Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
06-Yatna

06-Yatna

Ratings: (0)|Views: 286|Likes:
Published by teddyfeb

More info:

Published by: teddyfeb on May 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2011

pdf

text

original

 
PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MUTU BETON61
PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MUTU BETON
YATNA SUPRIYATNAJurusan Teknik SipilUniversitas Komputer Indonesia
Pada perencanaan struktur bangunan sipil, pemakaian beton sebagai materialstruktur merupakan alternatif yang paling banyak digunakan, untuk mendapatkanhasil pengerjaan beton yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, maka perludilakukan perencanaan dan pengendalian mutu beton. Perencanaan dan pengendalian mutu beton dapat dilakukan dengan melakukan pengendalian mutubahan, proporsi campuran beton, pelaksanaan pengerjaan beton, dan dilengkapidengan pengujian pada beton segar (
freshly mixed concrete
) juga pada beton keras(
hardened mixed concrete
), setelah penempatan beton pada bekisting selesai makadilakukan suatu perawatan beton dengan baik. Beberapa hal yang perlu dilakukanuntuk pengendalian mutu beton adalah dibuatnya rencana mutu dari sifat-sifat bahan pembentuk beton, proses pembuatan beton, dan pelaksanaan pengerjaanbeton. Sebagai instrumen untuk merekam data yang terjadi di lapangan dan untuk  pengendalian proses digunakan
control chart,
 yang terdiri dari garis lurus yangmenggambarkan tingkat sasaran, tingkat batas atas, dan tingkat batas bawah. Mutu beton, uji
slump
 , uji tekan,
control chart.
 
LATAR BELAKANG
Dewasa ini pemakaian beton semakin banyak dijumpai untuk berbagai macam konstruksibangunan. Hal ini dikarenakan beton memilikiberbagai macam keuntungan, antara lainseperti memiliki kekuatan yang tinggi,perawatan yang murah, dan dapat dicor sesuaidengan bentuk dan ukuran yang dikehendaki.Beton merupakan elemen pembentuk strukturyang merupakan campuran dari semen,agregat halus, agregat kasar dan air, denganatau tanpa bahan tambahan lainnya. Dalamhal pencapaian mutu pekerjaan beton terdapatbeberapa faktor yang memengaruhi hasil daripekerjaan beton. Faktor-faktor tersebut dapatkita kelompokkan menjadi faktor internal danfaktor eksternal. Faktor internal mencakupmutu bahan-bahan campuran beton. Faktoreksternal mencakup proses pelaksanaan.Terjadinya perselisihan, pengulanganpekerjaan, dan perbaikan pekerjaan sangatmerugikan semua pihak yang terkait, untuk menanggulangi hal tersebut, makapengendalian mutu akibat pengaruh faktorinternal dapat dilaksanakan denganmempersiapkan program ”
Quality Control
dengan kegiatan monitoring selamaberlangsungnya pekerjaan dan setelahselesainya pekerjaan, sedangkan untuk pengendalian mutu akibat pengaruh faktoreksternal diperlukan pengawasan yang lebihaktif dari pihak manajemen konstruksiterhadap pihak kontraktor dan konsultan.
SPESIFIKASI BETON
Pada pembangunan rumah susun inimenggunakan beton dengan mutu K-400,
Alamat korespondensi pada Yatna Supriyatna, Jurusan Teknik Sipil Universitas Komputer Indonesia, Jalan Dipati Ukur114, Bandung 40132. Email: yatna02@yahoo.com.
Bidang Teknik
 
 Majalah Ilmiah Unikom, Vol.6, hlm. 61-68
 
YATNA SUPRIYATNA62yaitu kekuatan tekan karakteristik minimumadalah 400 kg/cm
2
pada umur beton 28 hari,dengan menggunakan kubus beton ukuran15x15x15 cm. Besarnya nilai slump di lokasiadalah 14 cm-16 cm dan besarnya agregatkasar maksimum adalah 30 mm.
BAHAN-BAHAN PEMBUAT BETON
Agregat halus menggunakan pasir alamdari Cireme
Agregat kasar menggunakan batu pecahdari Rumpia
Semen menggunakan semen Tiga Rodadari PT Indocement.
Air menggunakan air yang dapat diminum.
Additives menggunakan Rheobuild 716.
PENGENDALIAN MUTU BAHANAgregat KasarAgregat HalusTabel 1
 Hasil Pemeriksaan Agregat Kasar
Tabel 2
 Analisa Saringan Agregat Kasar
Gambar 1
 Batas gradasi dalam daerah gradasiagregat kasar
Tabel 3
 Hasil Pemeriksaan Agregat Halus
Tabel 4
 Analisa Saringan Agregat Halus
 
PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MUTU BETON63
Semen
Untuk semen tidak diadakan pemeriksaanlagi, karena semua ketentuan yang telahditetapkan oleh pemerintah telah dipenuhioleh pabrik. Oleh karena itu yang terpentingialah pada waktu penyimpanan. Di tempatpenyimpanan semen, semen disimpan denganmemakai alas yang terbuat dari papan,sehingga semen tidak berhubungan langsungdengan lantai.
Air
Air yang digunakan pada pembuatan betonialah yang dapat diminum. Yang dimaksud disini adalah air yang tidak mengandungminyak, lumpur dan bahan-bahan kimia yangdapat merusak kekuatan beton. Sebelumdigunakan air terlebih dahulu diperiksa dilaboratorium baru kemudian bisa digunakan.
PENGENDALIAN PROPORSICAMPURAN
Didapat hasil dari
mix design
K-400, denganuji kubus 15x15x15 cm, slump on site 14 cm– 16 cm. Maksimum agregat kasar ± 30 mm.
Tabel 5
Susunan Campuran Agregat BetonK- 400
PENCAMPURAN BETON
Sebelum pencampuran, bahan-bahanpembuat beton ditimbang sesuai dengan
mixdesign
. Kemudian bahan-bahan tersebutdimasukkan ke dalam
mixer 
dengan urutansebagai berikut :1. Memasukan air kurang lebih 10 % aircampuran.2. Memasukan agregat kasar.3. Memasukan agregat halus.4. Memasukan semen.5. Memasukan air sisa yang kurang lebih 10% air campuran, karena pada waktumemasukan bahan-bahan kering airdimasukkan sedikit demi sedikit.6. Bahan additive dimasukkan di lokasipembangunan.
PENGANGKUTAN BETON
Pengangkutan dikerjakan denganmenggunakan truk 
mixer 
dan selama dalamperjalanan mixer diputar dengan RPM 400.Lama perjalanan dari pabrik ke lokasipembangunan kurang lebih 20 menitsedangkan adukan beton harus dicor dalamwaktu 1 jam setelah pengadukan dengan airdimulai, jadi untuk lamanya pengangkutanmemenuhi ketentuan dari PBI’71. Untuk menghindari panas yang tinggi danpenguapan maka pengangkutan dilaksanakanpada malam hari.
PENGADUKAN BETON
Pengadukan dikerjakan dengan memakai
mixer 
dan lamanya pengadukan tergantungdari kapasitas
mixer 
.
Gambar 4
Batas Gradasi Dalam Daerah GradasiAgregat Halus

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Henggar liked this
Henggar liked this
Baybay Bebe liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->