Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
25Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Glosarium Pendidikan

Glosarium Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 4,205|Likes:
Published by Amino Akiko
berisi gLosarium pendidikan
(Anitya Santri R. Hrp)
berisi gLosarium pendidikan
(Anitya Santri R. Hrp)

More info:

Published by: Amino Akiko on May 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/06/2013

pdf

text

original

 
GLOSARIUM PENDIDIKAN
1.
Pendidikan
adalah prosses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataukelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.2.
Akademis
adalah bersifat ilmiah; bersifat ilmu pengetahuan; bersifat teori,tanpa arti praktis yang langsung: mengenai (berhubungan dengan) akademi.3.
Akreditasi
adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikanoleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhisyarat kebakuan atau kriteria tertentu, pengakuan oleh suatu jawatan tentangadanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya.4.
Kurikulum
adalah perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan, perangkat mata kuliah mengenai bidang keahlian khusus.5.
Penilaian
adalah proses, cara, perbuatan menilai; pemberian nilai (biji, kadar mutu, harga)6.
Prestasi
adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan,dikerjakan, dsb).7.
Beban belajar
dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatapmuka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk mencapai standar kompetensi lulusan serta kemampuan lainnya denganmemperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.8.
Badan Standar Nasional Pendidikan
yang disingkat BSNP adalah badanmandiri dan independen yang bertugas mengembangkan, mamantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan.9.
Bulan efektif belajar
adalah jumlah bulan kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun ajaran pada setiap satuan pendidikan.10.
Standar nasional pendidikan
adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.11.
Standar isi
adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yangdituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahankajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harusdipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.12.
Analisis
adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan,dsb) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk  perkaranya, dsb), penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya, pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.13.
Abstrak 
adalah tidak berwujud; tidak berbentuk, ikhtisar (karangan, laporan,dsb); ringkasan; inti.14.
Tes
adalah ujian tertulis, lisan, atau wawancara untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, bakat, dan kepribadian seseorang.15.
Pendekatan
adalah usaha dalam rangka aktivitas penelitian untumengadakan hubungan dengan orang yang diteliti, metode untuk mencapai pengertian tentang masalah penelitian; acangan.1
 
16.
Metode
adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapaitujuan yang ditentukan.17.
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikantertentu.18.
Kerangka dasar kurikulum
adalah rambu-rambu yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar  Nasional Pendidikan untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulumtingkat satuan pendidikan dan silabusnya pada setiap satuan pendidikan.19.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan
adalah kurikulum operasional yangdisusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.20.
Peserta didik 
adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.21.
Kompetensi
adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secarakonsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yangdimiliki oleh peserta didik.22.
Desain Penelitian
adalah kerangka bentuk / rancangan penelitian.23.
Uji
adalah percobaan untuk mengetahui mutu sesuatu (ketulenan, kecakapanketahanan, dsb).24.
Ujian
adalah hasil menguji; hasil memeriksa, cobaan.25.
Nilai
adalah angka kepandaian; biji; ponten, sesuatu yang menyempurnakanmanusia sesuai dengan hakikatnya.26.
Kriteria
: ukuran yang menjadi dasar penilaian atau penetapan sesuatu.27.
Pendidikan
adalah investasi jangka panjang, karena hasil dari proses pendidikan akan dirasakan baik untuk saat ini maupun untuk waktu yang akandatang.28.
Prestasi
adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan,dikerjakan, dsb).29.
Variabel
adalah sesuatu yang dapat berubah; faktor atau unsur yang ikutmenentukan perubahan.30.
Teori
adalah pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan,didukung oleh data dan argumentasi, penyelidikan eksperimental yang mampumenghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi.31.
Rancangan
adalah sesuatu yang sudah dirancang; hasil merancang; rencana; program; desain.32.
Standar Kelulusan
adalah ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokanuntuk mencapai kelulusan.33.
Standar Kompetensi Lulusan
adalah kualifikasi kemampuan lulusan yangmencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; Standar KompetensiLulusan meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruhkelompok mata pelajaran.2
 
34.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
adalah kualifikasikemampuan minimal peserta didik pada setiap kelompok mata pelajaran yangmencakup kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetikadan jasmani, olahraga dan kesehatan.35.
Standar Kompetensi Mata Pelajaran
adalah kualifikasi kemampuanminimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan,dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atausemester untuk mata pelajaran tertentu.36.
Standar Kompetensi
adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yangdiharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester; standar kompetensiterdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapaidan berlaku secara nasional.37.
Kompetensi Dasar
merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusunindikator kompetensi.38.
Beban belajar
dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatapmuka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk mencapai standar kompetensi lulusan serta kemampuan lainnya denganmemperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.39.
Kegiatan tatap muka
adalah kegiatan pembelajaran yang berupa prosesinteraksi antara peserta didik, materi pembelajaran, pendidik dan lingkungan.40.
Waktu belajar efekti
adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu,meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.41.
Penugasan terstruktur
adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang didesain oleh pendidik untuk menunjang pencapaian tingkat kompetensi dan ataukemampuan lainnya pada kegiatan tatap muka. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik. Penugasan terstruktur termasuk kegiatan perbaikan, pengayaan, dan percepatan42.
Kegiatan mandiri tidak terstruktur
adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang didesain oleh pendidik untuk menunjang pencapaian tingkat kompetensi mata pelajaran ataulintas mata pelajaran atau kemampuan lainnya yang waktu penyelesaiannyadiatur sendiri oleh peserta didik.43.
Evaluasi kontek 
adalah evaluasi yang diadakan untuk menghasilkaninformasi yang diperlukan dalam perecanaan program,khususnya dalam penetuan tujuan dan program kuriklum diklat.44.
Evaluasi masukan
adalah evaluasi yang diadakan untuk menghasilkaninformasi yang diperlukan dalam penyiapan dan perbaikan peralatan pendidikan yang meliputi bahan ajar,sarana / alat penunjang media pengajaranstap pengajar,dan sebagainya.3

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fajrin Rolla liked this
Soviy Isshu liked this
Ianz Oboy liked this
Devita Juniaty liked this
usamah irham liked this
usamah irham liked this
Za Maney liked this
Fachrie D'booRo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->