Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
44Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ALAT PEMROSES KOMPUTER

ALAT PEMROSES KOMPUTER

Ratings: (0)|Views: 6,286 |Likes:
Published by ASMONI

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: ASMONI on May 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
ALAT PEMROSES
Alat Pemroses
adalah alat dimana instruksi instruksi programdiproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input danhasilnya akan ditampilkan di alat output. Alat Pemroses terdiri dari
CPU(Central Processing Unit), dan Main Memory.
1)
CPU
(Central
Processing
Unit)
Merupakan tempat pemrosesan instruksiinstruksi program.
Central Processing Unit 
jika diterjemahkan dalambahasa Indonesia berarti Unit Pusat Pengolah.Pada komputer mikro,processornya disebut dengan
Microprocessor 
.
CPU terdiri dari beberapa komponen penting, yaitu :
a)Processo
Microprocessor
atau biasadisebut dengan processor adalah otakyang mengatur kerja sebuah komputer.Artinya seluruh aktivitas sebuahkomputer dikontrol dan diperintah dariprocessor. Processor pertama kali diproduksi oleh Intel pada tahun1974. Adapun produsen processor komputer yang paling besar saatini adalah Intel dan AMD (Advanced Micro Device).
b)Motherboard / Mainboard 
Motherboard
atau biasa disingkatdengan MB, adalah sebuah papan sirkuitelektronik yang mempunyai slot – slot untukkomponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubung dansaling bekerja sama dengan baik. Beberapa produsen MB yangterkenal adalah ASUS, IWILL, Gigabyte, dan sebagainya.
c)RAM (Random Access Memory)
RAM
adalah memory utama sebuah PC. RAM digunakan untukmenyimpan data sementara dan mengeluarkan data yang diminta
http://munyengs.blogspot.comPage_ 1
 
oleh processor. Alur data yang disimpan dan dikeluarkan dari RAMsangat dinamis dan berkecepatan sangat tinggi.Pemilihan RAM disesuaikan dengan form factor darimotherboard yang akan digunakan. Demikian juga dengan speedRAM yang akan digunakan, harus disesuaikan dengan speed busmotherboard yang akan dipakai. Jika speednya berbeda, maka akantimbul masalah saat komputer dijalankan.RAM sendiri dijual berdasarkankapasitas penyimpanan datanya, mulaidari 4 MegaByte, 8 MB, 16 MB, 32 MB, 64MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB. Semakinbesar kapasitas simpannya, makin mahalharganya.
d)VGA (Video Graphics Array) Card 
Komponen lain pada unit sistem yang tidak kalah penting ialahVGA Card (kartu VGA). VGA card dibuat berupapapan sirkuit yang berisi chip yang berfungsisebagai perantara antara unit sistem denganlayar monitor sebagai media output. Tanpakomponen ini, informasi hasil pengolahan CPUtidak dapat ditampilkan pada monitor.
VGA Card
adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan datadata visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat olehpengguna. Sebenarnya komponen ini memiliki nama asli
graphicadapter 
. Namun karena berkembang standar baku yangdikembangkan oleh IBM, yaitu standar VGA, maka komponen inilebih dikenal dengan VGA Card.VGA Card beredar di pasaran berdasarkan kapasitas memoryinternal yang ada pada VGA card tersebut, mulai dari 16 MB, 32 MB,64 MB, dan 128 MB. Kapasitas ini terusberkembang seiring dengan perkembanganteknologi graphic adapter ini.
e)Hardisk Drive (HDD)
http://munyengs.blogspot.comPage_ 2
 
Hardisk merupakan komponen vital dalam sebuah PC karenapada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada di PCdisimpan.Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jikahardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagaitempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang5400 putaran permenit bahkan ada yang sampai 7200 putaran permenit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan olehbanyaknya data yang bisa disimpan.Hardisk dijual berdasarkan kapasitas dan kecepatan rotasi yangada. Semakin cepat putaran sebuah hardisk, semakin cepat datayang dapat ditransfernya. Kapasitas hardisk yang beredar di pasaranmulai dari dibawah 800 MB, 1 GB, 4 GB, 8 GB, 10 GB, 20 GB, 30 GB,dan sebagainya. eknologi terbaru memungkinkan sebuah hardiskmampu menyimpan data sampai dengan 500 GB.
f)Floppy Disk Drive (FDD)
Floppy Disk Drive
atau yang lebih dikenaldengan FDD adalah alat untuk membaca danmenuliskan data yang tersimpan di sebuahfloppy disk (disket).Pada awalnya, FDD muncul dengan ukuran yang besar yaitu5.25” mengikuti ukuran disket yang saat itu sedang beredar. Namunsaat ini yang masih bertahan adalah FDD yang berukuran 3.5”.Untuk pasar Indonesia banyak beredar FDD dengan merk Panasonic.
g)CDROM / DVDROM Drive
CDROM atau DVDROM drive
adalah alat untuk membaca datadari media CD atau DVD. Karenabersifat ROM (Read Only Memory),alat ini hanya mampu membacadata saja. Namun akhir akhir ini
http://munyengs.blogspot.comPage_ 3

Activity (44)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rizal Depoyster liked this
Sahroni Muamal liked this
Yeksa Diningrat liked this
Wahidi Astuti liked this
M MV liked this
Deni Ramdani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->