Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Multiplexing Klp.14

Multiplexing Klp.14

Ratings: (0)|Views: 1,582|Likes:
Published by beny_elxtro8741

More info:

Published by: beny_elxtro8741 on May 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
Mengenal Teknik-Teknik Multiplexing
Kelompok 14Benedictus Hutagaol (0304405039) beny_elxtro@yahoo.com  Md Cahaya Adi D (0704405010) ady_cahaya@yahoo.com 
 Abstrak
 Dalam dunia moderen seperti saat ini, suatu informasi semakin berkembang dan menjadisangat berarti. Suatu informasi yang baik mempunyai secara umum harus memiliki prinsip antaralain : Padat, Tepat dan Cepat. Untuk mendapatkan informasi saat ini, terdapat banyak fasilitasatau media-media yang telah ada, seperti misalnya Majalah, surat, telepon, Internet dll. Saat inisistem informasi semakin berkembang dan semakin dibutuhkan, ada banyak pengembang - pengembang yang bersaing dalam dunia komunikasi untuk memaksimalkan penyaluran- penyaluran informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi yang cepat dan terjangkau olehsemua golongan masyarakat. Dalam perkembangan teknologi sekarang ini, pengaksesaninformasi tidak lagi hanya memalui media surat dan majalah, tetapi ada banyak media-media penyalur lainnya seperti radio, tv, telepon dan internet. Media elektronik ini juga menggunakanmedia transmisi yang berbeda-bada mulai dari media kabel sampai media nonkabel (nirkabel).Keunggulan yang terdapat dari masing-masing media komunikasi diatas berbeda-bedadan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dalam perkembangan pentransmisian informasi sekarang ini ada yang dikenal dengan multiplexing. Metodemultiplexing ini adalah dapat memanfaatkan satu media transmisi untuk dipakai bersama-sama,atau teknik menggabungkan beberapa sinyal untuk dikirimkan secara bersamaan pada suatukanal transmisi. Perangkat yang melaksanakan multipleksing disebut multiplekser (mux). Di sisi penerima, gabungan sinyal itu akan kembali dipisahkan sesuai dengan tujuan masing masing.Proses ini disebut demultiplexing. Perangkat yang melaksanakan demultiplexing disebut demultiplekser (demux). Dalam elektronik, telekomunikasi, dan jaringan komputer, multipleksingadalah istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesananalog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagisumber daya yang mahal. Contohnya, dalam elektronik, multipleksing mengijinkan beberapasinyal analog untuk diproses oleh satu analog to digital converter (ADC) dan dalamtelekomunikasi, beberapa panggilan telepon dapat disalurkan menggunakan satu kabeltelekomunikasi. Aplikasi Multipleksing yang umum adalah dalam komunikasi long haul berupa
 Jalur gelombang mikro, koaksial, serat optic.
 Beberapa tekhnik multiplexing yaitu :1.
 
Frequency Division Multiplexing (FDM)2.
 
Time Division Multiplexing (TDM)3.
 
Statistical Time Division Multiplexing (STDM)4.
 
Wavelength Division Multiplexing (WDM)
 
Bab 1. PendahuluanLatar Belakang
Dalam dunia globalisasi seperti saatini, suatu informasi sangat berarti. Suatuinformasi yang baik mempunyai beberapaprinsip yang harus ada, antara lain : Padat,tepat dan cepat. Sesudah mengetahui beberapaprinsip dalam informasi, kita perlumengetahui metode apa yang dapatdiaplikasikan agar tercapainya beberapaprinsip informasi, diantaranya yaitu denganmenggunakan multiplexing, dimana dalamelektronik, telekomunikasi, dan jaringankomputer, multipleksing adalah istilah yangdigunakan untuk menunjuk ke sebuah prosesdi mana beberapa sinyal pesan analog ataualiran data digital digabungkan menjadi satusinyal, untuk dikirimkan secara bersamaanpada satu kanal transmisi.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dapatdiambil dari artikel
multiplexing
ini adalah :1.
 
Teknik 
multiplexing
apa saja yang selamaini banyak digunakan ?2.
 
Apa saja kelebihan serta kekurangan daritiap-tiap teknik 
multiplexing
tersebut ?
Tujuan
Tujuan yang bisa didapat daripenulisan artikel ini adalah :1.
 
Untuk mengetahui apa multiplexing itu2.
 
Untuk mengetahui teknik 
multiplexing
 apa saja yang selama ini banyak digunakan3.
 
Untuk mengetahui kelebihan sertakekurangan dan penggunaan dari tiap-tiapteknik 
multiplexing
.
Manfaat
Manfaat yang bisa dihasilkan daripenulisan artikel ini adalah :1.
 
Menambah informasi bagi pembaca sertamemungkinkan adanya motivasi pembacauntuk dapat memikirkan kegunaan laindari Multipleksing.2.
 
