P. 1
Bioteknologi

Bioteknologi

Ratings: (0)|Views: 1,484|Likes:
Published by chatelleya
Macam bioteknologi
Macam bioteknologi

More info:

Published by: chatelleya on May 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2013

pdf

text

original

 
Bioteknologi
Bioteknologi
adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhlukhidup (bakteri,fungi,virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim,alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari padabiologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, sepertibiokimia,komputer,biologi molekular,mikrobiologi,genetika,kimia,matematika, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yangmenggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuantahun yang lalu. Sebagai contoh, di bidangteknologi panganadalahpembuatanbir,roti, maupunkejuyang sudah dikenal sejak abad ke-19, pemuliaan tanamanuntuk menghasilkanvarietas-varietas baru di bidang pertanian, sertapemuliaan dan reproduksi hewan. Di bidangmedis, penerapan bioteknologi di masa lalu dibuktikan antara lain denganpenemuanvaksin,antibiotik, daninsulinwalaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat prosesfermentasiyang tidak sempurna. Perubahan signifikanterjadi setelah penemuanbioreaktorolehLouis Pasteur. Dengan alat ini, produksi antibiotik maupun vaksin dapat dilakukan secara massal.Pada masa ini, bioteknologi berkembang sangat pesat, terutama di negaranegara maju. Kemajuan ini ditandai dengan ditemukannya berbagai macamteknologi semisalrekayasa genetika,kultur jaringan, rekombinanDNA, pengembangbiakansel induk,kloning, dan lain-lain. Teknologi ini memungkinkan kita untuk memperoleh penyembuhan penyakit-penyakitgenetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, sepertikanker ataupunAIDS. Penelitian di bidang pengembangan sel induk jugamemungkinkan para penderita
ataupun penyakit lain yangmengakibatkan kehilangan atau kerusakan pada jaringan tubuh dapatsembuh seperti sediakala. Di bidangpangan, dengan menggunakan teknologirekayasa genetika, kultur jaringan dan rekombinan DNA, dapat dihasilkantanaman dengan sifat dan produk unggul karena mengandung zatgiziyanglebih jika dibandingkan tanaman biasa, serta juga lebih tahan terhadap hamamaupun tekanan lingkungan. Penerapan bioteknologi di masa ini juga dapatdijumpai pada pelestarianlingkungan hidupdaripolusi. Sebagai contoh, pada penguraianminyak bumiyang tertumpah ke laut oleh bakteri, danpenguraian zat-zat yang bersifat toksik (racun) di sungai atau laut denganmenggunakan bakteri jenis baru.Kemajuan di bidang bioteknologi tak lepas dari berbagai kontroversi yangmelingkupi perkembangan teknologinya. Sebagai contoh, teknologikloning danrekayasa genetikaterhadap tanaman pangan mendapat kecaman daribermacam-macam golongan.
Garis waktu bioteknologi
 
8000 SM Pengumpulanbenihuntuk ditanam kembali. Bukti bahwabangsaBabilonia,Mesir, danRomawimelakukan praktik pengembangbiakan selektif (seleksi artifisal)untuk meningkatkan kualitasternak.
6000 SM Pembuatanbir,fermentasi anggur, membuatroti, membuat tempe dengan bantuanragi
4000 SM Bangsa Tionghoa membuatyogurtdankejudengan bakteri asam laktat
1500 Pengumpulan tumbuhan di seluruh dunia
1665 Penemuan sel oleh Robert Hooke(Inggris) melalui mikroskop.
1800Nikolai I. Vavilovmenciptakan penelitian komprehensif tentangpengembangbiakan hewan
1880Mikroorganisme ditemukan
1856Gregor Mendelmengawali genetika tumbuhan rekombinan
1865 Gregor Mendel menemukan hukum hukum dalam penyampaiansifat induk ke turunannya.
1919Karl Ereky, insinyur Hongaria, pertama menggunakan katabioteknologi
1970 Peneliti di AS berhasil menemukan enzim pembatas yangdigunakan untuk memotong gen gen
1975 Metode produksiantibodi monoklonaldikembangkan oleh Kohlerdan Milstein
1978 Para peneliti di AS berhasil membuat insulin denganmenggunakan bakteri yang terdapat pada usus besar
1980Bioteknologi modern dicirikan olehteknologi DNA rekombinan. Modelprokariot-nya,E. coli, digunakan untuk memproduksi insulin dan obat lain, dalam bentuk manusia. Sekitar 5% pengidap diabetes alergiterhadap insulin hewan yang sebelumnya tersedia)
1992FDA menyetujui makanan GM pertama dariCalgene: tomat "flavor saver"
 
Kedelai
 
Kedelai
 
Kerajaan:PlantaeFilum:MagnoliophytaKelas:MagnoliopsidaOrdo:FabalesFamili:FabaceaeSubfamili:FaboideaeGenus:
Spesies
Glycine max Glycine soja
Biji kedelai
Kedelai
atau
kacang kedelai
adalah salah satu tanaman polong-polonganyang menjadi bahan dasar banyak makanan Timur Jauhsepertikecap,tahu  dantempe. Kedelai yang dibudidayakan sebenarnya terdiri dari paling tidakduaspesies:
Glycine max 
(disebut
kedelai putih
, yang bijinya bisa berwarnakuning, agak putih, atau hijau) dan
Glycine soja
(
kedelai hitam
, berbijihitam).
G. max 
merupakan tanaman asli daerahAsiasubtropik seperti Tiongkokdan Jepangselatan, sementara
G. soja
merupakan tanaman asliAsiatropis diAsia Tenggara. Kedelai merupakan sumber utamaproteinnabati danminyak nabatidunia. Penghasil kedelai utama dunia adalahAmerika Serikatmeskipun kedelaipraktis baru dibudidayakan masyarakat di luarAsiasetelah 1910.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sia Mee Mee liked this
Ikhbar Falah liked this
Echte Prinzessin liked this
Yoel Linggo liked this
Indah Widyastuti liked this
Maria Devitha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->