Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kualitas Air

Kualitas Air

Ratings: (0)|Views: 803 |Likes:
Published by ino's

More info:

Published by: ino's on Jun 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2012

pdf

text

original

 
 
PEDOMAN TEKNIS
(DALAM PENYUSUNAN PERATURAN DAERAH TK II)
t e n t a n g
PENGAWASAN KUALITAS AIR 
DIREKTORAT JENDERAL PPM & PLPDEPARTEMEN KESEHATAN1977
 
 
1. PENDAHULUAN
Dalam Undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan pada pasal 22 ayat 23 mengatakanbahwa Penyehatan Air meliputi pengamanan dan penetapan kualitas air untuk berbagai kebutuhan hidup manusia.Upaya penyehatan air bertujuan untuk menjamin tersedianya air minum ataupun air bersih yang memenuhipersyaratan kesehatan bagi seluruh masyarakat baik perkotaan maupun pedesaan. Untuk menjamin tersedianyakualitas air yang memenuhi persyaratan tersebut, berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah maupunmasyarakat, seperti pembangunan dan perbaikan sarana air bersih/air minum, Upaya pengawasan kualitas air danpenyuluhan–penyuluhan mengenai hubungan kesehatan dengan tersedianya air yang memenuhi persyaratankesehatan.Salah satu aspek yang sangat esensial untuk terjaminnya kualitas air yang memenuhi persyaratantersebut adalah tersedianya suatu perangkat yang dapat nengatur dan mengawasi pihak yang memproduksi air danpihak konsumen, yang meliputihak, kewajiban dan tanggung jawab masing-masing demi terjaminnya kuantitas dankualitas air. Sejauh ini, beberapa Dati II di Indonesia telah mengembangkan dan membuat peraturan Daerahtentang pengawasan kualitas air di Dati II masing-masing, sebagian telah berjalan dengan cukup baik sisanya masihberupa SK kepala Daerah, sedangkan daerah lainnya masih belum mempunyai peraturan dimaksud.Melihat kondisi yang demikian, Departemen Kesehatan RI dalam hal ini Direktorat Jenderal PPM & PLPpenyusun suatu pedoman teknis yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah Zdaerahh sebagai acuan untuk menyusun Peraturan Daerah tentang pengawasan kualitas air di Dati II masing-masing.
2.
Pedoman Teknis ini bertujuan untuk memberikan pedoman yang berisi muatan teknis dalamrangka menyusun Peraturan Daerah Tingkat II tentang
TUJUAN
pengawasan kualitas air , yang dapat disesuaikan dengan kondisi, kemampuan dan tersedianya fasilitas di daerah.
3. PENGERTIAN
1) Pedoman Teknis : Pedoman tentang hal-hal teknis yang berhubungan dengan kesehatan sebagaimana diaturdalam PerMenkes nomor 416 tahun 1990 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air.2) Perda : Peraturan Daerah Tingkat II tentang Pengawasan kualitas air.3) Pemda : Pemerintah Daerah tingkat II Kabupaten / Kotamadya.4) Air minum adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.5) Air Bersih adalah air yang digunakan keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dandapat diminum apabila dimasak.6) Air Kolan renang adalah air didalam kolam renang yang digunakan untuk olah raga renang dan kualitasnyamemenuhi syarat kesehatan.7) Air pemandian Umum adalah air yang digunakan pada tempat-tempat pemandian bagi umum tidak termasuk pemandian untuk pengobatan tradisional dan kolam renang, yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan.8) Laboratorium adalah tempat untuk melakukan pemeriksaan contoh air secara fisika, kimia dan bakteriologis.
4. DASAR HUKUM
1) UU . Darurat no 12 Darurat Tahun 1957, Tentang Peraturan Umum Retribusi Daerah.2) UU.no 5 Tahun 1974, tentang pokok-pokok Pemerintahan di Daerah.3) UU. No 4 Tahun 1982, tentang ketentuan pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.4) UU, no 23 tahun 1992 tentang kesehatan.5) Peraturan pemerintah no 7 tahun 1987tetang penyerahan sebagian urusan pemerintah dalam bidang kesehatankepada Daerah.6) Peraturan pemerintah no 20 tahun 1990 ,tetang pengendalian pencemaran Air.7) Keputusan bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Kependudukan dan lingkungan hidup / badan PengendalianDampak lingkungan nomor 103/Menkes/SKB/II/1993. Nomor Kep./09/BAPEDA/02/1993, tentang PelaksanaanPemamtauan Dampak Lingkungan.8) Peraturan Menteri Kesehatan no 416 Tahun 1990, tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas Air.9) Peraturan Menteri Kesehatan no 061/Menkes/Per/I/1991 tetang persyaratan kolam renang.10) Keputusan Sekjen Depkes no 0347/SJ/SK/Lapkes/III/92, tentang jenis-jenis pemeriksaan dan besarnya biayabahan dan alat untuk tarif pemeriksaan laboratorium .11) Keputusan Mendagri no 21 Tahun 1994 tentang pedoman Organisasi dan Tata kerja dinas kesehatan.
5. TUJUAN PENGAWASAN KUALITAS AIR 
Pengawasan Kualitas Air bertujuan :
 A. Tujuan Umum :
Pengawasan kualitas air bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai keadaan sanitasi sarana air bersihdan kualitas air sebagai data dasar pemberian rekomendasi untuk pengamanan kualitas air.
B. Tujuan Khusus:
1) Tersedianya informasi keadaan sanitasi air bersih dan kualitas air.2) Tersedianya rekomendasi untuk tindak lanjut terhadap upaya perlindungan pencemaran, perbaikan kualitas airdan penyuluhan kepada pihak terkait.
 
