Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Adaptasi pada Hewan

Adaptasi pada Hewan

Ratings: (0)|Views: 2,488|Likes:
Published by Kanaganet

More info:

Published by: Kanaganet on May 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/12/2013

pdf

text

original

 
Adaptasi pada Hewan
Adaptasi Morfologi
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh. Struktur tubuh. atau alat-alattubuh organisme terhaclap lingkungannya. Kamu dengan mudah dapat mengamatiadaptasi morfologi karena perubahan yang terjadi merupakan perubahan bentuk luar.Contoh adaptasi morfologi adalah sebagai berikut.
Adaptasi Morfologi pada Hewan
 Mengapa bentuk paruh burung bermacam-macam?, bentuk paruh burung bermacam-macarn disesuaikan dengan jenis makanannya. Burung paruhnya sesuai untuk makan biji-bijian. Burung kolibri, paruhya sesuai untuk mengisap madu dari bunga. Burung pelikan, paruhnya sesuai untuk menangkap ikan. Burung elang, paruhnya sesuai untuk mengoyak daging mangsanya. Burung pelatuk. paruhnya sesuai untuk memahat batang pohon dan menangkap serangga di dalamnya. Adaptasi morfologi pada burung jugadapat dilihat pada macam-macam bentuk kakinya.
Adaptasi Fisiologi pada Hewan
 Berdasarkan jenis makanannya, hewan dapat dibedakan menjadi karnivor (pemakandaging). herbivor memakan tumbuhan), serta omnivor (pemakan daging dan turnbuhan).Penyesuaian hewan-hewan tersebut terhadap jenis makanannya. antara lain terdapat pada ukuran (panjang) usus dan enzim pencernaan yang berbeda. Untuk mencernatumbuhan yang umumnya mempunyai sel-sel berdinding sel keras, rata-rata ususherbrvor lebih panjang daripada usus karnivor:
Adaptasi Tingkah Laku
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian organisme terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Kamu dapat dengan mudah mengamati adaptasi ini. Contoh adaptasitingkah laku adalah sebagai berikut.
Adaptasi Tingkah Laku pada Hewan
 1.Bunglon melakukan mimikri, yaitu mengubah-ubah warna kulitnya sesuaidengan warna lingkungan/tempat hinggapnya. Dengan mengubah warnakulitnya sesuai dengan lingkungannya, bunglon terlindung dari pemangsanyasekaligus tersamar dari hewan yang akan dimangsanya. Dengan demikian, bunglon dapat terhindar dari bahaya dan sekaligus lebih mudah menangkapmangsanya.2.Cumi-cumi mengeluarkan tinta/cairan hitam ketika ada bahaya yangmengancamnya. Cumi-cumi juga mampu mengubah-ubah warna kulitnya sesuaidengan warna lingkungannya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->