Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
24Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
REVALUASI AKTIVA TETAP

REVALUASI AKTIVA TETAP

Ratings: (0)|Views: 4,458|Likes:
Published by Didik Suhendro

More info:

Published by: Didik Suhendro on Jun 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/25/2013

pdf

text

original

 
REVALUASI AKTIVA TETAP(TINJAUAN MENURUT AKUNTANSI, PAJAK, DAN PENILAIAN)Oleh: Didik SuhendroStandar Akuntansi Keuangan mengatur masalah penilaian kembali ataurevaluasi aktiva tetap di PSAK No. 16 (Aktiva tetap). Pada dasarnya Penilaiankembali atau revaluasi aktiva tetap tidak diperkenankan karena SAK menganutpenilaian aktiva berdasarkan harga perolehan atau harga pertukaran.Penyimpangan dari ketentuan ini mungkin dilakukan berdasarkan
ketentuanpemerintah
. Dalam hal ini laporan keuangan harus menjelaskan mengenaipenyimpangan dari konsep harga perolehan di dalam penyajian aktiva tetap sertapengaruh daripada penyimpangan tersebut terhadap gambaran keuanganperusahaan. Selisih antara nilai revaluasi dengan nilai buku (nilai tercatat) aktivatetap dibukukan dalam akun modal dengan nama
Selisih Penilaian KembaliAktiva Tetap
. Jika aktiva tetap dicatat pada jumlah yang dinilai kembali halberikut harus diungkapkan:Dasar yang digunakan untuk menilai kembali aktivaTanggal efektif penilaian kembaliNama nilai independenHakekat setiap petunjuk yang digunakan untuk menentukan biayapenggantiJumlah tercatat setiap jenis aktiva tetapSurplus penilaian kembali aktiva tetap.Di dalam UU No. 36 Tahun 2008 tentang perubahan keempat atas UU No. 7Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan pasal 19 menyatakan bahwa MenteriKeuangan berwenang menetapkan peraturan tentang penilaian kembali aktiva danfaktor penyesuaian apabila terjadi ketidaksesuaian antara unsur-unsur biayadengan penghasilan karena perkembangan harga.Atas selisih penilaian kembali aktiva diterapkan tarif pajak tersendiri dengankeputusan Menteri Keuangan sepanjang tidak melebihi tarif pajak tertinggisebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 ayat (1) Undang-Undang Pajak 
 
Penghasilan. Selanjutnya penilaian kembali atau revaluasi aktiva tetap ini diaturdalam peraturan perpajakan sebagai berikut:1.
 
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 79/PMK.03/2008tentang Penilaian Kembali Aktiva Tetap Perusahaan Untuk TujuanPerpajakan.2.
 
Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER- 12/PJ/2009 tentangTatacara Pengajuan Permohonan dan Pengadministrasian PenilaianKembali Aktiva Tetap Perusahaan Untuk Tujuan Perpajakan.3.
 
Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak NomorSE-08/PJ.31/2002 Tentang Pengantar Keputusan Menteri Keuangan Nomor486/KMK.03/2002 Tanggal 28 Nopember 2002 Tentang Penilaian Kembali Aktiva TetapPerusahaan Untuk Tujuan Perpajakan dan Keputusan Direktur JenderalPajak NomorKEP-519/PJ./2002 Tanggal 2 Desember 2002 Tentang Tatacara dan Prosedur Pelaksanaan Penilaian Kembali Aktiva TetapPerusahaan Untuk Tujuan Perpajakan.
Point-point yang terdapat pada aturan perpajakan adalah sebagai berikut:
1.
 
Yang bisa melakukan penilaian kembali aktiva tetap adalah Perusahaan.Yang dimaksud perusahaan
yaitu Wajib Pajak badan dalam negeri danbentuk usaha tetap (BUT)
, dengan syarat telah memenuhi semuakewajiban pajaknya sampai dengan masa pajak terakhir sebelum masapajak dilakukannya penilaian kembali dan tidak termasuk Wajib Pajak yang memperoleh izin menyelenggarakan pembukuan dalam mata uangDollar Amerika Serikat. Jadi wajib pajak orang pribadi tidak bisamelakukan penilaian kembali untuk tujuan perpajakan.2.
 
Yang menjadi obyek penilaian kembali aktiva tetap adalah seluruh aktivatetap berwujud, termasuk tanah yang berstatus hak milik atau hak gunabangunan; atau seluruh aktiva tetap berwujud tidak termasuk tanah, yangterletak atau berada di Indonesia, dimiliki, dan dipergunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan yang merupakanObjek Pajak.
 
3.
 
Penilaian kembali aktiva tetap perusahaan tidak dapat dilakukan kembalisebelum lewat jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung sejak penilaiankembali aktiva tetap perusahaan terakhir yang dilakukan.4.
 
Penilaian kembali aktiva tetap perusahaan harus dilakukan berdasarkannilai pasar atau nilai wajar aktiva tetap tersebut yang berlaku pada saatpenilaian kembali aktiva tetap yang ditetapkan oleh perusahaan jasapenilai atau ahli penilai, yang memperoleh izin dari Pemerintah.5.
 
Atas selisih lebih penilaian kembali aktiva tetap perusahaan di atas nilaisisa buku fiskal semula dikenakan Pajak Penghasilan yang bersifat finalsebesar 10% (sepuluh persen).6.
 
Perusahaan yang karena kondisi keuangannya tidak memungkinkan untuk melunasi sekaligus Pajak Penghasilan yang terutang sebagaimanadimaksud dalam Pasal 5, dapat mengajukan permohonan pembayaransecara angsuran paling lama 12 (dua belas) bulan.7.
 
Dasar penyusutan fiskal aktiva tetap yang telah memperoleh persetujuanpenilaian kembali adalah nilai pada saat penilaian kembali.8.
 
Masa manfaat fiskal aktiva tetap yang telah dilakukan penilaian kembaliaktiva tetap perusahaan disesuaikan kembali menjadi masa manfaat penuhuntuk kelompok aktiva tetap tersebut.9.
 
Perhitungan penyusutan dimulai sejak bulan dilakukannya penilaiankembali aktiva tetap perusahaan.10.
 
Dalam hal Perusahaan melakukan pengalihan aktiva tetap berupa:a.
 
Aktiva tetap kelompok 1 (satu) dan kelompok 2 (dua) yang telahmemperoleh persetujuan penilaian kembali sebelum berakhirnya masamanfaat yang baru;b.
 
Aktiva tetap kelompok 3 (tiga), kelompok 4 (empat), bangunan, dantanah yang telah memperoleh persetujuan penilaian kembali sebelumlewat jangka waktu 10 (sepuluh) tahun,maka atas selisih lebih penilaian kembali diatas nilai sisa buku fiskalsemula, dikenakan tambahan Pajak Penghasilan yang bersifat final dengantarif sebesar tarif tertinggi Pajak Penghasilan Wajib Pajak badan dalam

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
santo34 liked this
Fikar Joule liked this
Asih Gitcu liked this
Ananda Christine liked this
Amalia Liaa liked this
Bryan Napitu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->