Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penduduk Dan Pengangguran Laporan

Penduduk Dan Pengangguran Laporan

Ratings: (0)|Views: 1,796 |Likes:
Published by hila
ne tulisan, tulisan teman juga, baru ja dia datang dan ngeprint ne tulisan, dan akhirnya minta izin deh untuk aplod, eh tak taunya di kasih untuk aplod, silahkan di COPAS bro.. masukin nama penulis, semoga bermanfaat :)
ne tulisan, tulisan teman juga, baru ja dia datang dan ngeprint ne tulisan, dan akhirnya minta izin deh untuk aplod, eh tak taunya di kasih untuk aplod, silahkan di COPAS bro.. masukin nama penulis, semoga bermanfaat :)

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: hila on May 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

 
PENDUDUK DAN PENGANGGURAN YANG ADA DI NUSA TENGGARABARAT (NTB)1.PENDAHULUANA.Latar Belakang
Masalah pengangguran telah menjadi momok yang begitu menakutkankhususnya di `negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Negara berkembang seringkali dihadapkan dengan besarnya angka pengangguran karenasempitnya lapangan pekerjaan dan besarnya jumlah penduduk. Berdasarkan pengamatan penulis yang didapatkan dari segala sumber. Sempitnya lapangan pekerjaan dikarenakan karena faktor kelangkaan modal untuk berinvestasi.Masalah pengangguran itu sendiri tidak hanya terjadi di negara-negara berkembang namun juga dialami oleh negara-negara maju. Namun masalah pengangguran di negara-negara maju jauh lebih mudah terselesaikan dari pada dinegara-negara berkembang karena hanya berkaitan dengan pasang surutnya business cycle dan bukannya karena faktor kelangkaan investasi, masalah ledakan penduduk,ataupun masalah sosial politik di negara tersebut. Melalui artikel inilah penulis mencoba untuk mengangkat masalah pengangguran dengan segaladampaknya di Indonesia yang menurut pengamatan saya sudah semakinmemprihatinkan terutama ketika negara kita terkena imbas dari krisis ekonomisejak tahun 1997 hingga tahun 2008. Penulis mengambil data pada tahun 2008untuk dijadikan artikel berdasarkan data dari sumber-sumber yang ada.Tingginya angka pengangguran, masalah ledakan penduduk, distribusi pendapatan yang tidak merata, dan berbagai permasalahan lainnya di negara kitamenjadi salah satu faktor utama rendahnya taraf hidup para penduduk di negarakita. Namun yang menjadi manifestasi utama sekaligus faktor penyebabrendahnya taraf hidup di negara-negara berkembang adalah terbatasnya penyerapan sumber daya, termasuk Sumber Daya Manusia. Jika dibandingkandengan negara-negara maju, pemanfaatan sumber daya yang dilakukan olehnegara-negara berkembang relatif lebih rendah daripada yang dilakukan di negara-negara maju karena buruknya efisiensi dan efektivitas dari penggunaan sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.1
 
