Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
143Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Epilepsi pada Anak

Epilepsi pada Anak

Ratings:

1.5

(2)
|Views: 14,169|Likes:
Published by edhuu

More info:

Published by: edhuu on Jun 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/11/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Epilepsi merupakan gangguan susunan saraf pusat (SSP) yangdicirikan oleh terjadinya bangkitan (seizure, fit, attact, spell) yang bersifatspontan (unprovoked) dan berkala.Bangkitan dapat diartikan sebagaimodifikasi fungsi otak yang bersifat mendadak dan sepintas, yang berasal darisekolompok besar sel-sel otak, bersifat singkron dan berirama. Bangkitnyaepilepsi terjadi apabila proses eksitasi didalam otak lebih dominan dari pada proses inhibisi.Perubahan-perubahan di dalam eksitasi aferen, disinhibisi, pergeserankonsentrasi ion ekstraselular, voltage-gated ion-channel opening, danmenguatkan sinkroni neuron sangat penting artinya dalam hal inisiasi dan perambatan aktivitas bangkitan epileptik.Aktivitas neuron diatur olehkonsentrasi ion didalam ruang ekstraselular dan intraselular, dan oleh gerakankeluar masuk ion-ion menerobos membran neuron.Setiap orang punya resiko satu di dalam 50 untuk mendapatepilepsi.Pengguna narkotik dan peminum alkohol punya resiko lebihtinggi.Epilepsi dapat menyerang anak-anak, orang dewasa, para orang tua bahkan bayi yang baru lahir. Angka kejadian epilepsi pada pria lebih tinggidibandingkan pada wanita, yaitu 1-3% penduduk akan menderita epilepsiseumur hidup.Menurut World Health Organization (WHO) sekira 50 juta penduduk di seluruh dunia mengidap epilepsi (2004 Epilepsy.com).
B. Identifikasi Masalah
Dalam makalah ini penulis akan membahas masalah Epilepsi. Dimana penyakit ini banyak diderita oleh anak-anak.
C. Tujuan
1.Tujuan UmumUntuk memberikan sumber ilmu pengetahuan bagi pembaca danmasyarakat umum lainnya.2.Tujuan Khusus
1
 
Untuk mengetahui konsep dasar penyakit epilepsi , serta asuhankeperawatan dari epilepsi itu sendiri.
A. Metode Penelitian
Dalam pembuatan makalah ini penulis melakukan beberapa studiliteratur dan selain itu dengan melakukan searching di internet.
B. Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari empat BAB. BAB I, BAB II, BAB III, dan BAB IV.Dimana BAB I merupakan PENDAHULUAN yang meliputi latar belakang,identifikasi masalah, tujuan baik umum maupun khusus, metode penelitiandan sistematika penulisan.Kemudian BAB II merupakan TINJAUAN TEORI yang dimulai dariAnatomi Fisiologi, Definisi, Epidemiologi, Etiologi, Patofisiologi,Klasifikasi, Manifestasi Klinis, Pemeriksaan Diagnostik, Pencegahan,Pengobatan, Penatalaksanaan, Status Epileptikus, Penatalaksanaan GawatDarurat, dan Prognosis.Berikutnya adalah BAB III yang merupakan Asuhan Keperawatan Pada Anak dengan Gangguan Neurologi dan Sensori “Epilepsi”.Dan yang terakhir adalah BAB IV yaitu PENUTUP yang berisi Kesimpulandan Saran.
BAB IITINJAUAN TEORI
2
 
A. Anatomi dan Fisiologi
1.OtaOtak terdapat di dalam rongga tengkorak. Pada perkembanganawal, otak dibagi menjadi tiga bagian, yaitu otak depan, otak tengah danotak belakang. Otak depan merupakan bagian terbesar dan disebutserebrum, yang dibagi dalam dua hemisfer, yaitu hemisfer kiri danhemisfer kanan, oleh fisura longitudinal. Lapisan luar serebrum disebutkorteks serebri dan tersusun atas badan abu-abu (badan sel) yang berlipat-lipat yang disebut giri, yang dipisahkan oleh fisura yang disebutsulci. Otakk tengah terletak di antara otak depan dan otak belakang.Panjangnya kira-kira 2 cm dan terdiri atas dua buah pita seperti tangkaidari bahan putih, yang disebut pedunkulus serebeli, yang membawaimpuls melewati dan berasal dari otak dan medula spinalis dan empattonjolan kecil, yang disebut badan kuadrigeminal, yang berperan dalamrefleks penglihatan dan pendengaran. Badan pineal terletak di antara dua badan kuadrigeminal bagian atas. Otak belakang terdiri atas tiga bagian :a.Pons, terletak diantara otak tengah bagian atas dan medula oblongata bagian bawah. Pons mengandung serabut saraf yang membawaimpuls ke atas dan ke bawah dan beberapa serabut yang menyatudengan serebelum. b.Medula oblongata, terletak antara pons dibagian atas dan medulaspinalis bagian bawah. Struktur ini berisi pusat jantung dan pernapasan dan juga diketahui sebagai pusat vital yang mengontrol jantung dan pernapasan.
c.
Serebelum, terletak di bagian bawah lobus oksipital serebrum.Serebrum dihubungkan dengan otak tengah, pons, dan medulaoblongata oleh tiga serabut pita, yang disebut pedunkulus serebeliinferior medial dan superior. Serebelum bertanggung jawab terhadapkoordinasi aktivitas otot, kontrol tonus otot, dan upayamempertahankan postur tubuh. Secara terus menerus, serebelummenerima impuls sensori tentang derajat keregangan otot, posisi
3

Activity (143)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yogi Oktiandi liked this
Nur-ul Fatiha liked this
psari_19 liked this
Silfia Layliyah liked this
Silfia Layliyah liked this
Yakin Doank liked this
Nedya Jachh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->