Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Kuantitatif Dan Kualitatif

Tugas Kuantitatif Dan Kualitatif

Ratings: (0)|Views: 5,785|Likes:
Published by fuzah17

More info:

Published by: fuzah17 on Jun 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
Desain untuk riset kuantitatif dan kualitatif 
Dalam bukunya (Husein Umar: 2007) dikatakan bahwa Seringkali kedua istilah inidisajikan seakan-akan saling berlawanan padahal berbeda satu sama lain, tetapi rancanganriset keduanya, yaitu saling melengkapi penelitian kualitatif umumnya sulit diberi pembenaran secara matematik, ia lebih kepada penyampaian perasaan atau wawasan yangdatanya diambil berdasarkan sampel. Walaupun demikian, riset kualitatif bisa menyediakaninformasi penting yang kemudian bisa dijelajahi lebih lanjut melalui riset kuantitatif.
1
Riset kualitatif menggunakan data yang bukan dalam bentuk skala rasio, tetapi dalam bentuk skala yang lebih rendah yaitu skala nominal, ordinal ataupun interval yangkesemuanya dapat dikategorikan, sehingga jelas apa yang akan disamakan dan dibedakan dariapa yang diperbandingkan dalam rangka menjawab permasalahan yang telah dirumuskandalam riset, karena memang inilah bagian terpenting dari riset jenis ini. Penelitian kuantitatif lebih berdasarkan pada dan apa yang dapat dihitung untuk menghasilkan penaksirankuantitatif yang kokoh.
2
Bagong suyanto dan sutinah.
Metode Penelitian Sosial 
;
 Berbagai Alternatif Pendekatan
.(Jakarta: Kencana, 2005), Hlm:
Pengolahan dan analisis data kuantitatif (sutinah)
Secara garis besar pada penelitian kuantitatif ada tiga tipe analisis kuantitatif, yaituanalisis utama/primer sering dikenal dengan analisis data primer (primary analysis); analisisdata sekunder dan meta anliysis. Analisis primer merupakan suatu analisis asli yangdilakukan oleh peneliti yang menghasilkan temuan tentang topik spesifik, dengan data yangutama/primer. Sedangkan analisis data sekunder adalah suatu analisis tentang tentangtemuan-temuan yang ada dari peneliti lain, yang mungkin menggunakan metode yang berbeda dan lebih halus. Meta analisis adalah suatu analisis tentang data atau informasi yangtelah dikumpulkan/ disusun dan dianalisis dari beberapa studi.
3
Penggunaan metode kuantitatif untuk mengidentifikasi tipe komunitas
Secara sederhana, yang disebut penelitian kuantitatif adalah penelitian yang: pertama,melibatkan lima komponen informasi ilmiah, yaitu teori, hipotesis, observasi, generalisasi,
1
Bagong suyanto dan sutinah.
Metode Penelitian Sosial 
;
 Berbagai Alternatif Pendekatan
. (Jakarta: Kencana,2005), Hlm: 36-37 didalam bagian
Desain untuk riset kuantitatif dan kualitatif.
2
Ibid,
3
Ibid,
 
