Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
171Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ilmu Ternak unggas

Ilmu Ternak unggas

Ratings: (0)|Views: 30,706|Likes:
Published by otto_arifin5666
ulasan waktu praktikum
ulasan waktu praktikum

More info:

Published by: otto_arifin5666 on May 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/08/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUMINDUSTRI TERNAK UNGGAS
Disusun oleh :
Tri Nurul Arifin
LABORATORIUM ILMU TERNAK UNGGASBAGIAN PRODUKSI TERNAKFAKULTAS PETERNAKANUNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA2009
 
BAB IPENDAHULUAN
Peternakan ayam pedaging pada mulanya hanya merupakanusaha sampingan. Jumlah ayam yang dipelihara pada petani usaha kecilsekedar memenuhi kebutuhan keluarga dan dijual ketika ada keperluanyang mendadak. Pada waktu itu ayam dipelihara tanpa kandang, dilepasdan berkeliaran ke mana-mana. Tetapi karena adanya suatu pemikiranbahwa ayam yang berkeliaran itu dianggap berbahaya bagi penyebaranpenyakit, kemudian ayam tersebut dikurung dan dibuatkan kandang.Ternyata ayam yang hidupnya terkurung produksinya tidakmengecewakan, justru bagus, tidak mengganggu dan hemat tempat.Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan konsumsiprotein, maka daging ayam cukup menjadi bagian yang tidak terpisahkan.Harganya bila dibandingkan dengan ternak ruminansia jauh lebih murah.Meningkatnya konsumsi daging ayam belum diringi dengan kenaikanpopulasi dan produksi ayam pedaging. Hal ini disebabkan olehmenejemen pemeliharaaan yang belum baik dan efektif. Hanya sebagiankecil dari peternak rakyat yang sudah menerapkan menejemenpemeliharaan yang sesuai dan diikuti dengan penerapan teknologi. Hal inimerupakan salah satu hambatan dalam peningkatan produksi ayampedaging sehingga peluang pemeliharaan ayam pedaging diindonesiamasih terbuka lebar.Melalui praktikum Industri Ternak Unggas ini praktikan diharapkanpraktikan dapat mengetahui cara memelihara ayam pedaging mulai dariDOC umur 1 minggu sampai 5 minggu, menejemen pemberian pakan,manajemen pemeliharaan, sanitasi dan kesehatan serta systemperkandangan. Selain itu praktikan dapat mengetahui cara pemeliharaanayam di suatu perusahaan serta penanganan dan pemeliharaanya dariayam dating hingga pasca panen.
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAAyam Broiler 
Ayam broiler adalah ayam tipe pedaging yang telahdikembangbiakan secara khusus untuk pemasaran secara dini. Ayampedaging ini biasanya dijual dengan bobot rata-rata 1,4 kg tergantungpada efisiensinya perusahaan. Ayam pedaging atau lazim disebut ayambroiler merupakan ayam yang memiliki pertumbuhan sangat cepat(Rasyaf, 1994).Ayam broiler merupakan hasil teknologi yang memiliki karakteristikekonomis, pertumbuhan yang cepat sebagai penghasil daging, konversipakan rendah, dipanen cepat karena pertumbuhannya yang cepat, dansebagai penghasil daging dengan serat lunak (Murtidjo, 1987). MenurutNorthe (1984) pertambahan berat badan yang ideal adalah 400 gram per minggu untuk jantan dan untuk betina 300 gram per minggu.Ayam broiler merupakan jenis ayam jantan atau betina yangberumur 6 sampai 8 minggu yang dipelihara secara intensif untukmendapatkan produksi daging yang optimal. Ayam broiler dipasarkanpada umur 6 sampai 7 minggu untuk memenuhi kebutuhan konsumenakan permintaan daging. Ayam broiler terutama unggas yangpertumbuhannya cepat pada fase hidup awal, setelah itu pertumbuhanmenurun dan akhirnya berhenti akibat pertumbuhan jaringan yangmembentuk tubuh. Ayam broiler mempunyai kelebihan dalampertumbuhan dibandingkan dengan jenis ayam piaraan dalamklasifikasinya, karena ayam broiler mempunyai kecepatan yang sangattinggi dalam pertumbuhannya. Hanya dalam tujuh atau delapan minggusaja, ayam tersebut sudah dapat dikonsumsi dan dipasarkan padahalayam jenis lainnya masih sangat kecil, bahkan apabila ayam broiledikelola secara intensif sudah dapat diproduksi hasilnya pada umur enamminggu dengan berat badan mencapai 2 kilogram per ekor (Anonimus,1994).Untuk mendapatkan bobot badan yang sesuai dengan yangdikehendaki pada waktu yang tepat, maka perlu diperhatikan pakan yangtepat. Kandungan energi pakan yang tepat dengan kebutuhan ayam dapatmempengaruhi konsumsi pakannya, dan ayam jantan memerlukan energiyang lebih banyak daripada betina, sehingga ayam jantan mengkonsumsipakan lebih banyak, (Anggorodi, 1985). Hal-hal yang terus diperhatikandalam pemeliharaan ayam broiler antara lain perkandangan, pemilihanbibit, manajemen pakan, sanitasi dan kesehatan, recording danpemasaran. Banyak kendala yang akan muncul apabila kebutuhan ayamtidak terpenuhi, antara lain penyakit yang dapat menimbulkan kematian,dan bila ayam dipanen lebih dari 8 minggu akan menimbulkan kerugiankarena pemberian pakan sudah tidak efisien dibandingkankenaikkan/penambahan berat badan, sehingga akan menambah biayaproduksi (Anonimus, 1994)
3

Activity (171)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
nova_raditya liked this
Gerardo San liked this
Delia Rakhmah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->