Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
91Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
guna dan akibat zat aditif

guna dan akibat zat aditif

Ratings: (0)|Views: 7,422 |Likes:
Published by padmanaba
mengenal lebih jauh tentang zat aditif
mengenal lebih jauh tentang zat aditif

More info:

Published by: padmanaba on May 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2013

pdf

text

original

 
Pengantar
Siapa yang tak tahu mi instan? Hampir semua orang pernah menyantap lezatnya miinsatan yang lebih akrab disebut dengan ‘indomie’. Rasanya yang nikmat, harga yangterjangkau, cara masak yang mudah dan praktis, menjadi daya tarik tersendiri bagi calonkonsumen untuk membeli. Di tengah era yang menuntut kepraktisan, mengonsumsi mi danmakanan ‘fast food’ lain seolah telah menjadi kebiasaan di masyarakat. Banyak dari mereka beranggapan, makanan-makanan yang mereka konsumsi itu tak akan membahayakankesehatan mereka. Masyarakat bukan tak mengetahui, kalau sepersekian dari makanan yangmereka konsumsi adalah bahan pengawet, pemanis, pengental dan sebagainya. Yang menjadimasalah, bahan-bahan yang ditambahkan tidak sepenuhnya aman bagi kesehatan mereka.Segala resiko kesehatan bisa konsumen dapatkan dari kelalaian mereka dalam mengatur danmenyeimbangakan gizi yang mereka santap tiap harinya.Bahan-bahan tambahan yang lazim disebut dengan zat aditif. Penambahan zat aditif dalammakananberdasarkan pertimbangan agar mutu dan kestabilanmakanan tetap terjaga dan untuk mempertahankan nilai gizi yang mungkin rusak atau hilang selama proses pengolahan.Pada awalnya zat-zat aditif tersebut berasal dari bahan tumbuh-tumbuhan yangselanjutnya disebut zat aditif alami. Umumnya zat aditif alami tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan manusia. Akan tetapi, jumlah penduduk bumi yangmakin bertambah menuntut jumlah makanan yang lebih besar sehingga zat aditif alami tidak mencukupi lagi. Oleh karena itu, industri makanan memproduksi makanan yang memakaizataditif   buatan(sintesis). Bahan baku pembuatannya adalah dari zat-zat kimia yang kemudian direaksikan.Zat aditif sintesis yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek sampingmisalnya: gatal-gatal, dan kanker.
Macam-macam Zat Aditif 
Zat Pewarna
Adalah bahan yang dapat memberi warna padamakanan, sehinggamakanantersebut lebih menarik.Contoh pewarna alami:a.Anato (orange)b.Karamel (cokelat hitam)c.Beta karoten (kuning)d.Klorofil (hijau)Contoh pewarna sintetik:a.Biru berlian (biru)b.Coklat HT (coklat)c.Eritrosit (merah)d.Hijau FCF (hijau)
Penyedap rasa dan aroma serta penguat rasa
Zat aditif ini dapat memberikan, menambah, mempertegas rasa danaromamakanan.Contoh:
ISOAMIL ASETAT
Macam, kegunaan serta dampak buruk dari zat aditifPage 1
 
a) Rumus Struktur dan MolekulRumus strukturRumus molekul: C
7
H
14
O
2
b) PembuatanIsoamil asetat merupakan ester yang dibentuk dari reaksi antara isoamilalkoholdan asam asetat dengan katalis asam sulfat. Asam ini dinetralkan, diekstrak,danhasilnya dicuci dan kemudian didistilasi. Reaksi tersebut dapat dijelaskansebagai berikut:Penggunaan _ Isoamil asetat dalam etanol digunakan sebagai perasa buatan. _ Isoamil asetat juga digunakan dalam test efectivitas dari transpiratorkarenazat ini mempunyai bau yang tajam yang tidak umum eksperiment sebagaisesuatu yang tidak menyenangkan dapat mendeteksi rendahnya konsentrasi. _ Isoamil Asetat juga digunakan sebagai campuran dalam pernis dannitroselulosa pernis, ada dalam hormon feromon pada lebah madu. _ Isoamil asetat dapat digunakan untuk menarik sekelompok besar lebahmadu dalam lingkup kecil.
Penyedap rasa dan aroma (flavour)
Penyedap rasa dan aroma yang banyak digunakan berasal dari golonganester.Contoh: Isoamil asetat (rasa pisang), isoamil valerat (rasa apel), butilbutirat (rasa nanas), isobutil propionat (rasa rum)
Penguat rasa (flavour echancer)
Bahan penguat rasa atau penyedapmakananyang paling banyakdigunakan adalah MSG (Monosodium Glutamate) yang sehari-hari dikenaldengan nama vetsin atau micin.
Zat pemanis buatan
Bahan ini tidak atau hampir tidak mempunyai nilai gizi, contohnya sakarin(kemanisannya 500x gula), dulsin (kemanisannya 250x gula), dan natriumsiklamat (kemanisannya 50x gula) dan serbitol (kemanisannya samadengan gula).Contoh:
BUTIL BUTIRATa)Rumus molekul: C8H16O2
Macam, kegunaan serta dampak buruk dari zat aditifPage 2
 
b) PembuatanButil butirat merupakan komponen organik yang dibentuk dari kondensasiasam butirat dan butanol.c. PenggunaanDigunakan dalam pemanis buatan untuk membuat rasa manis buahterutama nanas. Ini juga terdapat dalam berbagai buah-buahan sepertiapel, pisang, dan strawberry.
Pengawet
Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat fermentasi, pengasamanatau penguraian lain terhadapmakananyang disebabkan olehmikroorganisme.Contoh bahan pengawet dan penggunaannya:a.Asam benzoat, natrium benzoat dan kalium benzoat, untukminuman ringan, kecap, acar ketimun dalam botol dan caos.b.Natrium nitrat (NaNo3), untuk daging olahan dan keju.c.Natrium nitrit (Na No2), untuk daging olahan, daging awetan dankornet kalangan.d.Asam propionate, untuk roti dan sediaan keju olahan.
Anti oksidan
Zat aditif ini dapat mencegah atau menghambat oksidasi.Contoh:a.Asam askorbat (bentukan garam kalium, natrium, dan kalium),digunakan pada daging olahan, kaldu, dan buah kalangan.b.Butil hidroksianisol (BHA), digunakan untuk lemak dan minyakmakanan
c.
Butil hidroksitoluen (BHT), digunakan untuklemak, minyak makan,margarin dan mentega. 
Pengemulsi, pemantap, dan pengental
Zat aditif ini dapat membantu pembentukan atau pemantapansistem dispersi yang homogen pada makanan.Contoh: agar-agar, gelatin, dan gom arab
Pemutih dan pematang tepung
Zat aditif ini dapat mempercepat proses pemutihan atau pematangantepung sehingga dapat memperbaiki mutu pemanggangan.Contoh: Asam askorbat, aseton peroksida, dan kalium bromat
Pengatur keasaman
Zat aditif ini dapat mengasamkan, menetralkan, dan mempertahankanderajat keasaman makanan. Contoh: asam asetat, aluminium amoniumsulfat, amonium bikarbonat, asam klorida, asam laktat, asam sitrat, asamtentrat, dan natrium bikarbonat
Anti kempal
Macam, kegunaan serta dampak buruk dari zat aditifPage 3

Activity (91)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rambu Ana liked this
Sigit Pambudi liked this
Brama S Perkasa liked this
Evi Hendriani liked this
Suryanisa Kaempe liked this
Dek Phanny liked this
Heru Harnadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->