Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
113Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Amdal Batu Bara(Pembelajaran)

Amdal Batu Bara(Pembelajaran)

Ratings: (0)|Views: 5,674 |Likes:
Published by rima wardah
hasil telaah
hasil telaah

More info:

Published by: rima wardah on Jun 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/15/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Kalimantan Timur merupakan salah satu penghasil tambang yangmemiliki potensi sumber daya alam yang kaya di Indonesia, minyak mentah,emas, intan, dan batubara adalah beberapa hasil tambang yang berskala besar ditiap tahunnya . Tambang batubara merupakan produk andalan yang berasal dariKalimantan Timur sekarang ini. Namun, batubara adalah suatu kategori sumber daya alam yang tak terbaharui, sehingga keberadaannya harus dijaga. Sehingga pembangunan nasional dapat bergulir terus-menerus dengan mengedepankansumber daya alam yang dikelola secara baik.Salah satu tujuan pembangunan nasional adalah meningkatkankesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berprikemanusiaan. Ketersediaansumberdaya alam dalam meningkatkan pembangunan sangat terbatas dan tidak merata, sedangkan permintaan sumberdaya alam terus meningkat, akibat peningkatan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Namun, dalamtahap pembangunan nasional, beberapa masyarakat kini dianggap berkesan acuhsecara minor terutama akan
”aturan main”
dalam menanggapi lingkungan,dikhawatirkan akan terjadi ekploitasi lahan usaha yang pada akhirnya gangguankesetimbangan lingkungan tidak dapat dihindarkan.Dalam rangka upaya mengendalikan pencemaran dan kerusakanlingkungan akibat pembangunan maka, perlu dilakukan perencanaan pembangunan yang dilandasi prinsip pembangunan berkelanjutan. Prinsip pembangunan berkelanjutan dilakukan dengan memadukan kemampuanlingkungan, sumber daya alam dan teknologi ke dalam proses pembangunanuntuk menjamin generasi masa ini dan generasi masa mendatang.
 
Analisa mengenai dampak lingkungan lahir dengan dirumuskannyaundang- undang tentang lingkungan hidup di Amerika Serikat, yaitu NationalEnvironmental Policy Act (NEPA), pada tahun 1969. Amdal merupakan suatureaksi masyarakat terhadap kerusakan lingkungan yang disebabka oleh aktivitasmanusia yang terutama disebabkan oleh pembangunan dan penggunaan teknologiyang berlebihan dan terkesan mengabaikan lingkungan. Hal ini termasuk dalamkesehatan lingkungan yang dalam artian derajat kesehatan tergantung terhadapkondisi lingkungan. Oleh sebabnya, apabila ada perubahan-perubahan terjadi pada kondisi lingkungan di sekitar manusia, akan terjadi pula perubahan- perubahan pada kondisi kesehatan masyarakat dalam lingkungan masyarakattersebut.Di dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang PengelolaanLingkungan Hidup pasal 18 ayat 1, menyatakan bahwa setiap rencana usahadan/atau kegiatan yamg mempunyai dampak besar dan penting wajib dilakukankajian AMDAL. Kajian AMDAL tersebut perlu dilakukan guna mengurangidampak negatif yang ditimbulkan dari operasional kegiatan terutama pencemaranudara yang diperkirakan punya pengaruh buruk terhadap kesehatan.
1.2Rumusan Masalah
1.
Bagaimana deskripsi umum daerah pertambangan batu bara di PT. KaltimPrima Coal?
2.
Apa paradigma kesehatan lingkungan yang terjadi di PT. Kaltim Prima Coal?
3.
Bagaimana upaya penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif akibat kegiatan pertambangan di PT. Kaltim Prima Coal?
 
1.3Tujuan
1.
Untuk mengetahui deskripsi umum daerah pertambangan batu bara di PT.Kaltim Prima Coal
2.
Untuk mengetahui paradigma kesehatan lingkungan yang terjadi di PT.Kaltim Prima Coal
3.
Untuk mengetahui upaya penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasidampak negatif akibat kegiatan pertambangan di PT. Kaltim Prima Coal.

Activity (113)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Wahyudi Elwafi liked this
Eddy Kurniawan liked this
adambitor1713 liked this
Akhirul Hajri liked this
Fmuhar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->