Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
76Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hiperemesis Gravidarum

Hiperemesis Gravidarum

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 3,390|Likes:
Published by edhuu

More info:

Published by: edhuu on Jun 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2015

pdf

text

original

 
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA IBU HAMIL DENGANHIPEREMESIS GRAVIDARUMA.Definisi
Hiperemesis Gravidarum (vomitus yang merusak dalam kehamilan)adalah nausea dan vomitus dalam kehamilan yang berkembang sedemikian luassehingga terjadi efek sistemik, dehidrasi dan penurunan berat badan. (Ben-Zion,MD, hal : 232)Hiperemesis diartikan sebagai muntah yang terjadi secara berlebihanselama kehamilan. (Hellen Farrer, 1999, hal : 112)Hiperemesis gravidarum adalah muntah yang terjadi sampai umur kehamilan 20 minggu, begitu hebat dimana segala apa yang dimakan dandiminum dimuntahkan sehingga mempengaruhi keadaan umum dan pekerjaansehari-hari, berat badan menurun, dehidrasi, terdapat aseton dalam urine, bukankarena penyakit seperti appendiksitis, pielitis dan sebagainya(http://zerich150105.wordpress.com/).Dalam buku obstetri patologi (1982) Hiperemesis Gravidarum adalahsuatu keadaan dimana seorang ibu hamil memuntahkan segala apa yang di makandan di minum sehingga berat badannya sangat turun, turgor kulit kurang, diuresiskurang dan timbul aseton dalam air kencing.(http://healthblogheg.blogspot.com/).
B.Etiologi
Penyebab hiperemesis ini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapafaktor predisposisi yang dikemukakan, yaitu :
a.
Sering terjadi pada primigravida, molahidatidosa dan kehamilan ganda.Frekuensi yang tinggi pada mola hidatidosa dan kehamilan gandamenimbulkan dugaan bahwa faktor hormon memegang peranan, karena padakedua keadaan tersebut hormon Khorionik gonadotropin dibentuk  berlebihan. Hormon ini meningkat cepat pada triwulan pertama kehamilandan dapat memicu bagian dari otak yang mengontrol mual dan muntah.
1
 
b.
Factor organic: perubahan metabolik.
c.
Alergi. Sebagai salah satu respon dari jaringan ibu terhadap anak, jugadisebut sebagai salah satu faktor organik.
d.
Faktor psikologik, keretakan rumah tangga, dukungan suami dan keluarga,kehilangan pekerjaan karena harus memikirkan masalah ekonomi yanglemah, rasa takut terhadap kehamilan dan persalinan, hamil yang tidak diinginkan, kemungkinan wanita yang menolak hamil, takut dengantanggung jawab sebagai ibu dapat menyebabkan konflik mental yang dapatmemperberat mual dan muntah sebagai ekspresi tidak sadar terhadapkeengganan menjadi hamil atau sebagai pelarian karena kesukaran hidup.
e.
Helicobacter pylori. Penelitian melaporkan bahwa 90 % kasus kehamilandengan
hiperemesis
terinfeksi ditemukan bakteri ini, yang dapatmenyebabkan luka pada lambung.
f.
Diet tinggi lemak. Resiko
hiperemesis
meningkat sebanyak 5 kali setiap penambahan 15 gram lemak jenuh setiap hari
A.Tanda dan Gejala
a.Muntah yang hebat b.Hausc.Dehidrasid.Berat badan turune.Keadaan umum munduf.Kenaikan suhug.Icterush.Gangguan cerebral ( kecerdasan menurun, derilium )i.Laboratorium : Protein,aseton, uribilinogen, porphirin dalam urin bertambah,silinder ( + ).A.Gejala dan Tingkat
2
 
Batas mual muntah belum pasti jumlahnya, namun ada yang mengatakan bisalebih dari 10 kali muntah, akan tetapi apabila keadaan umum ibu terpengaruhdianggap sebagai hiperemesis.a.Tingkat I (Ringan)Mual muntah terus menerus menyebabkan wanita lemah, tidak mau makan, berat badan turun dan rasa nyeri epigastrium, nadi sekitar 100 kali permenit,tekanan darah turun, turgor kulit kurang, lidah kering dan mata cekung. b.Tingkat II (Sedang)Mual dan muntah yang hebat menyebabkan keadaan umum ibu lebih parah,lemah, apatis, turgor kulit mulai jelek, lidah kering dan kotor, nadi kecil dancepat, suhu badan naik (dehidrasi), ikterus enteng, berat badan turun, matacekung, tensi turun, hemokonsentrasi, oliguri dan konstipasi. Dapat pulaasetonuri dan dari nafas keluar bau aseton.c.Tingkat III (Berat)Keadaan umum jelek, kesadaran sangat menurun, samnolen sampai koma,nadi kecil, halus dan cepat, dehidrasi hebat, suhu badan naik, dan tensi turunsekali, serta ikterus.Komplikasi yang dapat berakibat fatal terjadi padasususnan syaraf pusat (Enselopati Wericke) dengan adanya nistagmus,diplopia, perubahan mental.
A.Patologi
Otopsi yang meninggal karena hiperremesis gravididarum diperoleh bahwaterjadi kelainan pada organ-organ tubuh, yaitu:a.Hepar : pada tingkat ringan hanya ditemukan degenerasi lemak sentrilebuler tanpa nekrosis. b.Jantung : jantung atrofis, kecil dan biasa. Kadang kala dijumpai perdarahansub-endokardinal.c.Otak : terdapat perdarahan bercak pada otak.d.Ginjal : pucat, degenerasi lemak pada tubuli kontorti.
3

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
zgueey liked this
chicores liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
vic zhou liked this
vic zhou liked this
Okta Gaskins II liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->