Tingginya angka penganggur berpotensi menimbulkan kerawanan berbagai kriminal dan gejolak sosial,politik dan kemiskinan.Selain itu, pengangguran juga merupakan pemborosan yang luar biasa.Setiap orang harusmengkonsumsi beras, gula, minyak, pakaian, energi listrik, sepatu, jasa dansebagainya setiap hari, tapi mereka tidak mempunyai penghasilan. Bisa kita bayangkan berapa ton beras dan kebutuhan lainnya harus disubsidi setiap harinya.Salah satu faktor yang mengakibatkan tingginya angka pengangguran di negarakita adalah terlampau banyak tenaga kerja yang diarahkan ke sektor formalsehingga ketika mereka kehilangan pekerjaan di sektor formal, mereka kelabakandan tidak bisa berusaha untuk menciptakan pekerjaan sendiri di sektor informal.Justru orang-orang yang kurang berpendidikan bisa melakukan inovasimenciptakan kerja, entah sebagai joki yang menumpang di mobil atau joki payungkalau hujan. Juga para pedagang kaki lima dan tukang becak, bahkan orang demosaja dibayar. Yang menjadi kekhawatiran adalah jika banyak para penganggur yang mencari jalan keluar dengan mencari nafkah yang tidak halal. Banyak darimereka yang menjadi pencopet, penjaja seks, pencuri, preman, penjual narkoba,dan sebagainya. Bahkan tidak sedikit mereka yang dibayar untuk berbuat rusuhatau anarkis demi kepentingan politik salah satu kelompok tertentu. Hal inilahyang harus diperhatikan oleh pemerintah jika krisis sosial tidak ingin berlanjutterus. Negara yang sedang berkembang sangat banyak masyarakat yangseringkali dihadapkan dengan besarnya angka pengangguran karena sempitnyalapangan pekerjaan beserta besarnya jumlah penduduk terhadap daerah.Sempitnya lapangan pekerjaan dikarenakan karena faktor- faktor kelangkaanmodal untuk berinvestasi. Masalah pengangguran itu sendiri tidak hanya terjadi dinegara-negara berkembang namun juga dialami oleh negara-negara maju.Namunmasalah pengangguran di negara-negara maju jauh lebih mudah terselesaikandaripada di negara-negara berkembang karena hanya berkaitan dengan pasangsurutnya business cycle dan bukannya karena faktor kelangkaan investasi,masalah ledakan penduduk, ataupun masalah sosial politik maupun budaya yangada di negara tersebut.Melalui artikel inilah saya mencoba untuk mengangkatmasalah pengangguran dengan segala dampaknya di Indonesia yang menurut2
 
 pengamatan saya sudah semakin memprihatinkan terutama ketika negara kitaterkena imbas dari krisis ekonomi sejak tahun 1997.Pengangguran merupakan suatu hal wajar kita lihat kondisi di mana orangtidak dapat bekerja,karena tidak tersedianya lapangan pekerjaan maupun sumber daya . Ada berbagai macam tipe pengangguran, misalnya pengangguranterselubung, teknologis, pengangguran friksional, pengangguran struktural dansebagainnya .Tingginya angka pengangguran, masalah ledakan penduduk,distribusi pendapatan yang tidak merata, dan berbagai permasalahan lainnya dinegara kita menjadi salah satu faktor utama rendahnya taraf hidup para penduduk di negara kita. Namun yang menjadi manifestasi utama sekaligus faktor penyebabrendahnya taraf hidup di negara-negara berkembang adalah terbatasnya penyerapan sumber daya, termasuk sumber daya manusia Jika dibandingkandengan negara- negara maju, yang ada di duniapemanfaatan sumber daya yangdilakukan oleh negara-negara berkembang relatif lebih rendah daripada yangdilakukan di negara- negara maju karena buruknya efisiensi dan efektivitas dari penggunaan sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya mianusia.
B.Teori- teori
Teori-teori penduduk dibagi menjadi beberapa teori yaitu:
a. Teori Pertumbuhan Penduduk 
Teori Natural- Teori ini mengemukakan bahwa hewan dan tumbuhan dipengaruhi olehtemperatur, curah hujan, kesuburan tanah(Ruslan H. Prawiro, 1983: 27)
WilliamGadwin
- Mengemukakan bahwa kemelaratan adalah orang atau strukturmasyarakat yangsalah dan dapat diperbaiki dengan prinsip sama rata sama ras (RuslanH.Prawiro,1983: 27)
Thomas Robert Malthus
- Mengemukakan bahwa kemelaratan adalah tidak imbangnya pertambahan penduduk dengan pertambahan bahan makanan (Ruslan H. Prawiro, 1983: 25)
b. Teori Fisiologi 
Teori Pearl 
3

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Raina Elizabeth liked this
Merpati Blue liked this
agus2s liked this
Enno Shen-shen liked this
Agus Gumilar liked this
Ary Setiawan liked this
Sin Tea liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->