Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gravitasi

Gravitasi

Ratings: (0)|Views: 1,075 |Likes:
Published by IRIANISINICHI

More info:

Published by: IRIANISINICHI on Jun 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
Gravitasi
Gravitasi mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masingdalam mengitarimatahari
Gravitasi
adalahgaya tarik-menarik  yang terjadi antara semua partikelyang mempunyaimassa dialam semesta. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umumdari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newtonyang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk  makhluk hidup, dan benda-  benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa,seperti bulan,meteor , dan benda angkasa lainnya, termasuk satelitbuatan manusia. Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karenaadanya partikelgravitrondalam setiapatom.
Hukum Gravitasi Universal Newton
Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut:
Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segarisdengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebutberbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbandingterbalik dengankuadratjarak antara kedua massa titik tersebut.
adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
G
m
1
adalah besar massa titik pertama
m
2
adalah besar massa titik kedua
adalah jarak antara kedua massa titik, dan
 
g
adalah percepatan gravitasi =
 F 
diukur dalamnewton(N),
m
1
dan
m
2
dalamkilograms (kg),
dalammeter (m), dsn konstanta
G
kira-kira sama dengan 6,67 × 10
−11
N m
2
kg
−2
.Dari persamaan ini dapat diturunkan persamaan untuk menghitungBerat.Berat suatu benda adalah hasil kali massa benda tersebut dengan  percepatan gravitasi bumi. Persamaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:
=
mg 
.
adalah gaya berat benda tersebut,
m
adalah massadan
 g 
adalah percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi ini berbeda-beda dari satu tempat ketempat lain.
Medan gravitasi
adalah medan yang menyebabkan suatu benda bermassa mengalamigayagravitasi.Medan ini dibangkitkan oleh suatu benda bermassa. Didefinisikan secara rumusmatematis sebagai besar  gaya tarik dibagimassabenda.
Rumus medan gravitasi
Bila terdapat suatu obyek bermassa pada posisi maka medan gravitasi yang disebabkanoleh obyek tersebut di titik dirumuskan sebagaidengan:
: adalah konstanta univeral gravitasi Newton.
: adalah massa penyebab medan gravitasi.
: adalah posisi massa ke-i.
: adalah posisi tempat medan gravitasi dihitung.Perhatikan bahwa tidak seperti dalam hal rumusanmedan listrik , di mana muatan dapat berharga positif atau negatif, dalam hal medan gravitasimassaselalu berharga positif, sehingga medannyaselalu menuju atau mengarah ke titik pusat penghasil medannya. Dengan kata lain apabila didalam lingkungan medan gravitasi ditempatkan obyek bermassa, maka obyek tersebut akanmengalamigaya gravitasi yang arahnya menuju penyebab medan gravitasi. Dengan demikian dapat dimengerti mengapa gaya gravitasi selalu bersifat tarik-menarik.
Percepatan gravitasi
Dalam beberapa kasus, massa penyebab gravitasi sedemikian besarnya, sehingga medan gravitasidapat dianggap tetap, walaupun titik pengamatan diubah. Untuk kasus ini lebih lazim jikaditetapkan suatu percepatan gravitasi, yang berupa suatu konstanta.
 
Gravitasi dan Mekanisme Alam
Pada masa-masa permulaan, jutaan triliun nukleoaktivitasterbentuk di sepanjang kolong langit dengan berbagai ukuran. Merekalah cikal bakal semua benda langit, mulai dari planet, satelit, sampai pada galaksi yang paling besar. Reaksi-reaksi pada selubung nukleoaktivitas menyebabkan evolusi pada wajah jagat raya. Pada awalnya,selubung itu berbentuk plasma dengan temperatur yang luar biasa panas seperti pada permukaan bintang.Cahaya dan gelombang elektromagnetik yang terlepas dari reaksi fusi dan fisi bisa bergerak leluasa dalam media plasma, sehingga akhirnya tercerai-berai ke segala penjuru, yang salahsatunya sampai ke bumi. Oleh pengamat di bumi, panjang gelombang cahaya tampak ditangkapretina mata, sehingga tampaklah benda langit itu bersinar.
Evolusi
Produksi partikel terjadi terus-menerus sehingga selubung akan semakin membesar dan terusmembesar. Pada suatu jarak tertentu, hantaran panas semakin dipersulit, menyebabkan lapisan itumendingin. Pendinginan itu membuat evolusi bentuk selubung dari plasma menjadi lebih padat.Semakin banyak produksi partikel semakin banyak pula pemadatan terjadi. Ini membuat bintangyang semula bisa dengan mudah diamati dari bumi, menjadi semakin redup, hingga akhirnyamati. Bintang yang mati itu kemudian kita kenal sebagai planet, satelit, dan asteroid. Nukleoaktivitas terdapat pada pusat setiap partikel antariksa. Nukleoaktivitas memiliki tungkuenergi yang menjadikan planet-planet mandiri dalam interaksi dengan sekitarnya. Planetmemiliki energi untuk mempertahankan diri terhadap tarikan gravitasi, sehingga mereka bisa bertahan terhadap matahari. Interaksi terjadi karena tarik-menarik gelombangantarnukleoaktivitas yang ekuivalen dengan potensial masing-masing. Apabila V
1
adalah potensial pada nukleoaktivitas pertama, dan V
2
adalah potensial pada nukleoaktivitas kedua,maka interaksi antara keduanya adalah perkalian antara V
1
dan V
2
. Kecenderungannukleoaktivitas menarik gelombang-gelombang yang ada di sekitarnya seperti garam yangmenyerap air yang ada di sekitarnya (gerak osmosis). Simulasi sederhana gerak osmosis adalahinteraksi paling sederhana, dan semua interaksi alami terbentuk dari konfigurasi interaksi-interaksi sederhana tersebut.
Sistem Pesan
Dalam mekanika kuantum, interaksi merupakan hubungan gaya-gaya yang dipancarkan dalam bentuk kuanta-kuanta secara bolak-balik. Partikel materi atau fermion memiliki suatu sistemkomunikasi yang berpindah-pindah diantara partikel-partikel tersebut, yang menyebabkanmereka berkelakuan dan berubah menurut cara-cara tertentu. Komunikasi antar fermion dibawaoleh sejenis partikel yang disebut boson. Para fisikawan mendefinisikan adanya empat gaya dialam, yang saling terkait satu sama lain, tapi belum diketahui bagaimana persisnya. Mereka

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->