Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prosedur an Sistem Instruksional

Prosedur an Sistem Instruksional

Ratings: (0)|Views: 1,153 |Likes:
Published by yubilly

More info:

Published by: yubilly on May 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2012

pdf

text

original

 
Bab I: PENDAHULUAN
Latar Belakang
Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional), model ini adalah suatu sisteminstruksional yang menggunakan pendekatan sistem, yaitu suatu kesatuan yang terorganisasi,yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berhubungan satu sama lainnya dalam rangkamencapai tujuan yang diinginkan. Sementara itu, fungsi model ini adalah untuk mengefektifkan perencanaan dan pelaksanaan program pengajaran secara sistematik dan sistematis, untuk dijadikan sebagai pedoman bagi pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar.Langkah-langkah dari pelaksanaan model ini adalah:
Merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu tujuan pembelajaran khusus yang beruparumusan yang jelas dan operasional mengenai kemampuan atau kompetemsi yangdiharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
Mengembangkan alat evaluasi, yaitu tes yang dilakukan yang fungsinya untuk menilaisejauh mana kemampuan siswa, pada model PPSI evaluasi dilakukan saat tujuan pembelajaran khusus telah ditetapkan.
Menentukan kegiatan belajar mengajar, yaitu kegiatan yang akan dilakukan agar tujuanyang diinginkan tercapai, setelah kegiatan ditetapkan perlu dirumuskan pokok-pokok mteri yang akan diberikan, sesuai dengan kegiatan yang telah ditetapkan.
Merencanakan program kegiatan belajar mengajar, titik tolaknya adalah suatu pelajaranyang diambil dari kurikulum yang telah ditetapkan jumlah jam/SKS-nya dan diberikan pada kelas dalam semester tertentu. Pendekatan dan metode harus sesuai tujuan danmateri yang telah ditetapkan, termasuk pelaksanaan evaluasi.
Pelaksanaan, langkah-langkah dalam pelaksanaan program ini adalah mengadakan Pre-Test (tes awal), menyampaikan materi pelajaran, mengadakan Pos-Test (test akhir).
Tujuan
Membahas bagaimana prosedur pengembangan system instruksional (PPSI)
Menyusun contoh PPSI
Mempelajari salah satu model Dick dan Carrey untuk perancangan system instruksional
Manfaat
Dapat menjelaskan bagaimana prosedur pengembangan system instruksional (PPSI)
Dapat menyusun PPSI
Dapat menyusun perancangan system instruksional menurut model Dick dan CarreyBab II: PEMBAHASANProsedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI)A. DefinisiPPSI adalah sistem yang saling berkaitan dari satu instruksi yang terdiri atas urutan, desain tugasyang progresif bagi individu dalam belajar (Hamzah B.Uno, 2007). Oemar Hamalik (2006)mendefinisikan PPSI sebagai pedoman yang disusun oleh guru dan berguna untuk menyusunsatuan pelajaran.
1
 
