Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
5. Trik Taktik

5. Trik Taktik

Ratings: (0)|Views: 818 |Likes:
Published by Mochammad Haikal

More info:

Published by: Mochammad Haikal on Jun 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Seorang guru harus berfokus pada bagaimana cara belajar, bukan pada untuk apabelajar. Para siswa mungkin tidak banyak tahu tentang segala hal tetapi mereka selalubutuh tahu bagaimana cara belajar. Guru perlu mengajarkan cara membaca untuk mendapatkan pemahaman, bagaimana menyusun gagasan, bagaimana cara mempelajarimata pelajaran yang sulit, dan bagaimana cara menuangkan pemikian dalam bentuk tulisan.Guru diharapkan dapat melibatkan siswa dalam proses belajar dan mengajar.Setiap hari siswa perlu diberi pertanyaan pendapat mereka tentang PR, apakah PRmembantu mereka dalam memahami materi, apakah tugas terlalu membebani,bagaimana cara membuat tugas yang lebih menarik, dan kriteria yang dipakai dalampenilaian. Siswa harus mampu berpikir secara mandiri. Tugas guru adalah mengajarimereka cara berpikir dan memberi mereka alat yang dibutuhkan. Kelak siswa akankagum pada kecerdasan mereka sendiri sehingga guru tidak perlu menunjukkan padamereka bahwa mereka cerdas. Setiap guru berpotensi untuk menjadi guru yang hebatasalkan paham bahwa mengajar adalah seni yang butuh kerja keras (Santrock, 2008).Paul Ginnis yang menyusun buku Trik dan Taktik Mengajar akan menjadi awalyang baik untuk mulai mengembangkan keterampilan guru dalam seni mengajar. Bukutersebut mengupas perkembangan mutakhir tentang cara belajar, berbagai variasi teknik mengajar, serta berbagai alat untuk memeriksa langkah yang telah dipraktikkan guru.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan paparan latar belakang di atas maka permasalahan yang diajukandirumusakan sebagai berikut.1.
 
Bagaimana cara mendesain alat untuk meningkatkan hasil belajar di kelas?2.
 
Alat apa sajakah yang digunakan untuk mengajar dan belajar?
 
2
C. Tujuan
Berdasarkan paparan latar belakang dan rumusan masalah di atas maka tujuan penulisanmakalah ini adalah sebagai berikut.1.
 
Memahami cara mendesain alat untuk meningkatkan hasil belajar di kelas.2.
 
Mengenal berbagai alat yang digunakan untuk mengajar dan belajar.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA. Bagian 1: Mendesain AlatKebiasaan
Kebiasaan terbentuk saat seseorang tahu apa yang harus dilakukan, tahumengapa melakukannya dan memilih alasan bagus untuk melakukannya dengan katalain tahu mengapa. Menurut Covey kebiasaan adalah gabungan dari apa yang harusdilakukan atau pengetahuan, bagaimana melakukannya atau kecakapan, dan mengapamelakukannya atau sikap. Mereka yang bekerja dibidang pengenbangan profesional,atau yang menangani perubahan, tahu kenyataan ini. selaul memaksa orang untuk mengubah kebiasaan mereka dan tidak akan berhasil. Memberi tahu mereka apa yangharus dilakukan dengan cara berbeda tidak akan berhasil memberi tahu mereka pa yangharus dilakukan dengan cara yang berbeda tanpa memberi mereka kecakapanyangdiperlukan menyebabkan rasa frustasi dan gagal. Tidak juga berhasil dalam jangkawaktu yang panjang jika memberi orang teknik baru tanpa menyampaikan dasarnya.Maka inovasi berumur pendek secara keseluruhan praktik baru tidak akan berkelanjutankecuali orang memiliki:
 
motivasi untuk tetap melakukannya, yang berasal dari kepercayaan
 
pemahaman tentang prinsip-prinsip yang nendasari praktik tersebut sehinggametodologi baru tersebut dapat terus segar dan dapat dicipta ulang.Banyak bagian dari buku ini mengenai bagaimana. Penulis mengharapkan bukuini menarik bagi guru dan trainer yang selayaknya sangat menginginkan ide-ide praktisyang baru. Tetapi kemungkinannya buku ini akan menyediakan sekedar “kotak coklat”.Setelah coklatnya dinikmati, kotaknya mungkin dibuang dan kotak yang baru diminta.Tujuan yang lebih menantang dan jauh lebih produktif dari trik dan taktik mengajaradalah agar pembaca menguasai resepnya sehingga bisa membuat permen sendiri ketikapilihan itu habis.Jadi pada bagian pertama ini adalah tentang mengapa – rasionalnya. mengapabersenang-senang dan melakukan hal-hal dengan cara yang berbeda? Mengapa tidak melakukannya secara biasa saja? Alasan dasarnya adalah bahwa belajar disekolahkelihatan paling bagus ketika para guru mengikuti hukum alam tentang proses belajar.

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Farizha Irmawati liked this
smurakata liked this
Day Shoimi liked this
Biologi Ekologi liked this
yangaci liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->