empiris dan penerimaan atau penolakan hipotesis. Kedua, mengandalkan adanya populasi danteknik penarikan sampel, ketiga menggunakan kuesioner untuk pengumpulan datanya.Keempat, mengemukakan variabel-veriabel penelitian dalam analisis datanya. Kelima, berupaya menghasilkan kesimpulan yang umum, baik yang berlaku untuk populasi dan atauyang diteliti.
4
Penelitian kualitatif: sebuah pengantar
Emy susanti hendarsoPengetian penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai penelitian yang menghasilkandata deskriptif mengenai kata-kata lisan maupun tertulis, dan tingkah laku yang dapat diamatidari orang-orang yang diteliti. Penelitian kualitatif yang berakar dari ‘paradigma interpretatif’ pada awalnya muncul dari ketidakpuasan atau reaksi terhadap “paradigma positivis” yangmenjadi akar penelitian kuantitatif. Ada beberapa kritik yang dilontarkan terhadap pendekatan positivis, diantaranya adalah pendekatan kuantitatif mengambil model penelitianilmu alam untuk penelitian sosial sehingga tidak dapat digunakan untuk memahamikehidupan sosial sepenuhnya.
5
Teori dan pendekatan yang menjadi dasar
Penggunaan metode penelitian kualitatif pertama-tama dikenal dalam studi-studi darichigago school ditahun 1910-1940. Selama periode ini peneliti-peneliti universitas chigagomenghasilkan penelitian-penelitian dengan pengamatan terlibat (participant observation) dan berdasarkan pada catatan-catatan pribadi (personal documents). Sampai dengan tahun 1960-an, masyarakat ilmiah telah terbiasa dengan metode-metode participant observation, in-depthinterview dan personal documents.
6
Burhan Bungin,
Metodologi Penelitian Kualitatif 
, (Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2007),Hlm:
Dalam judul : Desain penelitian social (format kuantitatif dan kualitatif) oleh SanapiahFaisal.
Desain penelitian social dalam metodologi terdapat 2 mahzab yaitu: mahzab yangdinamai sebagai berikut:1.Pendekatan penelitian kuantitatif;
4
Ibid,
5
Ibid,
6
Ibid,
 
2. Pendekatan penelitian kualitatif Keduanya ini lahir dan berkembang biak sebagai konsekuensi logis dari perbedaanasumsi masing-masing tentang hakikat realitas social maupun hakikat manusia itu sendiri.
7
Pada penelitian social yang tergolong berpendekatan kuantitatif , misalnya terdapat berbagai istilah kunci yang selama ini (dipandang) sedemikian melekat sebagai atribut penelitian kuantitatif itu sendiri. Misalnya istilah faktor, variable, instrumen pengukuran,validitas, reliabilitas, objektivitas, dsb. Sedangkan pada format penelitian kualitatif yaitu:format fenomenologi, etnometodologi, observasi partisifasif-interaksionisme simbolik .
8
Hadari Nawawi dan Mimi Martini,.
 Penelitian Terapan
, (Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press, 1996). Hlm:Pada akhir abad XX atau memasuki abad XXI perkembangan ilmu pengetahuanmasih didominasi oleh ilmu aksakta termasuk ilmu pengetahuan alam. Kondisi ini sangat besar pengeruhnya terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi material dan bersifatmekanisasi, sehubungan dengan itu penelitian terapan yang bersifat kuantitatif menjadi bidang yang menarik dan mendominasi para ilmuan, sehingga tidak sedikit usaha untuk memasukkan cara pengembangan ilmu pengetahuan bidang social melalui penelitiankuantitatif.
9
Dalam penelitian terapan tampaknya para ilmuan cenderung kepada penelitiankuantitatif. Kecendrungan seperti itu tidak menutup kemungkinan penelitian terapan untuk dilakukan secara kualitatif. Sehubungan dengan itu bagi penelitian terapan yang terpentingadalah hasilnya sehingga yang mampu menghasilkan rumusan kesimpulan, implementasi dansaran-saran tindakan yang berdaya dan berhasil guna dalam menyelesaikan masalah yangdihadapinya.
 Nana Syaodih Sukmadinata. 2009.
Metode Penelitian Pendidikan
. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
1.Penelitian kualitatif dan kuantitatif 
7
Burhan Bungin,
Metodologi Penelitian Kualitatif 
, (Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2007), Hlm:48.
8
Ibid,
9
 
Hadari Nawawi dan Mimi Martini,.
 Penelitian Terapan
, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1996).Hlm:
10
Ibid,

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
tunggaltri liked this
Wisterling Uchu liked this
Sayuhati Sayu Mata added this note
sangat bagus ntuk di pelajarinya...!
Wayan Surata liked this
Indra Coopu liked this
Aulia Orchid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->