Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
291Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Remaja

Makalah Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Remaja

Ratings: (0)|Views: 28,428 |Likes:
Published by Zaenudin
tugas sosiologi keperawatan semester 2
tugas sosiologi keperawatan semester 2

More info:

Published by: Zaenudin on Jun 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsungkita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”, sekarang pepatah itu selayaknya berganti;dunia saat ini selebar daun kelor, karena cepatnya akses informasi di berbagai belahandunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apayang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar padakehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang adadi masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran sepertiIndonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuanteknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi,telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakatkota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa.Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat denganmudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulaimengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.
B.Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Sosiologidan untuk meningkatkatkan pengetahuan penulis dalam memahami pengaruhteknologi informasi terhadap perilaku remaja.
 
C.Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode penjabaran materi,adapun teknik yang digunakan yaitu studi pustaka dengan mempelajari buku-buku, browsing internet dan sumber lain untuk mendapatkan data untuk pembuatan makalahini.
D.Sistematika PenulisanBAB I :
Pendahuluan, yang terdiri dari latar belakang, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II :
Tinjauan teoritis, yang terdiri dari pengertian
BAB III :
Penutup, yang terdiri dari kesimpulan dan saran.
Daftar Pustaka
 
BAB IITINJAUN TEORI
A.
Pengertian TeknologiBeberapa pengertian teknologi telah diberikan atara lain oleh David L. GOETCH : people tools, resources ,to solve problems or to extend their capabilities. Sehinggateknologi dapat dipahami sebagai "upaya" untuk mendapatkan suatu "produk" yangdilakukan oleh manusta dengan memanfaatkart peralatan (tools), proses dansumberdaya (resources).Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaantahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur danlebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipunistilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ ataucara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah caramelakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal danalat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuhanggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.Pengertian yang lain, telah diberikan oleh Arnold Pacey "The application os scientificand other knowledge to practical task by ordered systems. that involve people andorganizations, living things and machines". Dari definisi ini nampak, bahwa teknologitetap terkait pada pihak-pihak yang terlibat dalain perencanaannya, karena itulahteknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.Definisi teknologi yang lain diberikan oleh Rias Van Wyk "Technology is a "set of means" created by people to facilitate human endeavor". Dari definisi tersebut, ada beberapa esiensi yang terkandung yaitu :

Activity (291)

You've already reviewed this. Edit your review.
Hurry Potter added this note
good
Hurry Potter liked this
siti bahiyah liked this
Wawan Darmawan liked this
Maniez Cell Atjeh added this note
curang daftar pustakany di hilangin, kagak jelas juga tu
Baimderarim Chaenal added this note
daftar pustakany mana?
Ade Mayasanto liked this
Wahid Create liked this
Wahid Create liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->