Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
56Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anatomi Dan DeSain KuRikuLum

Anatomi Dan DeSain KuRikuLum

Ratings: (0)|Views: 2,647 |Likes:
Published by Faiz Bakhladiev

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Faiz Bakhladiev on May 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2013

pdf

text

original

 
 Anatomi Dan Desain Kurikulum//Kelompok II  Mata Kuliah Analisi Dan Pengembangan Kurikulum
BAB IPENDAHULUAN
Kurikulum, mungkin kata yang satu ini bukan lagi menjadi bahasa asing bagi kitasemua khususnya para mahasiswa jurusan tarbiyah sebagai calon pendidik  profrsional. Sempit pemahaman kita sering kali mengartikan Kurikulum sebagaikumpulan mata pelajaran atau bahan ajar. Akan tetapi, dapat juga kita artikan secaraluas yaitu bahwa Kurikulum aalah meliputi semua pengalaman yang diperoleh siswakarena ada pengaruh atau bimbingan dan tanggung jawab rencana atau program pendidikan (written curriculum), dan juga pelaksana daripada rencana tersebut (actualcurriculum).Kurikulum seperti pengertiannya, dapat juga dalam ruang lingkupnya mencakuplingkup sempit maupun lingkup luas. Kurikulum dalam cakupan luas yaitu sebagai program pengajaran pada suatu jenjang pendidikan, dan dalam cakupan yang sempityaitu seperti program pengajaran suatu mata pelajaran untuk beberapa jam pelajaran.Akan tetapi keudian pertanyan yang muncul, apakah dalam lingkup yang luas ataupunyang sempit kurikulum dapat membentuk desain yang menggambarkan polaorganisasi daripada komponen komponen kurikulum dengan perlengkapan penunjangnya?Dari hal tersebut di atas, dalam hal analisis dan desain kurikulum akan sangatdiperlukan sekali pemahaman kita akan pentingya komponen – komponen kurikulumsendiri yang harus berjalan scara hierarkis dan saling berhubungan antara satu denganyang lainnya.Komponen – komponen kurikulum tersebut kemudian bukan hanya menjadi wacanayang hanya kita pelajari secara teoritis akan tetapi harus di aplikasikan dalam duniasesungguhnya sehingga komponen tersebut dapat membentuk suatu gambaran akan bentuk ideal sebuah kurikulum. 
- 1 -
 
 Anatomi Dan Desain Kurikulum//Kelompok II  Mata Kuliah Analisi Dan Pengembangan Kurikulum
BAB IIPEMBAHASANANTOMI DAN DESAIN KURIKULUM
Anatomi (berasal dari bahasa Yunani
 νατομία anatomia, dari
 νατέμνεινanatemnein, yang berarti memotong) atau kemudian akan lebih tepat dalam pokok  bahasan ini kita sebut atau kita artikan dengan menggunakan arti struktur ataususunan atau juga bagian atau komponen.Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaiankreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakanuntuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuahrencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Dalam kaitannya hal ini di artikansebagai proses daripada pelaksanaan atau penerapan model kurkulum dalam dunia pendidikan.Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagaimacam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikankepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut.Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuandari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapatmengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. 
- 2 -
 
 Anatomi Dan Desain Kurikulum//Kelompok II  Mata Kuliah Analisi Dan Pengembangan Kurikulum
A.Komponen-Komponen Kurikulum1.Tujuan
Tujuan kurikulum dirumuskan berdasarkan perkembangan tuntutan,kebutuhan dan kondisi masyarakat serta didasari oleh pemikiran-pemikirandan terarah pada pencapaian nilai-nilai filosofis, terutama falsafah negara.Dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah 1975/1976 dikenal kategoritujuan sebagai berikut:
Tujuan Pendidikan Nasional, tujuan jangka panjang, tujuan ideal pendidikan Bangsa Indonesia.
Tujuan Institusional, sasaran pendidikan sesuatu lembaga pendidikan.
Tujuan Kurikuler, tujuan yang ingin dicapai oleh sesuatu programstudi.
Tujuan Instruksional, target yang harus dicapai oleh sesuatu mata pelajaran.
Umum, jangka panjang.
Khusus, jangka pendek.Mengajar dalam kelas lebih menekanakn tujuan khusus, sebab hal itu akandapat memberikan gambaran yang lebih konkret dan menekankan pada perilaku siswa, sedang perumusan tujuan umum lebih bersifat abstrak, pencapaiannya memerlukan waktu yang lebih lama dan lebih sukar diukur.
2.Bahan Ajar
Tugas utama seorang guru adalah menciptakan lingkungan (lingkungan orang-orang, alat-alat dan ide-ide), untuk mendorong siswa melakukan interaksi yang produktif dan memberikan pengalaman belajar yang dibutuhkan. Cara untuk menyusun sekuens bahan ajar:
o
Sekuens Kronologis, untuk menyusun bahan ajar yangmengandung urutan waktu. 
- 3 -

Activity (56)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ervi MankJutek liked this
Dedi Ruskendi liked this
Hamidfurkon Syah liked this
Kamto Liwa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->