Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Sumber Daya Manusia (the Right Man on the Right Place and the Right Time)

Manajemen Sumber Daya Manusia (the Right Man on the Right Place and the Right Time)

Ratings: (0)|Views: 1,768 |Likes:
Published by gp_poetry

More info:

Published by: gp_poetry on Jun 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

 
 
3
Binus University
Manajemen Sumber DayaManusia
“The Right Man on the Right Place and the Right Time” 
1.Gempita Putri (1201004720)2.Linda (1201004670)3.Diyen Sabrina (1201004292)
4.
Silvy Fauziah (1201001864)
5.
Siti Nur Islameitya (1201005010)6.Rini Novira (1201003440)
 
Secara singkat dapat dikatakan bahwa manajemen sumberdayamanusia sangat erat kaitannya dengan motto "The Right Man on the RightPlace and the Right Time". Jadi manajemen sumberdya manusia pada saatyang tepat harus bisa mengusahakan agar tenaga kerja itu ditempatkanpada posisi yang tepat sesuai dengan minat dan kemampuannya.
ANALISIS JABATAN
Untuk bisa menerapkan motto "The Right Man on the Right Place atthe Right Time" ada beberapa hal yang harus diketahui. Dari sudutperusahaan, maka unsur pertama yang harus diketahui adalah unsur"PLACE-" nya, sebab perusahaan sebagai organisasi adalah wadah tempatmanusia (MAN) bekerja. Tempat bekerja ini seringkali secara lebih spesifikdisebut sebagai JABATAN.Seringkali timbul kesalahpahaman tentang pengertian jabatan ini. Jabatan kadang-kadang diartikan sebagai posisi atau pekerjaan, tanpapenjelasan lebih jauh. Untuk memperoleh keseragaman mengenaipengertian istilah JABATAN ini, Departemen Tenaga Kerja memberikanpenjelasan singkat mengenai arti dari beberapa istilah yang berkaitandengan jabatan, sebagai berikut:
UNSURIalah komponen yang paling kecil dari pekerjaan. Misalnya memutar,menggosok, menarik, mengangkat, menekan dan sebagainya.
TUGASIalah sekumpulan dart beberapa UNSUR pekerjaan. Tugas merupakankegiatan fisik atau mental yang membentuk langkah-langkah wajaryang diperlukan dalam pelaksanaan kerja.
KEDUDUKAN (POSISI)Ialah sekumpulan TUGAS yang diberikan kepada seorang pegawai ataupekerja, yakni seluruh kewajiban dan tanggung jawab yangdibebankan kepada seorang pegawai atau pekerja. Jumlah kedudukandi dalam suatu perusahaan atau instansi adalah sama dengan jumlahpegawai atau pekerjanya.
PEKERJAANIalah sekumpulan KEDUDUKAN (POSISI) yang memiliki persamaankewajiban atau tugas-tugas pokoknya. Dalam kegiatan analisis
3
 
 jabatan, satu pekeIjaan dapat diduduki oleh satu orang, atau beberapaorang yang tersebar di berbagai tempat.
JABATAN (JOB)Ialah sekumpulan PEKERJAAN (JOB) yang berisi tugas-tugas yang samaatau berhubungan satu dengan yang lain, dan yang pelaksanaannyameminta kecakapan, pengetahuan, keterampilan dan kemampuanyang juga sama meskipun tersebar di berbagai tempat.Setelah jelas apa yang dimaksud dengan JABATAN, belum berartibahwa permasalahan sudah selesai. Terbatasnya pengetahuan tentang jabatan-jabatan yang ada dalam perusahaan seringkali terjadi karena tidakadanya keseragaman istilah (NAMA JABATAN) danjuga karena selalu terjadiperubahan-perubahan pada jabatan itu sendiri.Sering dijumpai adanya jabatan yang sama untuk jabatan-jabatanyang mempunyai tugas-tugas yang berbeda. Sebaliknya untuk tugas-tugasyang sama adakalanya diberikan nama jabatan yang berbeda padaperusahaan yang berbeda.Kebanyakan perusahaan hanya tahu bahwa misalnya merekamempunyai 5 orang tukang ketik, 20 orang operator dan 8 orang ahli teknik.Namun apa yang sebenarnya dilakukan oleh orang-orang tersebut belumtentu diketahui secara jelas oleh perusahaan. Bahkan ironisnya parapemegang jabatan itu sendiri kadangkala tidak tahu atau merasa ragutentang sipa yang seharusnya ia kerjakan.Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan Analisa Jabatan. Suatu studiyang secara sistematis dan teratur mengumpulkan semua informasi danfakta yang berhubungan dengan suatu jabatan
Peran Analisis Jabatan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia
Suatu pengetahuan yang eksplisit dan terperinci mengenai setiap jabatan sangatlah diperlukan, antara lain untuk keperluan :
Rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja
Menentukan besarnya upah
Merancang jalur karir pekerja / pegawai
Menetapkan beban kerja yang pantas dan adil
3

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ILa AL Fanani liked this
Chairunisa Yusuf liked this
Maz Tux's liked this
Astri Sulastri liked this
Fajar Putra liked this
mochamad_iqbal liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->