Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
186Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BRONKITIS

BRONKITIS

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 6,029 |Likes:
Bronkitis pada anak : Teori dan askep
Bronkitis pada anak : Teori dan askep

More info:

Published by: Agustinus Hardiyanto on Jun 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2014

pdf

text

original

 
BRONKITIS1.1 Definisi
Bronkitis digambarkan sebagai inflamasi dari pembuluh bronkus. Inflamasimenyebabkan bengkak pada permukaannya, mempersempit pembuluh danmenimbulkan sekresi dari cairan inflamasi.Bronchitis adalah suatu penyakit yang ditandai adanya dilatasi (ektasis) bronkus lokal yang bersifat patologis dan berjalan kronik. Perubahan bronkus tersebutdisebabkan oleh perubahan-perubahan dalam dinding bronkus berupa destruksielemen-elemen elastis dan otot-otot polos bronkus. Bronkus yang terkena umumnya bronkus kecil (medium size), sedangkan bronkus besar jarang terjadi. Hal ini dapatmemblok aliran udara ke paru-paru dan dapat merusaknya.
1.1.1 Bronkitis akut
Adalah batuk yang tiba-tiba terjadi karena infeksi virus yang melibatkan jalan nafas yang besar. Bronkitis akut pada umumnya ringan. Berlangsung singkat(beberapa hari hingga beberapa minggu), rata-rata 10-14 hari. Meski ringan, namunadakalanya sangat mengganggu, terutama jika disertai sesak, dada terasa berat, dan batuk berkepanjangan.
1.1.2 Bronkitis kronis
Didefinisikan sebagai adanya batuk produktif yang berlangsung 3 bulandalam 1 tahun selama 2 tahun berturut turut, walaupun demikian tidak ada standartdemikian yang dapat diterima pada anak-anak. Diagnosa kronik bronkitis biasanyadibuat berdasar adanya batuk menetap yang biasanya terkait dengan penyalahgunaantobacco.
1
 
1.2 Prevalensi
Dinegara barat, kekerapan bronchitis diperkirakan sebanyak 1,3% diantara populasi. Di Inggris dan Amerika penyakit paru kronik merupakan salah satu penyebab kematian dan ketidakmampuan pasien untuk bekerja. Kekerapan setinggiitu ternyata mengalami penurunan yang berarti dengan pengobatan memakaiantibiotik. –Bronkitis Kronik : Bronchitis kronis ditemukan dalam angka-angka yang lebihtinggi daripada normal diantara pekerja-pekerja tambang, pedagang-pedagang biji padi-padian, pembuat-pembuat cetakan metal, dan orang-orang lain yang terusmenerus terpapar pada debu. Namun penyebab utama adalah merokok sigaretyang berat dan berjangka panjang, yang mengiritasi tabung-tabung bronchial danmenyebabkan mereka menghasilkan lendir yang berlebihan
 – 
Bronkitis Akut : Resiko terkena bronkitis akut meningkat seiring dengan :
Merokok 
Dingin, musim dingin
Area yang banyak polusi
COPD
Umur tertentu : bronkitis akut lebih sering terjadi pada anak umur 0-4tahun dan orang tua lebih dari 65 tahun..
1.1 PenyebabBronkus Akut
Bronkitis Akut selalu terjadi pada anak yang menderita Morbilli, Pertusis dan infeksiMycoplasma Pneumonia. Belum ada bukti yang meyakinkan bahwa bakteri lainmerupakan penyebab primer Bronkitis Akut pada anak.
 – 
Seringkali disebabkan infeksi virus yang menyebabkan permukaan dalam pembuluh bronkus menjadi inflamasi. Virus yang biasa menyerang adalahrhinovirus,respiratory syncytial virus(RSV), daninfluenzavirus.  –Bakteri juga dapat menyebvabkan bronkitis seperti Mycoplasma, Pneumococcus,Klebsiella, Haemophilus.
 – 
Iritan kima seperti asap rokok gastric refluks yang dapat mengenai jalan nafasatas, gasoline.
2
 
Bronkus Kronik 
 Asma
 – 
Infeksi kronik saluran napas bagian atas (misalnya sinobronkitis). –Infeksi, misalnya bertambahnya kontak dengan virus, infeksi mycoplasma,hlamydia, pertusis, tuberkulosis, fungi/jamur.
 – 
Penyakit paru yang telah ada misalnya bronkietaksis. –Sindrom aspirasi. –Penekanan pada saluran napas Benda asing –Kelainan jantung bawaan –Kelainan sillia primer 
 – 
Defisiensi imunologis –Kekurangan anfa-1-antitripsin Fibrosis kisti
 – 
Psikis, Asap rokok dan polusi
1.1
Manifestasi klinis
Gejala utama bronkitis adalah timbulnya batuk produktif (berdahak) yangmengeluarkan dahak berwarna putih kekuningan atau hijau. Dalam keadaan normalsaluran pernapasan kita memproduksi mukus kira-kira beberapa sendok teh setiapharinya. Apabila saluran pernapasan utama paru (bronkus) meradang, bronkus akanmenghasilkan mukus dalam jumlah yang banyak yang akan memicu timbulnya batuk.Selain itu karena terjadi penyempitan jalan nafas dapat menimbulkan shortness of  breath.Menurut Gunadi Santoso dan Makmuri (1994), tanda dan gejala yang ada yaitu : –Biasanya tidak demam, walaupun ada tetapi rendah –Keadaan umum baik, tidak tampak sakit, tidak sesak  –Mungkin disertai nasofaringitis atau konjungtivitis –Pada paru didapatkan suara napas yang kasaMenurut Ngastiyah (1997), yang perlu diperhatikan adalah akibat batuk yang lama,yaitu :
 – 
Batuk siang dan malam terutama pada dini hari yang menyebabkan anak kurangistirahat.
 – 
Daya tahan tubuh anak yang menurun.
3

Activity (186)

You've already reviewed this. Edit your review.
Melati Amalia liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Wahab Ropek liked this
Yosepha Stephani liked this
Wahab Ropek liked this
Dimas F. Hidayat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->