Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KONSTRUKSI LANTAI175

KONSTRUKSI LANTAI175

Ratings: (0)|Views: 2,096|Likes:
Published by Nanda Savira Ersa

More info:

Published by: Nanda Savira Ersa on May 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
KONSTRUKSI LANTAI
Lantai adalah konstruksi bangunan gedung yangterletak di atas tanah atau diatas plat lantai.Plat lantai adalah konstruksi pemisah ruang secarahorizontal pada bangunan bertingkat.Plat lantai dipengaruhi oleh bentuk struktur gedung,sistem konstruksi dan bahan bangunan yang dipilih.Sistim struktur bangunan dinding dan kolom yangmenerima beban akan mempengaruhi sistem platlantai yang akan dipilih.
Struktur bangunan masif 
Struktur bangunan dinding sejajar 
Struktur bangunan rangkaKalau jarak antara dinding yang menerima bebanlebih luas, maka dimensi konstruksi lantaidiperbesar.Sebagai pembagi ruang secara horizontal maka platlantai menerima beban seperti beban mati, bebanmuatan, angin dan gempa dll, antara lain: Perabot,langit langit, lampu, manusia, dinding dan pemisahruang, dan berat sendiri.
 
Bentuk plat lantai (sebagai atap)
1.Kubah bertorak (melengkung)Konstruksi ini merupakan konstruksi yangmelengkung berbentuk busur yang membuka ke bawah, biasanya dari batu merah conblok dansebagainya Konstruksi plat lantai berkubah torak merupakan konstruksi kuno yang pada awalnyadibangun dengan batu tanah liat. Dalam konstruksi bangunan plat lantai berkubah torak memungkinkan suatu kesatuan antara konstruksidinding dan konstruksi lantai. Semakin rendahtinggi busur kubah tembereng makin besar gayahorizontal yang timbul pada tumpuannya.
2.
Konstruksi plat lantai berkubah torak kecilKonstruksi ini menggunakan busur temberenguntuk menghemat tingginya konstruksi.Penyelesaian ini mengakibatkan gaya horizontal pada tumpuan.Konstruksi ini penggunaannya terbatas padastruktur bangunan masif atau struktur bangunandengan plat dinding sejajar.3.Konstruksi plat lantai datar.Konstruksi ini merupakan konstruksi yangdigunakan pada umumnya, berbentuk plat datar yang dapat menjadi atap bangunan ataupun lantai.
 
Bahan yang dipergunakan bermacam macamseperti kayu, baja beton dan bahan komposit.
Konstruksi lantai terdiri atas:
1.Penutup lantai. bersifat lentur dan dapatmendukung beban yang bergerak diatasnya2.Alas lantai: atau rangka pendukung lantaimerupakan tempat memasang penutup lantai dandibuat dengan permukaan yang horizontal3.Lapisan kedap air. Menghidari air ataukelembaban merember dari ruang atas ke ruang bawahnya.Dan menggurangi kebisingan seperti lapisan aspalatau karet4.Plat lantai. Mendukung dan memindahkan beban pada dinding dan kolom serta menjaminkestabilan gedung terhadap gaya horizontal(angin, gempa )
5.
Langit langit. Menutup ruang utilitas ke bawah.Biasanya dibuat dengan konstruksi ringan ( penggantung kayu dan penutup dari tripleks,gipsum dll)

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Reza Kurniawan liked this
Doni Hidayat liked this
Adib Kurniawan liked this
Ida Fatih liked this
Sendtiment Ikonk liked this
Yusrin Sinaling liked this
paul88alves liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->