Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
54Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Susunan Tata Surya & Keistimewaan

Susunan Tata Surya & Keistimewaan

Ratings: (0)|Views: 21,062|Likes:
Published by Didik Subroto
MATERI
MATERI

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Didik Subroto on Jun 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
Planet-planet dalamTata Surya:1. Bumi2. Venus3. Merkurius4. Mars5. Jupiter 6. Saturnus7. Uranus8. Neptunus
Planet
adalahbenda langityang memiliki ciri-ciri berikut:
mengorbitmengelilingibintangatau sisa-sisa bintang;
mempunyaimassayang cukup untuk memilikigravitasi tersendiriagar  dapat mengatasitekanan 
 sehingga benda angkasa tersebutmempunyai bentukkesetimbangan hidrostatik(bentuk hampir bulat);
tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkanfusi termonuklir terhadapdeuteriumdi intinya; dan,
telah "membersihkan lingkungan" (
clearing the neighborhood 
;mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasaberukuran cukup besar lainnya selainsatelitnyasendiri) di daerah sekitar orbitnya.
1.Bumi Pengertian
Bumi merupakan satu-satunya planet yang sampai saat ini diketahui olehmanusia terdapat kehidupan makhluk hidup. Diameter bumi ini adalah 12.756Km (di khatulistiwa). Jarak bumi dari matahari sekitar 150 Juta Km. Jaraktersebut dikenal dengan satu Satuan Astronomis (SA).Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Beda denganvenus dan merkurius, di bumi terdapat satelit alam yaitu bulan. Bulan selalumengelilingi bumi dalam berevolusi mengelilingi matahari. Bumi berotasi dalamwaktu 23,9 Jam, dan berevolusi selama 365,3 Hari.
 
Bagian Dalam Bumi
Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel bekusetebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500°C, diselimuti pula oleh inti luar yangbersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal2.800 kilometer membentuk 83% isi bumi, dan akhirnya sekali diselimuti olehkerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Kerak bumi terbagikepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng(teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi.
Bagian Permukaan Bumi
Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8.848 meter,dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637meter, sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2.
Lapisan Bumi
Menurut komposisi (jenis dari material) -nya, bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut :* Kerak Bumi* Mantel BumiMantel bumi terletak di antara kerak dan inti luar bumi. Mantel bumi merupakanbatuan yang mengandung magnesium dan silikon. Suhu pada mantel bagianatas ±1300°C-1500°C dan suhu pada mantel bagian dalam ±1500°C-3000°C* Inti BumiSedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya, bumi dapat dibagimenjadi lapisan-lapisan sebagai berikut :* Litosfir * Astenosfir * Mesosfir * Inti Bumi bagian luar Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi intibumi bagian dalam. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dankedalaman antara 2900-4980 km. Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikelcair dengan suhu 3900°C.Inti bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800°C
Bagian Luar Bumi
Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakanusianya mencapai 4,6 milyar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah150 juta kilometer. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medanmagnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari anginmatahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara inimenyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara inidibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer.
 
Lapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan bumiadalah antara -70°C hingga 55°C bergantung pada iklim setempat. Sehari didibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365,2425 hari. Bumimempunyai massa seberat 59.760 milyar ton, dengan luas permukaan 510 jutakilometer persegi. Berat jenis Bumi (sekitar 5.500 kilogram per meter kubik)digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain, dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1.Bumi mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasiBumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8%permukaan bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen,dan 1% uap air, karbondioksida, dan gas lain.
Ciri-Ciri2.Venus Pengertian
Venus adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah planet Merkurius.Planet ini memiliki radius 6.052 km dan berevolusi dalam waktu 224,7 hari. Dan

Activity (54)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Didik Subroto added this note
sama-sama pak
Febriyanti Mile liked this
Mega Putri liked this
Aura Net liked this
Merliana Iva liked this
Warsono Pakwe added this note
TERIMA KASIH SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DAN PENDALAMAN MATERI

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->