Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
-Beta- Konsep Pendidikan Islam Yang Ideal Di Indonesia

-Beta- Konsep Pendidikan Islam Yang Ideal Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 769 |Likes:
Published by gueyea

More info:

Published by: gueyea on May 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
1MENGGAGAS PENDIDIKAN ISLAM IDEAL DI INDONESIA
 
1
I.
 
PENDAHULUAN
Pendidikan telah menempati kedudukan yang amat tinggi dalam Islam danpemeluknya, dahulu dan sekarang. Hal ini dapatlah dipahami ketika Islammendudukkan ilmu sebagai landasan dalam beragama , baik ibadah,
muamalah
 (interaksi sosial), dan dakwah. Di samping itu Islam juga menjunjung tinggikedudukan orang yang berilmu.Tulisan ini hendak memaparkan konsep pendidikan Islam yang ideal untuk merefresh pendidikan Islam di Indonesia agar tercapai pembentukan insan kamilberkepribadian Islam dan siap menghadapi persaingan di era globalisasi saat initanpa harus menjual keyakinan. Pembahasan ini begitu penting setelah melihatbegitu kacaunya sistem pendidikan nasional yang sekuler-materialistik, yang“gagal” mengantarkan masyarakat Indonesia menuju kemapanan di segaladimensi kehidupan. Tulisan ini juga sebagai upaya penyusun untuk berperan sertamemberikan sumbangsih pemikiran untuk menyelesaikan permasalahanpendidikan di Indonesia khususnya, dan yang akan berdampak -insya Allah- padaperbaikan secara menyeluruh di segala dimensi kehidupan di negeri ini umumnya.
II.
 
Pengertian
Konsep menurut KBBI adalah rancangan atau buram surat dan sebagainya;ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret.
1
 Rakhmat mendefinisikan, konsep adalah abstraksi yang dibentuk denganmenggeneralisasikan hal-hal khusus.
2
Sehingga konsep merupakan ide, gambaranatau rancangan bersifat umum atas hal-hal khusus.Adapun pengertian pendidikan menurut KBBI adalah proses pengubahansikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan
1
Anonem, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” dalamhttp://pusatbahasa.diknas.go.id/ , (06/05/2010).
2
Anonem, “Definisi Konseptual” dalamhttp://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/jiunk pe/s1/ikom/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-51403089-8729-pasar_subuh-chapter3.pdf , (09/05/2010).
 
2manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatanmendidik.
3
 
Menurut UU No.20 tahun 2003
tentang sistem Pendidikan Nasional,Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensidirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukandirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
4
 
Langeveld,
seorang ahli pendidikan bangsa Belanda Ahli, merumuskan,pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasakepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agaranak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuanorang lain.
5
 
Ki Hajar Dewantara,
merumuskan pengertian pendidikan, pendidikanumumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatanbatin), pikiran (intelek) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam danmasyarakatnya.
6
 Dari pengertian pendidikan tersebut dapatlah dirumuskan, pendidikanIslam adalah upaya terencana dan berkelanjutan, berupa proses pengarahan,pembimbingan, dan pelatihan, demi mewujudkan pendewasaan pada anak ataupeserta didik secara inteligensi, psikis, dan sosial dalam lingkup pengertian Islam,sehingga menumbuhkan generasi yang memiliki kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, keterampilan, kepekaan sosial, dan berpegang-teguh dengan ajaran Islam disegala aspek kehidupan, serta memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.
3
Anonem, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” dalamhttp://pusatbahasa.diknas.go.id/ , (06/05/2010).
4
Anonem, “Pengertian Pendidikan” dalamhttp://www.anneahira.com/artikel-pendidikan/pengertian-pendidikan.htm, (06/05/2010).
5
Fatoer's, “Pengertian Pendidikan” dalamhttp://the-fatoer.blogspot.com/2009/02/pengertian- pendidikan.html, (06/05/2010).
6
Fatoer's, “Pengertian Pendidikan” dalamhttp://the-fatoer.blogspot.com/2009/02/pengertian- pendidikan.html, (06/05/2010).

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mu Syarif added this note
tanpa pendidikan ibadah kita sia-sia....................
Dede Hamdani liked this
Cahyadi Perdana liked this
Sholihul Falah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->