Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Dan Energi

Materi Dan Energi

Ratings: (0)|Views: 526 |Likes:

More info:

Published by: Manyun 'Manyun' Caiank on Jun 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
MATERI DAN ENERGI
1. MateriMateri adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati suatu ruang, baik yang berbentuk padat, cair,dan gas. Semua materi dapat dipecah menjadi bagian yang sangat kecil yang disebut molekul. Molekul masihmemiliki sifat-sifat materi, misalnya molekul gula adalah bagian terkecil dari gula yang masih mempunyaisifat-sifat gula.Dengan kemajuan ilmu pengetahuan, sebuah molekul dapat dipecah lagi menjadi bagian lebih kecil yangdisebut atom. Molekul gula tebu dapat dipecah menjadi 12 atom karbon, 22 atom hidrogen, dan 11 atomoksigen. Atom-atom tersebut dipersatukan sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk molekul gula. Akantetapi, bila atom-atom karbon, hidrogen, dan oksigen tesebut dipersatukan kembali dengan susunan yang berbeda akan dapat membentuk molekul materi yang berbeda, misalnya alkohol atau zat pati. Dari contoh-contoh diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa atom-atom disebut pula unsur dasar yang menyusun suatumateri.Semua materi mempunyai sifat sendiri-sendiri. Apabila terjadi suatu perubahan karena sesuatu, sifatnya akan berubah dan sifat itu menjadi ciri bagi materi tersebut. Perubahan suatu materi dibedakan atas dua kelompok,yaitu :a. Perubahan materi secara fisika adalah perubahan materi yang tidak disertai terjadinya materi jenis baru, misalnya sebagai berikut.
Penguapan air 
 
: kalau air dipanaskan akan berubah menjadiuap.
Pembekuan air 
: air didinginkan pada 0
0
C menjadi es.
Gula dilarutkan dalam air 
 
: tidak mengubah warna tetapi manis.Jadi, perubahan materi secara fisika termasuk perubahan tingkat wujudmateri, seperti menguap, membeku, melarut dan menghablur. b. Perubahan materi secara kimia adalah perubahan yang menghasilkansatu atau beberapa materi yang jenisnya lain, misalnya sebagai berikut.
Besi berkarat
: sepotong besi yang dibiarkan dalam keadaan lembab dan karena reaksi udara beberapa waktu akan timbul karat yang merupakan materi baru hasil reaksi.
Pembakaran
 
:sepotongkayudinyalakandanterbakar menghasilkan abu.
Magnesium ditaruh pada nyala api : akantampak kabut putih dengan
 
nyala menyilaukan, setelah dingin idak tampak potongan magnesiumtersebut.Atom adalah partikel yang paling kecil dari suatu unsur kimia. Partikeldidefinisikan sebagai atom bila masih memiliki sifat-sifat atom tersebut.Menurut John Dalton (1766 - 1844), seorang ahli kimia Prancis, mengajukan hipotesis tentang substansidasar materi. Ternyata prinsip hipotesis tersebut dapat bertahan, sehingga dikenal sebagai Teori Dalton. Atommenurut Dalton tersusun sebagai berikut :1) Atom merupakan partikel-partikel terkecil dari unsur yang tidak dapatdipecahkan lagi.
2)Atom-atom dari unsur yang sama mempunyai sifat sama, sebaliknya
atom dari unsur yang berbeda mempunyai sifat yang berbeda pula.3) Kumpulan atom sejenis dapat membentuk unsur, sedang kumpulanatom berlainan jenis akan membentuk senyawa.4) Atom-atom yang saling mengikat secara kimiawi akan membentuk molekul.Kemajuan pesat di dunia ilmu pengetahuan alam dalam abad XX menimbulkan perbedaan pendapattentang konsep teori atom dan molekul. Saat ini batasan untuk atom adalah partikel yang terkecil dari suatuunsur yang dapat mengambil bagian dalam perubahan-perubahan kimia.
 
