Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
149Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rantai Distribusi Pemasaran Kopi Di 4 Sentra Kopi di Indonesia

Rantai Distribusi Pemasaran Kopi Di 4 Sentra Kopi di Indonesia

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 8,621 |Likes:
Published by dobedab
Buku hasil penelitian rantai produksi sampai pemasaran di tingkat lokal produk kopi di Lampung, Dairi, Bali dan Manggarai. Menggambarkan bagaimana petani menjalankan usaha pemasaran kopi dengan model yang selama ini mereka lakukan untuk memenuhi tuntutan pasar, sementara mereka belum bisa memasarkan produk secara bersama-sama.
Buku hasil penelitian rantai produksi sampai pemasaran di tingkat lokal produk kopi di Lampung, Dairi, Bali dan Manggarai. Menggambarkan bagaimana petani menjalankan usaha pemasaran kopi dengan model yang selama ini mereka lakukan untuk memenuhi tuntutan pasar, sementara mereka belum bisa memasarkan produk secara bersama-sama.

More info:

Published by: dobedab on Jun 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/14/2014

pdf

text

original

 
BAB ISEJARAH KOPI
Kopi dalam bahasa arab disebut sebagai “Qahwahin” yang berasal dari bahasa Turki“Kahveh” yang kemudian menyebar ke daratan lainnya menjadi kata kopi yangsekarang kita kenal. Dalam bahasa Jerman disebut sebagai “Kaffee”, Inggris “Coffee”,Perancis “Café”, Belanda “Koffie” dan Indonesia “Kopi”.Sejarah tentang kopi pada dasarnya memang belum bisa dipastikan. Beberapa ahliberusaha menelusuri jejak perjalanan kopi dan mereka mendapatkan bahwa kopi padaawalnya tumbuh di dataran Afrika Timur (Ethiopia). Pada masa itu, muncul legendabahwa kopi ditemukan oleh para penggembala kambing yang mereka sebut sebagai“Kaldi”. Mereka curiga dengan kotoran kambing yang memakan buah dan keluarbijinya. Akhirnya mereka mencba sendiri memakan buah itu. Dan merasakan adanyatambahan energi, sehingga berita itu menyebar sampai ke mana-mana. Kopi kemudiandibawa ke wilayah Arab, dan mulai ditanam pertama kali di Yaman. Setelah itu kopimulai masuk ke Turki, dari sini kopi mulai di bakar dan di tumbuk untuk dibuatminuman seperti yang kita kenal sekarang ini.Beberapa ahli meyakini bahwa kopi berasal dari Ethiopia yang kemudian dibawa keArab, yang kemudian menjadi minuman para sultan untuk di minum malam harisebagai pencegah rasa ngantuk di tenda-tenda. Mereka menyebut minuman kopisebagai “Qahwa” yang berarti pencegah rasa ngantuk. Kopi setelah beratus-ratus tahunkemudian menyebar ke Konstantinopel (wilayah Turki sekarang) yang kemudianmenjadi awal pembukaan kedai kopi di dunia.Penanaman kopi di Yaman dimulai pada sekitar abad 15 dan 16 Masehi di dekat LautMerah. Konsumsi yang meningkat akhirnya menyebar sampai ke Eropa pada abad 17dan mengilhami kerajaan Belanda untuk menanam kopi di wilayah jajahannya. Padatahun 1714 Perancis berhasil membawa potongan pohon kopi dan menanam kopi diwilayah India dan Asia selatan lainnya.Kopi yang dibawa dari Belanda pada awalnya ditanam di Sri Lanka, kemudianpedagang Belanda (VOC) menanam kopi di daerah Batavia (Jakarta), Sukabumi danBogor. Kopi kemudian menyebar ke semua wilayah jajahan Hindia Belanda diIndonesia. Sementara untuk wilayah Timor dan Flores, kopi dikembangkan olehPortugis, karena pada saat itu wilayah ini masih dikuasai oleh Portugis.Dalam sejarahnya, Indonesia bahkan pernah menjadi produsen kopi Arabika terbesar didunia, walaupun tidak lama akibat munculnya serangan hama karat daun. Seranganhama yang disebabkan cendawan
hemileia vastatrix 
tersebut menyerang tanaman kopidi Indonesia sekitar abad ke-19. Serangan hama ini banyak terjadi di wilayah jajahanHindia Belanda, sementara wilayah Jajahan Portugis (Flores dan Timor) tidak terkenaserangan hama. Hal ini kemungkinan karena interaksi antara pihak Hindia Belanda danPortugis yang kurang baik, sehingga tidak terjadi transfer hama akibat interaksi keduabelah pihak. Pemerintah Hindia Belanda mengganti kopi Arabika di Jawa dengan kopiLiberika, beberapa tanaman masih bisa ditemukan di wilayah Jawa Timur, kemudiansetelah itu banyak tanaman kopi Liberika diganti dengan kopi Robusta.
 
