Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Memelihara Larva Ikan Di Bak Fiberglass

Memelihara Larva Ikan Di Bak Fiberglass

Ratings: (0)|Views: 1,685 |Likes:
Pemeliharaan ikan di kolam / fiberglass pada umumnya dilakukan secara intensif dimana parameter kualitas air, pakan, hama penyakit serta padat penebaran dikontrol dengan baik. Pemeliharaan ikan di bak / fiberglass umumnya untuk benih ikan yang memiliki toleransi kualitas air yang rendah serta memiliki harga relatif mahal.
Ketersediaan pakan pada pemeliharaan larva ikan di bak / fiberglass sangat tergantung pada pemberian pakan dari luar wadah pemeliharaan. Berbeda dengan pemeliharaan larva ikan di kolam, ketersediaan pakan alami di bak / fiberglass tidak tersedia.
Pemeliharaan ikan di kolam / fiberglass pada umumnya dilakukan secara intensif dimana parameter kualitas air, pakan, hama penyakit serta padat penebaran dikontrol dengan baik. Pemeliharaan ikan di bak / fiberglass umumnya untuk benih ikan yang memiliki toleransi kualitas air yang rendah serta memiliki harga relatif mahal.
Ketersediaan pakan pada pemeliharaan larva ikan di bak / fiberglass sangat tergantung pada pemberian pakan dari luar wadah pemeliharaan. Berbeda dengan pemeliharaan larva ikan di kolam, ketersediaan pakan alami di bak / fiberglass tidak tersedia.

More info:

Published by: Putra Harapan Bangsa on Jun 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2013

pdf

text

original

 
Pembelajaran 7
MEMELIHARA LARVA IKAN DI BAK / FIBERGLASS
Tujuan Akhir pembelajaran / Terminal Performance Objective (TPO) setelahmempelajari kompetensi ini peserta diklat memelihara larva ikan di bak /fiberglass sesuai persyaratan bila disediakan larva, pakan larva, peralatanpenetasan telur ikan, bak / fiberglass dan peralatan pengelolaan kualitas air.
A. Tujuan Antara /
Enabling Objective
(EO)
Peserta mampu memelihara larva ikan di Bak / fiberglass
B. Materi Pemeliharaan Larva Ikan di Bak / fiberglass
Pemeliharaan ikan di kolam / fiberglass pada umumnya dilakukan secara intensif dimana parameter kualitas air, pakan, hama penyakit serta padat penebarandikontrol dengan baik. Pemeliharaan ikan di bak / fiberglass umumnya untukbenih ikan yang memiliki toleransi kualitas air yang rendah serta memiliki hargarelatif mahal.Ketersediaan pakan pada pemeliharaan larva ikan di bak / fiberglass sangattergantung pada pemberian pakan dari luar wadah pemeliharaan. Berbedadengan pemeliharaan larva ikan di kolam, ketersediaan pakan alami di bak /fiberglass tidak tersedia.
1. Memberi Pakan Larva1.1 Jenis – jenis pakan ikan
Secara garis besar, pakan ikan dibagi dalam dua kelompok besar yaitu pakanalami dan pakan buatan. Pakan alami merupakan pakan hidup bagi benih ikanyang mencangkup fitoplankton, zooplankton dan benthos. Sedangkan pakanbuatan adalah pakan yang sengaja disiapkan dan dibuat.
a. Pakan alami
Sub. Kompetensi Pemeliharaanlarva Ikan di Bak / fiberglass
 
Pakan alami ikan terdiri dari organisme renik berukuran kecil (mikro) danorganisme makro yang sangat jelas bila dilihat dengan mata. Untuk melihatorganisme renik dapat menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Berikut inibeberapa jenis pakan alami yang menjadi pakan alami benih ikan.
Phytoplankton
Phytoplankton merupakan organisme yang berukuran renik, memiliki gerakanyang sangat lemah, bergerak mengikuti arah arus air dan dapat melakukanproses fotosintesis karena memiliki klorofil dalam tubuhnya. Phytoplanktonmerupakan produsen primer di perairan karena dapat mengolah bahan-bahananorganik yang ada dilingkungannya menjadi bahan organik melalui prosesfotosintesis. Perkembangannya sangat cepat melalui pembelahan sel sehinggapertumbuhannya dapat didorong melalui pemupukan. Pupuk yang digunakandapat berupa pupuk organik maupun pupuk anorganik. Phytoplankton sangatbaik untuk makanan burayak dan benih ikan. Jenis-jenis phytoplankton yangtumbuh dikolam dan sebagai sumber pakan benih ikan antara lain
Skeletonema,Chaetoceros, Tetraselmis, Dunaliella, Isochryis, Chlorella, Nannochloropis
dan
Spirulina
.
Zooplankton
Zooplankton merupakan hewan renik yang hidup melayang-layang didalam air.Akan tetapi, ada juga yang berukuran agak besar sehingga dapat dilihatbentuknya secara kasat mata. Beberapa jenis hewan yang merupakanzooplankton, di antaranya
Infusoria, Brachionus, Artemia, Daphnia, Moina,Cyclop
dan
calanus.
Benthos
Benthos adalah binatang yang hidup didasar perairan. Habitat organismebenthos di balik tanah dasar dan merayap di atas tanah dasar. Organisme yanghidup di balik tanah dasar adalah bangsa cacing, seperti cacing sutera ataucacing rambut (
Tubifex 
sp) dan cacing lur (
Nereis
sp). Untuk mendorong
 
berkembang-nya binatang benthos, dasar kolam perlu di pupuk dengan pupukorganik. Semua organisme benthos sangat disukai oleh hampir seluruh benihikanPakan alami untuk benih ikan mempunyai beberapa kelebihan karena ukurannyarelatif kecil dan sesuai dengan bukaan mulut benih ikan, nilai nutrisinya tinggi,mudah dibudidayakan gerakannya dapat merangsang ikan untuk memangsanya,dapat berkembang biak dengan cepat sehingga ketersediaannya dapat terjamindan biaya pembudidayaannya relatif murah.Jika dalam awal hidupnya benih ikan dapat menemukan pakan yang mempunyaiukuran sesuai dengan bukaan mulutnya maka benih ikan tersebut diperkirakandapat meneruskan hidupnya. Namun, jika dalam waktu singkat benih ikan tidakdapat menemukan pakan yang sesuai dengan bukaan mulutnya maka benih ikanitu akan menjadi lemah dan selanjutnya mati. Selain beberapa kelebihantersebut, pakan alami juga tidak mencemari media pemeliharaan sehingga dapatdiharapkan menekan angka mortalitas benih ikan akibat kondisi air yang kurangbaik. Jenis pakan alami yang dapat dimakan benih ikan tergantung pada jenisikan dan tingkat umurnya. Semakin besar ukuran benih ikan maka jenispakannya juga berubah.Tabel. 1 Kandungan Gizi Beberapa Jenis Pakan AlamiJenis Pakan AlamiKandungan Gizi (%)Kadar AirProteinLemakSerat KasarAbuChlorella-30.0015.00-15.00Brachionus85.708.604.50-0.70Cacing Tubifex87.1957.0057.002.043.60Artemia81.9055.0018.90-7.20Moina90.6013.2913.29-11.00Daphnia94.788.008.002.584.00Chironomus97.0656.602.86-4.94
Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 1990

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Agoes Swagger liked this
Abde Firmansyah liked this
Amaliena Zali liked this
Amaliena Zali liked this
Diah Handayani liked this
Ferry Irawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->