B. KomponenKomponen-komponen yang terdapat dalam PSSI adalah sebagai berikut.1. Pedoman perumusan tujuanPedoman perumusan tujuan memberikan petunjuk bagi guru dalam merumuskan tujuan-tujuankhusus. Perumusan tujuan khusus itu berdasarkan pada pendalaman dan analisis terhadap pokok- pokok bahasan/ subpokok bahasan yang telah digariskan untuk mencapai tujuan instruksionaldan tujuan kurikuler dalam GBPP.Seluruh usaha pendidikan masyarakat Indonesia berkaitan dengan jenis dan jenjang pendidikanformal, apa yang akan dicapai lewat bidang studi tertentu, apa yang akan dicapai dalam pembahasan tertentu, apa yang akan dicapai dalam pembahasan topik pelajaran atau satuan bahasan tertentu.2. Pedoman prosedur pengembangan alat penilaianPedoman prosedur pengembangan alat penilaian memberikan petunjuk tentang prosedur  penilaian yang akan ditempuh, tentang tes awal (pre test) dan tes akhir (post test), tentang jenistes yang akan digunakan dan tentang rumusan soal-soal tes sebagai bagian dari satuan pelajaran.Tes yang digunakan dalam PPSI disebut criterion referenced test yaitu tes yang digunakan unuk mengukur efektifitas program/pelaksanaan pengajaran.3. Pedoman proses kegiatan belajar siswaPedoman proses kegiatan belajar siswa merupakan petunjuk bagi guru untuk menetapkanlangkah-langkah kegiatan belajar siswa sesuai dengan bahan pelajaran yang harus dikuasai dantujuan khusus instruksional yang harus dicapai oleh para siswa.Dalam menentukan metode atau alat bantu pengajaran yang akan dipakai untuk mencapai tujuan(TIK), para guru dan calon guru dituntut:
a.
Menyadari bahwa TIK dan sifat bahan adalah dasar untuk menentukan metode dan alat bantu pengajaran.
b.
Guru menguasai berbagai metode secara fungsional misalnya metode ceramah, diskusi,dll.c.Mempertimbangkan fasilitas yang ada.d.Setiap pelaksanaan metode pengajaran harus mempertimbangkan kondisi situasi muriddan berusaha untuk aktivitas belajarnya.
e.
Apakah guru tersebut benar-benar mampu melaksanakan metode beserta alat bantu pengajaran yang dipilihnya.4. Pedoman program kegiatan guruPedoman program kegiatan guru merupakan petunjuk-petunjuk bagi guru untuk merencanakan program kegiatan bimbingan sehingga para siswa melakukan kegiatan sesuai dengan rumusanTIK. Dalam hubungan ini guru perlu:a.Merumuskan materi pelajaran secara terperinciHal ini dimaksudkan agar guru mampu menjabarkan materi pelajaran secara:1.jelas kegunaannya untuk mencapai TIK;2.sesuai dengan pengalaman murid;3.terjamin kebenaran ilmiahnya;4.mampu mengikuti perkembangan ilmu tersebut;5.representatif;
2
 
6.
dan berguna bagi kehidupan murid sehari-hari.a.Memilih metode-metode yang tepatGuru menentukan lamanya waktu pelajaran berdasarkan keberagaman isi TIK dan tingkatkesukaran materi pelajaran. Guru juga dituntut untuk mempertimbangkan jenis metode serta alat bantu pengajaran yang dipilih. b.Menyusun jadwal secara terperinci.Sebelum melangkah ke pelaksanaan, satuan pelajaran sebagai persiapan tulis lengkap harus telahselesai disusun.5. Pedoman pelaksanaan programPedoman pelaksanaan program merupakan petunjuk-petunjuk dari program yang telah disusun.Petunjuk-petunjuk itu berkenaan dengan dimulainya pelaksanaan tes awal dilanjutkan dengan penyampaian materi pelajaran sampai pada dilaksanakannya penilaian hasil belajar.Langkah ini terdiri dari 3 macam kegiatan, ialah:a.Mengadakan pre-testTes yang kita berikan pada siswa adalah tes yang disusun pada langkah kedua. Fungsi dari pre-test ini untuk menilai sampai di mana siswa telah menguasai keterampilan yang tercantum dalamTIK. b. Penyampaian materi pelajaranGuru menyampaikan materi pelajaran kepada murid/guru membimbing murid untuk mendalamidan mengusai materi pelajaran.c. Mengadakan evaluasiPost-test yang telah disusun pada langkah kedua diberikan pada murid-murid setelah merekamengikuti program pelajaran.· Pre-testBertujuan untuk menilai kemampuan murid yang tercantum dalam TIK. Sebelum merekamengikuti program pengajaran (secara praktis pre-test untuk menilai kemampuan muridmengenai penguasaan materi palajaran sebelum mereka dibimbing guru menguasai materi pelajaran yang telah diprogramkan).· Post-testBerfungsi untuk menilai kemampuan-kemampuan murid setelah pengajaran diberikan. Post-test digunakan untuk menilai efektifitas pengajaran.6.Pedoman Perbaikan atau RevisiPedoman perbaikan atau revisi yang merupakan pengembangan program setelah selesaidilaksanakan. Perbaikan dilakukan berdasarkan umpan balik yang diperoleh berdasarkan hasil penilaian akhir.
3

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Amsir Mpd liked this
Nuri Yuliani liked this
satri agus liked this
Marleyka Gurning liked this
Daffa Hapadeant liked this
Ichsan Hasyim liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->