika yang ditampilkanadalah hal negatif, maka masyarakat pun akan cenderung berkarakter negatif.Oleh karena itu kami mencoba “melihat” apa yang telah pemerintah –sebagai
2
 
 pelindung masyarakat- lakukan dalam menyikapi hal ini dengan mengkajikebijakan yang telah mereka tetapkan serta implementasinya.
3

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ANtyzz JmeLo liked this
Fandi Viss added this note
sippppp, membantu dlm tugas kuliah nie
Fajri Anshori added this note
tegakkan kemandirian bangsa
Fajri Anshori liked this
Dina Awwe liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->