Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP no 22 tahun 2008 tentang = Pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana

PP no 22 tahun 2008 tentang = Pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana

Ratings:

4.5

(4)
|Views: 383 |Likes:

More info:

Published by: surya sejahtera kediri on Jun 03, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2012

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 22 TAHUN 2008 TENTANGPENDANAAN DAN PENGELOLAAN BANTUAN BENCANADENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 63 dan Pasal69 ayat (4) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentangPenanggulangan Bencana perlu menetapkan PeraturanPemerintah tentang Pendanaan dan Pengelolaan BantuanBencana;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2.
 
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentangPenanggulangan Bencana (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2007 Nomor 66, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4723);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENDANAAN DANPENGELOLAAN BANTUAN BENCANA.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Dana penanggulangan bencana adalah dana yangdigunakan bagi penanggulangan bencana untuk tahapprabencana, saat tanggap darurat, dan/ataupascabencana.2.
 
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, selanjutnyadisebut APBN, adalah rencana keuangan tahunanpemerintahan negara yang disetujui oleh DewanPerwakilan Rakyat.3. Anggaran . . .
 
 
 
- 2 -
3.
 
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, selanjutnyadisebut APBD, adalah rencana keuangan tahunanpemerintahan daerah yang disetujui oleh DewanPerwakilan Rakyat Daerah.4.
 
Dana kontinjensi bencana adalah dana yangdicadangkan untuk menghadapi kemungkinanterjadinya bencana tertentu.5.
 
Dana siap pakai adalah dana yang selalu tersedia dandicadangkan oleh Pemerintah untuk digunakan padasaat tanggap darurat bencana sampai dengan batas waktu tanggap darurat berakhir.6.
 
Dana bantuan sosial berpola hibah adalah dana yangdisediakan Pemerintah kepada pemerintah daerahsebagai bantuan penanganan pascabencana.7.
 
Bantuan darurat bencana adalah bantuan untukmemenuhi kebutuhan dasar pada saat tanggap darurat.8.
 
Penyelenggaraan penanggulangan bencana adalahserangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakanpembangunan yang berisiko timbulnya bencana,kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, danrehabilitasi.9.
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana yangselanjutnya disingkat dengan BNPB adalah lembagapemerintah non-departemen sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan.10.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah yangselanjutnya disingkat BPBD adalah badan pemerintahdaerah yang melakukan penyelenggaraanpenanggulangan bencana.11.
 
Instansi/lembaga terkait adalah instansi/lembaga yangterkait dengan penanggulangan bencana.Pasal 2Pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana ditujukanuntuk mendukung upaya penanggulangan bencana secaraberdayaguna, berhasilguna, dan dapatdipertanggungjawabkan.Pasal 3 . . .
 
 
 
- 3 -
Pasal 3Pengaturan pendanaan dan pengelolaan bantuan bencanameliputi:a.
 
sumber dana penanggulangan bencana;b.
 
penggunaan dana penanggulangan bencana;c.
 
pengelolaan bantuan bencana; dand.
 
pengawasan, pelaporan, dan pertanggungjawabanpendanaan dan pengelolaan bantuan bencana.BAB IISUMBER DANA PENANGGULANGAN BENCANAPasal 4(1)
 
Dana penanggulangan bencana menjadi tanggungjawabbersama antara Pemerintah dan pemerintah daerah.(2)
 
Dana penanggulangan bencana sebagaimana dimaksudpada ayat (1) berasal dari:a.
 
APBN;b.
 
APBD; dan/atauc.
 
masyarakat.Pasal 5(1)
 
Pemerintah dan pemerintah daerah mengalokasikananggaran penanggulangan bencana dalam APBN danAPBD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2)huruf a dan huruf b secara memadai.(2)
 
Anggaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1)disediakan pada tahap prabencana, saat tanggapdarurat bencana, dan pascabencana.(3)
 
Dalam anggaran penanggulangan bencana yangbersumber dari APBN sebagaimana dimaksud pada ayat(1), Pemerintah menyediakan pula:a.
 
dana kontinjensi bencana;b.
 
dana siap pakai; danc.
 
dana bantuan sosial berpola hibah.Pasal 6 . . .
 

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Usep Setiyawan liked this
Eko S Putranto liked this
nisa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->