Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perpu No. 2 Tahun 2005 Tentang Pembentukan BRR NAD-Nias

Perpu No. 2 Tahun 2005 Tentang Pembentukan BRR NAD-Nias

Ratings: (0)|Views: 747|Likes:

More info:

Published by: Ahmad Abdul Haq Surawijaya on Jun 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/06/2010

pdf

text

original

 
PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANGNOMOR 2 TAHUN 2005 TENTANGBADAN REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI WILAYAH DAN KEHIDUPANMASYARAKAT PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM DANKEPULAUAN NIAS PROVINSI SUMATERA UTARA 
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang:a.
 
bahwa bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami pada tanggal 26 Desember2004 di wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias ProvinsiSumatera Utara dan gempa bumi lanjutan pada tanggal 28 Maret 2005 di KepulauanNias, Provinsi Sumatera Utara telah mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan yang luarbiasa di berbagai aspek kehidupan masyarakat dan pemerintahan;b.
 
bahwa wilayah yang terkena dampak bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami, sangat mendesak untuk segera ditangani, guna mengembalikan kondisipsikologis penduduk, kehidupan sosial ekonomi dan pemerintahan melalui usaha-usaharehabilitasi dan rekonstruksi;c.
 
bahwa penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi sebagaimana dimaksud pada huruf b,harus dilaksanakan secara khusus, sistematis, terarah, dan terpadu serta menyeluruhdengan melibatkan partisipasi dan memperhatikan aspirasi serta kebutuhan masyarakatProvinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara;d.
 
bahwa untuk melaksanakan rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah sebagaimana dimaksuddalam diktum a, diperlukan pengaturan secara khusus termasuk pembentukankelembagaan yang mempunyai Kewenangan dan tanggung jawab yang menyeluruh,terpusat dan terkoordinasi, untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengendaliandan evaluasi pelaksanaan berdasarkan asas tata kepemerintahan yang baik, berhasil guna,transparan dan akuntabel;e.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d, perlu menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan MasyarakatProvinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara.Mengingat:1.
 
Pasa1 22 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;2.
 
Undang-Undang Nomor 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan KeistimewaanProvinsi Daerah Istimewa Aceh (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999Nomor 172, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3893);3.
 
Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2000 tentang Penetapan Peraturan PemerintahPengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2000 tentang Kawasan Perdagangan Bebasdan Pelabuhan Bebas Sabang, menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik 
 
Indonesia Tahun 2000 Nomor 148, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 3997);4.
 
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi ProvinsiDaerah Istimewa Aceh sebagai Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2001 Nomor 114, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4134);5.
 
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2004 tentang Keuangan Negara (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2004 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286);6.
 
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4437).MEMUTUSKAN:Menetapkan:PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG TENTANGBADAN REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI WILAYAH DAN KEHIDUPANMASYARAKAT PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM DAN KEPULAUANNIAS PROVINSI SUMATERA UTARA
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
 Wilayah Pasca Bencana adalah wilayah Provinsi Nanggore Aceh Darussalam danKepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara yang terkena dampak bencana alam gempabumi dan gelombang tsunami.2.
 
Rehabilitasi adalah perbaikan dan pemulihan semua aspek pelayanan publik ataumasyarakat sampai tingkat yang memadai pada Wilayah Pasca Bencana dengan sasaranutama untuk normalisasi atau berjalannya secara wajar semua aspek pemerintahan dankehidupan masyarakat di Wilayah Pasca Bencana.3.
 
Rekonstruksi adalah pembangunan kembali semua prasarana, sarana, kelembagaan di Wilayah Pasca Bencana, baik di tingkat pemerintahan maupun masyarakat, dengansasaran utama tumbuh berkembangnya kegiatan perekonomian, sosial dan budaya,tegaknya hukum dan ketertiban, dan bangkitnya peran serta partisipasi masyarakat sipildalam segala aspek kehidupan bermasyarakat di Wilayah Pasca Bencana.4.
 
Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah dan Kehidupan Masyarakat ProvinsiNanggroe Aceh Darussalam dan Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara, selanjutnyadisebut sebagai Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi, adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi Wilayah Pasca Bencana.5.
 
Dewan Pengarah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah Pasca Bencana, selanjutnyadisebut Dewan Pengarah, adalah kelengkapan organisasi yang merupakan perwakilandari berbagai pemangku kepentingan yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa
 
aspirasi berbagai pihak yang diwakilinya menjadi acuan dalam proses rehabilitasi danrekonstruksi.6.
 
Dewan Pengawas Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah Pasca Bencana, selanjutnyadisebut Dewan Pengawas, adalah kelengkapan organisasi fungsional yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi telah berjalansecara efisien dan efektif serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Wilayah PascaBencana.7.
 
Badan Pelaksana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Wilayah Pasca Bencana, selanjutnyadisebut Badan Pelaksana, adalah pengelola dan penanggung jawab kegiatan Rehabilitasidan Rekonstruksi di Wilayah Pasca Bencana.8.
 
Rencana Induk dan Rencana Rinci Rehabilitasi dan Rekonstruksi adalah rencana yang disusun oleh Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk merehabilitasi dan merekonstruksi Wilayah Pasca Bencana.
BAB IIRUANG LINGKUPPasal 2
Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang ini berlaku untuk rehabilitasi danrekonstruksi di Wilayah Pasca Bencana.
Pasal 3
Pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi meliputi perumusan kebijakan, usaha dan langkah-langkah nyata yang terencana, konsisten dan berkelanjutan.
Pasal 4
Rehabilitasi meliputi perbaikan dan pemulihan:a.
 
prasarana dan sarana umum serta pelayanan publik;b.
 
prasarana dan sarana perekonomian yang mencakup perbankan, keuangan serta duniausaha khususnya usaha kecil dan menengah;c.
 
prasarana dan sarana kesehatan dan psiko-sosial;d.
 
prasarana dan sarana kehidupan keagamaan serta adat istiadat;e.
 
prasarana dan sarana pendidikan dan kebudayaan;f.
 
hak-hak atas tanah dan bangunan;g.
 
prasarana tempat tinggal sementara yang memadai dan manusiawi; danh.
 
prasarana dan sarana yang terkait langsung dengan normalisasi kegiatan pemerintahandan kehidupan bermasyarakat.
Pasal 5
Rekonstruksi meliputi:a.
 
penataan ruang;b.
 
penataan lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam;c.
 
pembangunan prasarana dan sarana perumahan serta pemukiman;

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->