Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
87Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dormansi Makalah Tekben Kelompok

Dormansi Makalah Tekben Kelompok

Ratings: (0)|Views: 12,452|Likes:
dormansi pada benih
dormansi pada benih

More info:

Published by: Aulia Rahma Kautsari on Jun 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Benih merupakan komponen penting teknologi kimiawi-biologis yang padasetiap musim tanam untuk komoditas tanaman pangan masih menjadi masalahkarena produksi benih bermutu masih belum dapat mencukupi permintaan pengguna/petani. Benih dari segi tehnologi diartikan sebagai organisme minihidup yang dalam keadaan “istirahat” atau dorman yang tersimpan dalam wahanatertentu yang digunakan sebagai penerus generasi.Dormansi dapat dipandang sebagai salah satu keuntungan biologis dari benih dalam mengadaptasikan siklus pertumbuhan tanaman terhadap keadaanlingkungannya, baik musim maupun variasi-variasi yang kebetulan terjadi.Dormansi pada benih dapat berlangsung selama beberapa hari, semusim, bahkansampai beberapa tahun tergantung pada jenis tanaman dan tipe dari dormansinya.Dormansi pada benih dapat disebabkan oleh keadaan fisik dari kulit biji keadaanfisiologis dari embrio atau kombinasi dari kedua keadaan tersebut. Pertumbuhantidak akan terjadi selama benih belum melalui masa dormansinya, atau sebelumdikenakan suatu perlakuan khusus terhadap benih tersebut.Pada beberapa jenis varietas tanaman tertentu, sebagian atau seluruh benihmenjadi dorman sewaktu dipanen, sehingga masalah yang sering dihadapi oleh petani atau pemakai benih adalah bagaimana cara mengatasi dormansi tersebut.Dormansi sendiri mempunyai pengertian adalah suatu keadaan dimana pertumbuhan tidak terjadi walaupun kondisi lingkungan mendukung untuk terjadinya perkecambahan. Benih yang mengalami dormansi ditandai oleh:a.Rendahnya/tidak adanya proses imbibisi ai b.Proses respirasi tertekan/terhambatc.Rendahnya proses mobilisasi cadangan makanand.Rendahnya proses metabolisme cadangan makanane.Secara umum, dormansi dikelompokkan menjadi 2 tipe yaitu:1)Dormansi Fisik, disebabkan oleh pembatasan structural terhadap perkecambahan biji, seperti kulit biji yang keras dan kedap
 
sehingga menjadi penghalang mekanis terhadap masuknya air ataugas-gas ke dalam biji.2)Dormansi Fisiologis, pada umumnya disebabkan oleh zat pengatutumbuh, baik yang berupa penghambat maupun perangsangtumbuh.Cara-cara untuk memecahkan dormansi antara lain dengan perlakuanmekanis, perlakuan kimia, perlakuan perendaman air, perlakuan pemberiantemperatur tertentu dan perlakuan dengan cahaya.
 
PEMBAHASANa.Pengertian dan Penyebab Dormansi
Dormansi adalah suatu keadaan dimana pertumbuhan tidak terjadiwalaupun kondisi lingkungan mendukung untuk terjadinya perkecambahan.Pada beberapa jenis varietas tanaman tertentu, sebagian atau seluruh benihmenjadi dorman sewaktu dipanen, sehingga masalah yang sering dihadapioleh petani atau pemakai benih adalah bagaimana cara mengatasi dormansitersebut.
b. Benih yang mengalami dormansi biasanya disebabkan oleh :
 
Rendahnya / tidak adanya proses imbibisi air yang disebabkan olehstruktur benih (kulit benih) yang keras, sehingga mempersulitkeluar masuknya air ke dalam benih.
Respirasi yang tertukar, karena adanya membran atau pericarpdalam kulit benih yang terlalu keras, sehingga pertukaran udaradalam benih menjadi terhambat dan menyebabkan rendahnya proses metabolisme dan mobilisasi cadangan makanan dalam benih.
Resistensi mekanis kulit biji terhadap pertumbuhan embrio, karenakulit biji yang cukup kuat sehingga menghalangi pertumbuhanembrio. Pada tanaman pangan, dormansi sering dijumpai pada benih padi, sedangkan pada sayuran dormani sering dijumpai pada benih timun putih, pare dan semangka non biji.Ada beberapa tipe dari dormansi dan kadang-kadang lebih dari satutipe terjadi didalam benih yang sama. Di alam, dormansi dipatahkan secara perlahan-lahan atau disuatu kejadian lingkungan yang khas. Tipe darikejadian lingkungan yang dapat mematahkan dormansi tergantung padatipe dormansi.

Activity (87)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ijan Naji liked this
Mank Alit liked this
Haerullah Amir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->