Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Individu-samudera Biru

Tugas Individu-samudera Biru

Ratings: (0)|Views: 295|Likes:
Published by RisaBur

More info:

Published by: RisaBur on May 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

 
TUGAS INDIVIDU
MANAJEMEN STRATEGI
POKOK BAHASANMENCIPTAKAN STRATEGI SAMUDERA BIRU( Kasus Lion Air )
NAMA: Dra. RISA BUR, AktANGKATAN: XIX/ASEMESTER: II/2010PROGRAM: MAGISTER MANAJEMENDOSEN: Prof. Dr. YASRI, MS
FAKULTAS EKONOMIUNIVERSITAS NEGERI PADANGTAHUN 2010
 
MENCIPTAKAN STRATEGI SAMUDERA BIRU
I.
Pengertian Strategi Samudera Biru
Pengertian Strategi Samudera Biru menurut W. Chan Kim dan ReneeMauborgne adalah bagaimana membuat ruang pasar yang belumterjelajah, yang bisa menciptakan permintaan dan memberikan peluangpertumbuhan yang sangat menguntungkan. Intinya bagaimana bersaingdengan tangkas dalam kompetisi, bagaimana secara cerdik membacapersaingan, menyusun strategi dan kerangka kerja yang sistematis gunamenciptakan samudera biru.Dari difinisi tersebut diatas, strategi samudera biru lebih menfokuskanpada langkah-langkah strategis yang menjadi unit analisa untuk :
1.
Bagaimana menciptakan ruang pasar tanpa pesaing/belum adapesaing
2.
Menjadikan kompetisi menjadi tidak relevan karena permainan-permainan baru akan dibentuk
3.
Menciptakan dan menangkap peluang baru
4.
Mendobrak pertukaran nilai –biaya
5.
Memadukan keseluruhan system kegiatan perusahaan dalammengejar diferensiasi dengan biaya rendahPrinsip strategi samudera biru yaitu :
1.
Prinsip merumuskan samudera biro
a.
Merekontruksi batas-batas pasar akan menurunkan resiko pencarian
b.
Focus pada gambaran besar, bukan pada angka akan mengurangiresiko perencanaan
c.
Menjangkau melampaui permintaan yang ada akan mengurangiresiko skala
d.
Melakukan rangkaian strategis dengan tepat akan mengurangirtesiko model bisnis
1.
Prinsip melaksanakan samudera biru
a.
Mengatasi hambatan utama dalam organisasi akan mengurangiresiko organisasi
b.
Mengintegrasikan eksekusi kedalam strategi akan mengurangi resikomanajemen
 
I.
Implementasi Samudera Biro
Strategy samudera biru bukanlah sekadar wacana teoretis, melainkansesuatu yang sudah banyak dipraktikkan, sadar tidak sadar, oleh berbagaipelaku bisnis. Sekadar contoh kasus dapat disimak sebagai berikut:
1.
Cirque du Soleil yang dibentuk oleh seorang seniman bohemian.Organisasi ini melihat dunia sirkus adalah red ocean yang keras danpenuh darah karena setiap sirkus berlomba mencari pemain atraksiyang lebih hebat, binatang yang lebih bagus, dan sebagainya.Perlombaan ini menciptakan cost yang tinggi dalam dunia sirkus,padahal market share masing-masing malah mengecil. Lantas, apasolusi blue ocean dari Cirque du Soleil? Jawabannya adalahmemadukan sirkus dengan teater, yaitu sirkus yang diberikan strukturcerita dimana pemain sirkus juga berperan sebagai aktor. Akibatnya,orang yang tidak menyukai sirkus tapi menyukai teater bisa terangkul,atau orang yang tidak menyukai teater tapi menyukai sirkus, bisaterangkul oleh Cirque du Soleil. Walhasil, Cirque melaju suksessendirian di sini. Salah satu resep ampuh dari blue ocean strategy juga jadinya adalah menggeser perhatian dari sekadar customer ke non-customer , sebagaimana juga akan tampak dari kasus berikut. Dalambahasa postmodern, kita mungkin bisa mengatakan blue oceanstrategy semacam maklumat bagi ” the death of customer .”
2.
Produsen anggur Australia Casella Wines. Casella Wines melihat bahwapersaingan di industri anggur mengandalkan kualitas dan usia anggur,kemasan mewah, pemasaran above-the-line , tradisi dan sejarahanggur, ragam rasa anggur, dan kerumitan rasa anggur. Padahal,Casella Wines mengamati, faktor-faktor itu hanya berpengaruh padapenikmat anggur, itu pun terbatas pada penikmat sejati, yang jumlahnya segelintir, sedangkan mayoritas massa di AS tidakmenyukai anggur karena faktor-faktor yang rumit itu tadi. Makanya,Casella Wines memutuskan untuk membuat anggur dengan citra koktilatau softdrink yang tidak mementingkan usia, kemasan mewah,kerumitan rasa anggur, dan lain-lain. Casella Wines membuat anggur jadi minuman massal yang menarik bagi orang-orang (yang jumlahnyasangat besar) yang tadinya tidak menyukai anggur. Casella Winesmenciptakan blue ocean dengan merangkul non-customer anggur danmelakukan inovasi nilai. Keampuhan pergeseran perhatian kepadanon-customer ini juga sekaligus mengamini pendapat Drucker (1989:

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mohammad Mulyadi liked this
abrr liked this
Deni Permadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->