Rutherford (1817 - 1937) mengemukakan teori tentang struktur atomdan mengatakan bahwa :Sebuah atom terdiri atas inti atom yang bermuatan positif dan dibungkus oleh kulit atom yangmengandung elektron-elekron yang bermuatan negatif. Atom tidak akan bermuatan listrik (menjadi netral) bila jumlah muatan negatif sama dengan jumlah muatan positif.J. Chadwick (1891 - 1994) menemukan bahwa partikel jenis ketiga initidak bermuatan listrik dan mempunyai massa tepat sama dengan massa proton. Partikel ini disebut neutronyang bersama-sama dengan proton di dalam nukleus.Berat proton dibandingkan dengan berat electron adalah 1840 kali lebih besar. Massa atom unsur-unsur lain tergantung pada massa inti atom unsur tersebut dan hal ini tergantung pada massa neutronnya. Misalkan,massa atom oksigen adalah 16, berarti pada oksigen terdapat 8 proton dan 8 neutron di dalam inti atomnya. Niels Bohr (1885 - 1962) mengajukan teori yang menyatakan bahwaatom merupakan system matahari yang terkecil (miniatur). Inti atom sebagai matahari dan elektron-elektronsebagai planet yang beredar mengelilingi inti. Elektron-elektron beredar melintasi garis edar berbentuk elipsdengan kecepatan cahaya. Niels Bohr menemukan bahwa lokasi-lokasi electron tertentu dan terbatas. Electrondapat terlempar ke luar orbit dan menjauhi intinya, kadang-kadang malah memasuki orbit lebih dekat ke intimempunyai energi lebih kecil daripada electron yang jauh dari inti. Untuk memindahkan electron dari lintasanyang dekat ke inti ke lintasan yang lebih jauh dari inti diperlukan tambahan energi. Sebaliknya, electron darilintasan luar yang jauh ke lintasan dalam yang dekat inti melepaskan energi. Energi yang dilepas maupunditambahkan merupakan jumlah tertentu yang disebut kuantum. Neils Bohr gagal mengadakan percobaan dengan atom lain kecuali hydrogen, tetapi kegagalan tersebutdiperbaiki oleh Schrodinger sehingga teori Bohr dapat dimantapkan.
Kulit I
 
hanya dapat diisi 2 elektron
Kulit II hanya dapat diisi 8elektron
Kulit III hanya dapat diisi 18elektron
Kulit IV hanya dapat diisi 32elektronSymbol atom modern dirintis oleh Jacob Berzelius pada tahun 1813 dengan mengambil singkatan dari huruf  pertama nama atom yang kadang-kadang diikuti oleh salah satu huruf berikutnya. Huruf pertama ditulisdengan huruf besar, sedang huruf berikutnya ditulis dengan huruf kecil. Sebagai contoh : Nama AtomSimbolHydrogenHOksigenOCalsiumCa2. EnergiEnergi atau tenaga ialah kemampuan untuk melakukan kerja. Dalam IPA yang dimaksud kerja ialah usahagerak melawan hambatan. Seseorang yang mengangkat sebuah benda ke atas, berarti melakukan usaha gerak melawan gaya tarik bumi atau gravitasi. Energi dapat memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat lain.Bermacam-macam bentuk energi antara lain gerak, cahaya, panas, tenaga kimia, dan tenaga atom.
 
Energi dapat diubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Peristiwa ini disebut transformasi energi.Sebagai contoh, kayu yang dibakar menghasilkan energi panas.Energi dapat diubah menjadi energi yang setara, tetapi energi itu tidak dapat dimusnahkan dan juga tidak dapat dibuat. Hal ini disebut hukum kekekalan energi. Albert Einstein mengemukakan pendapatnya tentanghukum kekekalan materi dan energi, bahwa pada waktunya orang dapat mengubah unsur menjadi energi dansebaliknya energi menjadi unsur kembali. Para ahli menegaskan pendapat Einstein dengan mengemukakan bahwa unsur dan energi adalah dua macam bentuk yang berlainan, maka tetap berlaku hukum kekekalan.Bahwa untuk energi dapat diubah dari yang satu ke yang lain, tetapi jumlah akhir adalah tetap. Bagan di bawahini memperlihatkan secara skematis energi asal radiasi surya maupun buatan manusia diubah bentuknyamenjadi energi yang dapat dimanfaatkan.Pada proses I : Sinar matahari ditangkap oleh daun tumbuh-tumbuhan, dikumpulkan dalam bentuk kayudan biomassa sebagai kayu bakar atau biomassa yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.Pada proses II : menunjukkan pada radiasi surya yang memanasiatmosfer, sehingga terjadi perpindahan udara berupa angin dan arus pancar.Pada proses III : lautan dipanaskan, terjadi dua hal, yang pertama air naik sebagai uap menjadi awan danturun lagi ke bumi dalam bentuk hujan. Hujan yang turun di gunung dan air mengalir di sungai merupakan potensi tenaga air. Kedua, lautan dipanaskan, lapisan laut sebelah atas lebih panas

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aulia Urrahman added this note
bermanfaat bgt ne,,. mksiii..:)
Gusnadi AB liked this
Syahminan Minan liked this
Akhmad Jailani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->