Pada masa penjajahan sampai dengan perang kemerdekaan, peranan pembangunaninfrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda, terutama pelabuhan dan jalur kereta api, sangat membantu dalam pengiriman komoditi, seperti teh, gula,tembakau, kopi dan merica untuk bisa diperdagangkan ke luar pulau. Perkebunan kopipeninggalan pemerintah Hindia Belanda bisa ditemukan di beberapa daerah, misalnyaperkebunan kopiKayumas,Blawan,Kalisat/Jampitdi Bondowoso, Jawa Timur., Ngrangkah dan Pawon di Kediri, Bangelan di Malang, Malangsari dan Kali Selogiri diBanyuwangi, dan daerah pegunungan Jember sampai Banyuwangi terdapat banyakperkebunan kopi Arabika dan Robusta.Untuk wilayah di luar Jawa, sisa perkebunan kopi Arabika masih bisa dijumpai di tanahtinggi Tana Toraja (Sulsel), dan lereng bagian atas pegunungan Bukit Barisan (Sumatera),seperti Mandailing, Lintong dan Sidikalang (Sumut) serta dataran tinggi Gayo (Aceh)dan Papua.Dewasa ini perkebunan kopi terluas di Indonesia adalah di Sumatera, yang membentangmulai dari kawasan Gayo Aceh sampai ke wilayah Lampung. Kopi telah diproduksi disumatera sejak tahun 1700an. Pulau Sumatera sangat cocok untuk penanaman kopi, jenis Arabika bisa tumbuh dengan baik di daerah pegunungan di wilayah utara danbarat Sumatera, yang biasa disebut sebagai Bukit Barisan. Di bagian selatan kebanyakanditanam di daerah gunung Kelinci dan di Bengkulu yang lebih dominan untuk kopiRobusta, karena wilayah yang lebih rendah.
1
 Kopi adalah tanaman tropis, pada dasarnya ada sekitar 30 jenis species dari genus inidan sampai saat hanya tiga jenis kopi, yaitu Robusta, Arabika dan Liberika. Tanamankopi bisa mencapai 4-6 meter pada usia yang matang. Pada awal masa berbuah, bungaakan tumbuh selama sekitar 6 sampai 7 bulan yang kemudian menjadi buah kopi. Bijibuah kopi yang hijau lama-kelamaan berubah menjadi merah dan siap untuk dipetik.Kopi bisa tumbuh baik di beberapa belahan dunia di Negara tropis seperti di AsiaSelatan, Amerika Tengah dan Selatan, Afrika dan Indonesia. Di Indonesia, tanaman kopibanyak ditemukan di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara sampai Papua.
Areal dan Produksi Dunia
 Area tanaman kopi dunia tersebar diberbagai Negara dan sampai sekarangmemang tidak banyak mengalamipertumbuhan wilayah tanam, hanyamengikuti jalur penanaman kopi padamasa kolonial, tidak banyakpertumbuhan lahan, tetapi justrupenurunan jumlah lahan. KawasanAmerika Selatan dan Afrika masihmenjadi kawasan utama budidaya kopiyang mencapai 68% dari luasan lahankopi di dunia (FAO, 1999).
1
 
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->