Dapat digunakan sebagai acuan ataupunpertimbangan didalam pengembanganmultiplexing kedepan.
Bab 2. Teori PenunjangMultiplexing
multipleksing adalah proses di manabeberapa sinyal pesan analog atau aliran datadigital digabungkan menjadi satu sinyal, untuk dikirimkan secara bersamaan pada satu kanaltransmisi atau rangkaian yang memilikibanyak input tetapi hanya 1 output dan denganmenggunakan sinyal-sinyal kendali, kita dapatmengatur penyaluran input tertentu kepadaoutputnya, sehingga memungkinkanterjadinya transmisi sinyal yang banyak melalui media tunggal. (penggabungan duasinyal atau lebih untuk disalurkan ke dalamsatu saluran komunikasi).Secara garis besar ada dua perangkatdalam multiplexing yaitu :1.
 
multiplekser (mux)Perangkat yang melaksanakanmultiplexing atau penggabungan beberapasinyal menjadi satu sinyal.2.
 
demultiplekser (demux)Perangkat yang melakukandemultiplexing, perangkat ini terdapat disisi penerima, dimana gabungan sinyal ituakan kembali dipisahkan sesuai dengantujuan masing masing.Gambar dibawah menyatakan fungsimultipleksing secara umum. Multiplexermengkombinasikan (me -multiplex) data darin input dan mentransmisi melalui kapasitasdata link yang tinggi. Demultiplexermenerima aliran data yang dimultiplex(pemisahan atau demultiplex dari data tersebuttergantung pada channel) dan mengirimnya keline output yang diminta.Gbr. Multiplexing
 
Dua stasiun komunikasi tidak akanmemakai kapasitas penuh dari suatu data link untuk efisiensi, karena itu sebaiknyakapasitasnya dibagi. Pembagian inidiistilahkan sebagai multipleksing
.
Contoh aplikasi dari teknik multiplexingadalah pada jaringan transmisi jarak jauh, baik yang menggunakan kabel maupun yangmenggunakan media udara.Keuntungan multiplexing :host hanya butuh satu port I/O untuk nterminalhanya satu line transmisi yang dibutuhkanmenghemat biaya penggunaan salurankomunikasimemanfaatkan sumberdaya seefisienmungkinMenggunakan kapasitas saluransemaximum mungkinKarakteristik permintaan komunikasipada umumnya memerlukan penyalurandata dari beberapa terminal ke titik yangsama.Teknik Multiplexing pada umumnyaterbagi menjadi :1.
 
Frequency Division Multiplexing (FDM)2.
 
Time Division Multiplexing (TDM)3.
 
Statistical Time Division Multiplexing(STDM)4.
 
Wavelength Division Multiplexing(WDM)
FDM (
Frequency Division Multiplexing)
Adalah mux yang paling umum danbanyak dipakai, dengan menumpuk sinyalpada bidang frekuensi atau merupakangabungan banyak kanal input menjadi sebuahkanal output berdasarkan frekuensi. Data yangdikirimkan akan dicampur berdasarkanfrekuensi. Banyak digunakan pada pengirimansinyal analog. Data tiap kanal dimodulasikandengan FSK untuk voice grade channel.Contoh yang paling dikenal dariFDM adalah siaran radio dan televisi kabel.
Gbr.FDM
Konsep dasar FDM adalahpenggabungan beberapa kanal informasikedalam kanal transmisi dengan cara masingmasing frekuensi kanal informasiditumpangkan ke dalam sinyal pembawa yangmempunyai frekuensi berbeda beda.Penumpangan sinyal informasi kedalam sinyalpembawa dilakukan dalam sebuah modulatoramplitudo (Modulator AM), kemudiandilakukan pemilihan frekuensi sisi atas atausisi bawah, selanjutnya digabungkan menjadisatu untuk dikirimkan melalui satu kanaltransmisi. Jumlah kanal informasi yangdigabung telah dibuat standar oleh CCITT,mulai dari yang terkecil 12 kanal voice sampaiyang terbesar sebanyak 1800 kanal voice.Pada sistem FDM, terdiri dari duaperalatan terminal (terminal equipment) danpenguat ulang saluran transmisi (repeatertransmission line):1.
 
Peralatan terminal (terminal equipment).Peralatan terminal terdiri dari bagiankirim yang mengirimkan frekwensipembicaraan majemuk ke penguat ulangtransmisi saluran dan bagian penerimayang menerima arus tersebut danmengubah kembali menjadi aruspembicaraan seperti semula2.
 
Repeater equipment (peralatan penguatulang)Repeater equipment terdiri daripengeras (amplifier) dan equalizer yangfungsinya masing masing untuk mengkompensiir redaman dan kecacatanredaman (attenuation distortion), sewaktutransmisi melewati saluran antara keduarepeater masing-masing).
TDM (Time Division Multiplexing)
Pengiriman data dengan mencampurdata berdasarkan waktu sinyal data tersebutdikirimkan. Digunakan untuk transmisi sinyaldigital, bit data dari terminal secara bergantiandiselipkan diantara bit data dari terminal lain.Pemancar dan penerima harus sinkron agarmasing-masing penerima menerima data yangditujukan kepadanya. TDM hanya digunakanuntuk komunikasi titik ke titik. TDM lebihefesien daripada FDM karena 1 salurankomunikasi telepon dapat dipakai sampaidengan 30 terminal sekaligus.

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Silvia SiNaga liked this
Yesti Nickname liked this
Amran Maulana liked this
Edward Hamdani liked this
Hari Merta liked this
Fendy Hape liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->