Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
72Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Agroklimatologi Laporan Acara 1_revisi

Agroklimatologi Laporan Acara 1_revisi

Ratings: (0)|Views: 2,816 |Likes:
Published by Siska Dwi Carita
Siska Dwi Carita (A1H0009055)
Siska Dwi Carita (A1H0009055)

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Siska Dwi Carita on May 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

 
I. PENDAHULUANA. Latar Belakang
Dalam dunia pertanian, iklim sangat berpengaruh dalam tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman sehingga dibutuhkan data-data yang lengkap danakurat tentang iklim dan cuaca dari suatu wilayah. Beberapa faktor iklim yang penting adalah: temperatur, kelembaban udara, angin, sinar matahari, curah hujan danevaporasi. Untuk mengukur nilai dari beberapa faktor iklim tersebut diperlukan suatualat-alat pengukur klimatologi.Data-data yang lengkap dan akurat tersebut hanya bisa didapatkan dengancara melakukan pengamatan langsung. Tentu saja dibantu dengan beberapa alatmeteorologi yang mempunyai fungsi dan tugas tertentu. Dalam pelaksanaan pengambilan data dengan menggunakan alat khusus tentunya dibutuhkan suatukeahlian menggunakan alat gara data yang diambil lebih akurat dan valid.Alat-alat ini ditempatkan di suatu tempat tertentu yang memenuhi setiap persyaratan yang wajib dipenuhi dari alat-alat tersebut yang selanjutnya dapat kitaistilahkan sebagai stasiun klimatologi. Selanjutnya alat-alat ini akan bekerja mencatatsetiap data yang diperlukan seperti sebuah sistem yang terintegrasi dengan baik dalamsuatu periode tertentu .Dalam Praktikum yang pertama ini, akan dikenalkan berbagai macam alat-alatuntuk mengukur iklim/cuaca dengan harapan agar praktikan mengerti caramenggunakan alat tersebut untuk memperoleh hasil yang valid dan akurat.
B. Tujuan
 
1.
Mengetahui cara kerja peralatan unsur iklim/cuaca.
2.
Mengetahui pengamatan unsur iklim/cuaca.
3.
Mengetahui tata letak dan pemasangan peralatan ukur iklim/cuaca.
II. TINJAUAN PUSTAKA
 
Pengukuran dan pencatatan tentang iklim/cuaca yang penting dalam pertanianantara lain: curah hujan (jumlah dan intensitasnya), evaporasi (permukaan tanah dantanaman), radiasi matahari (lama penyinaran dan intensitas penyinaran matahari),kelembaban, suhu/temperature (udara dan tanah), dan angin (arah dan kecepatan).Untuk hal itu, dalam stasiun klimatologi bagi pertanian lazimnya mempunyai perlengkapan seperti: shelter, thermometer suhuminimum dan maksimum,thermometer bola basah dan bola kering, termohigrograf, penakar hujan(onmbrometer), anemometer, evaporimeter, solarimeter, sunshine duration record,dan thermometer tanah.Kebutuhan pokok stasiun klimatologi agar mendapatkan data yang benar diperlukan (Sudira, 1999) :1. Letak stasiun harus mewakili hubungan tanah, air dan ikum dimana datatersebut diperoleh.2. Masing-masing instrumen harus menghasilkan data-data meteorologi yang benar dan alat-alat tersebut tidak mudali rusak dan mudah dipelihara.3. Pembacaan alat mudah dilaksanakan dan mudah di catat.4. Pengamat cukup tersedia dan terlatih dengan balk serta bertempat tinggaltidak jauh dan stasiun klimatologi demi kelancaran pengamatan.Dalam pengamatan dan pengambilan data klimatologi yang perlu diperhatikankecuali peralatan, cara pengamatan/pencatatan, waktu pengamatan juga tataletak/layout alat-alat tersebut sehingga dapat mewakili kondisi fisik lingkungan.Sebuah stasiun klimatologi membutuhkan letak yang cukup luas, terbuka dengantaman alat di tengahnya. Syarat dasar taman alat yaitu (Anonim, 2008):1. Berada pada permukaan tanah yang datar dan rata serta tertutup rumput pendek yang sepenuhnya dipelihara.

Activity (72)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Abid Nu'man liked this
yrazzy liked this
Sipit Tantiana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->