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka aspek yang perlu diperhatikan dalam rangka penyusunan peraturandaerah tentang pengawasan kualitas Air khususnya adalh : jenis kegiatan, jenis air, persyaratan air, pembiayaan danpengelola air.
6. JJENIS KEGIATAN PENGAWASAN KUALITAS AIR 
A. Pengamatan lapangan dan pengambilan contoh air
1. Pengamatan lapangan atau inspeksi sanitasi bermaksud memberi gambaran tentang serangkaian informasi dantempat-tempat yang berpontensi mempunyai masalah. Data yang diperoleh bisa menjabarkan kekurangan,ketidakteraturan, kesalahan penanganan dan data penyimpangan yang mungkin mempengaruhi produksi dandistribusi.Inspeksi sanitasi dilaksanakan secara teratur waktunya ( rutin ) dan tepat guna.Langkah-langkah inspeksi sanitasi dilakukan pada :
(a) Sistem perpipaan ( PDAM / BPAM / PAM Swata )
??
Pengamatan lapangan pada seluruh unity pengolahan air minum mulai dari sumber air baku, instalasipengolahan, jaringan distribusi sampai dengan sambungan pelayanan rumah.
??
Pengamatan lapangan dengan pengisian formulir Inspeksi Sanitasi
??
Hasil setiap pengamatan harus segera diolah dan dianalisis supaya dapat segera ditindak lanjuti/perbaikankualitas.
(b) Sarana air bersih (sumur gali, sumur pompa tangan, PAH, PMA.)
??
Inventarisasi seluruh sarana.
??
Pemetaan.
??
Pengamatan lapangan/sarana (sesuai dengan formulir inspeksi sanitasi menurut jenis sarana air bersih).
2. Pengambilan dan Pengiriman Sampel Air
a) Persyaratan pengambilan sampel sebagai berikut :
??
Pengambilan sampel harus direncanakan dan dilaksanakan dengan cermat dengan frekuensi yang cukupsehingga setiap ada perubahan kualitas air sewaktu-waktu dapat diketahui.
??
Sampel harus diambil, disimpan dan dikirim dalam botol yang steril dan sempurna.
??
 Volume air yang diambil sesuai dengan pedomann.
??
Sampel harus diambil dari titik-titik dari sistem penyediaan air yang sedapat mungkin mewakili semuanya.
??
Waktu penganbilan harus hati-hati sekali untuk mencegah kontaminasi terhadap sampel yang telahdiambil.
??
Untuk mencegah adanya perubahaan komposisi sampel yang bermakna yang mempengaruhi hasil analisasangat penting menjamin bahwa sampel diambil dengan tepat dan dikirim secepat-cepatnya.
??
Prosedur/tehnik sampling air minum/bersih, air kolam renang, air pemandian umum mengacu pada bukupedoman pengambilan sampel yang ada.b) Penentuan titik samplingDalam memilih titik pengambilan sampel, maka setiap tempat harus diberlakukan secara inddividu. Kristeriaumum dalam menentukan titik sampling adalah :
??
Titik–titik pengambilan sampel harus mewakili berbagai sumber-sumber air yang mungkin masuk kedalam sistem.
??
Titik-titik tersebut harus meliputi bagian-bagian yang mewakili suatu kondisi dari sistem yang palingtidak baik serta tempat yang kemungkinan memperoleh kontaminasi (reservoir, belokan–belokan,daerah bertekanan rendah, ujung dari sistem dan lain-lain).

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nisa Ajah liked this
Agvin Melania liked this
Onha Rahman liked this
novalia_pv liked this
Catradana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->